Everything Go Online

Perkembangan ekonomi di dunia mengarahkan semua bidang ekonomi untuk berkembang secara online. Pasar sekarang yang luas memutuskan setiap bidang perekonomian untuk lebih memfokuskan sistem mereka ke arah modern yaitu secara online. “Online user” di Indonesia sudah mencapai 34.9% dari keseluruhan jumlah penduduk. Dapat disimpulkan bahwa sekitar kurang lebih 88,1 juta penduduk Indonesia adalah pasar yang sangat luas dalam bidang marketing di Indonesia sekarang ini.

Pebisnis di Indonesia jika ingin melebarkan pangsa pasarnya harus mulai beralih ke dunia e-commerce. E-Commerce disini bukan hanya membuat sebuah “website”, bukan hanya membuat website profile perusahaan tetapi membuat sebuah bisnis baru secara online. Mayoritas orang di Indonesia masih memiliki pemikiran e-commerce adalah sekedar website tetapi e-commerce bukanlah hal yang se-simple itu.

E-Commerce sendiri sebenarnya adalah suatu sistem baru dari perusahaan, siap tidak siap setiap bidang bisnis harus mampu menghadapi perkembangan zaman ini. E-commerce sendiri bukan hanya sekedar penjualan barang meningkat, tetapi juga melakukan branding terhadap sejumlah barang sehingga setiap user online dapat mengenal items yang dijual dan juga penjualan barang akan selalu berjalan 7×24 jam.

Salah satu contoh bidang bisnis yang sudah mulai terlihat terkikis zaman yaitu bisnis tur, sejak kemunculan travel online website. Bisnis tur yang masih menggunakan kios mulai menghilang. Hal ini disebabkan karena kemudahan dalam cara pembelian dalam proses booking tiket. Selain itu perkemabangan online juga lebih memudahkan setiap penggunanya menemukan tanggal dan jam yang sesuai sehingga pelanggan mulai berpindah dari konvensional menuju online