8 Cara dan Tips Sukses Menjadi Pebisnis Online

Berbicara mengenai bisnis online tidak akan pernah ada habisnya,karena memang sangat banyak jenis bisnis online dari mulai yang gratisan sampai yang berbayar. Bisnis online merupakan magnet dan primadona bagi sebagian orang yang tahu potensi pasar (market) dan potensi penghasilan yang diraup dari internet(online). Pasar (market) yang begitu besar merupakan potensi yang bisa kita lirik untuk menekuni bisnis online. Namun,bagi sebagian orang memulai dan mengembangkan bisnis online sering dianggap tidak mudah atau sulit bahkan sangat rumit,oleh karena itu saya ingin berbagi 8 cara dan tips sukses menjadi pebisnis online. Semoga tips-tips ini bisa membantu anda.

Tips Sukses Menjadi Pebisnis Online

  1. Tetapkan Tujuan dan Tekat Anda

Tetapkan tujuan dan tekat yang kuat ketika anda mulai menjalankan bisnis online dengan tekun dan serius. Tujuan dan tekat yang kuat dapat dijadikan patokan serta sumber motivasi ketika ditengah jalan ada godaan atau masalah menerpa bisnis anda. Tujuan ibarat sebuah rel dan tekat yang kuat,tetaplah berada dijalur yang telah anda tetapkan,sampai apa yang menjadi tujuan anda tercapai.

  1. Lakukan Survey Pasar(Market)

Menjalankan bisnis online bukan hanya sekedar melakukan pemasaran produk anda,bukan pula hanya selalu berpikir bagaimana produk kita laku dipasaran. Sebelum menjalankan bisnis online kita terlebih dahulu melakukan survey pasar(market),dan melihat sejauh mana produk kita dibutuhkan masyarakat,bukan memaksakan agar produk kita diterima oleh masyarakat.

  1. Selangkah demi selangkah

Bisnis online bukanlah bisnis yang dapat dijalankan hanya dalam waktu sehari atau dua hari saja. Bekerja selangkah demi selangkah tidak berarti akan membuat perkembangan bisnis anda menjadi lambat. Pelajarilah setiap langkah yang anda lalui dan rencanakan langkah anda selanjutnya.

  1. Fokus

Fokuslah pada bisnis online yang anda jalankan,dengan fokus,anda dapat mencurahkan perhatian anda secara total 100% untuk mengembangkan bisnis online anda. Pekerjaan andapun akan terasa lebih ringan,dikarenakan kontrol yang dilakukan akan lebih mudah.

  1. Bangun dan Perluas Jaringan kerja

Di Bisnis online,jaringan kerja merupakan aset yang sangat berharga. Membangun  maupun Memperluas jaringan membutuhkan waktu dan kerja keras. Kita harus dapat membangun komunikasi  yang baik dalam berinteraksi dengan teman,kawan,rekan kerja,maupun pengunjung website/blog kita. Dengan  mempelajari bermacam karakter manusia juga sangat diperlukan agar komunikasi berjalan semakin lancar.

  1. Berani Mengambil Resiko secara Cermat

Kata “Resiko” identik dengan penderitaan, kerugian, kesusahan, dan sejenisnya. Ubahlah pemikiran negative tentangnya. Resiko akan membuat anda BELAJAR untuk lebih berani mengambil langkah, berani mencoba, dan berani mengambil keputusan. Berani mengambil resiko dapat dimulai dengan memperhitungkan resiko terbesar yang mungkin saja terjadi, persiapkan diri anda dan lakukan tindakan untuk mengurangi resiko tersebut.

  1. Pantang Mundur

Tentunya semua orang yang telah sukses di bisnis online pernah bahkan sering melalui rintangan dan hambatan yang tidak mudah. Banyak dari mereka bahkan berkata bahwa kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Terus berusaha dan tetaplah konsisten walaupun mungkin bisnis online anda belum membuahkan hasil yang sesuai dengan keinginan dan harapan anda. Jangan cepat menyerah dan putus asa, lakukan evaluasi dan perbaikan secara berkala agar bisnis online anda tetap terkontrol.

  1. Jauhi Penundaan

Tentukan tiap langkah dalam menjalankan bisnis online anda dan segera lakukan . Melakukan penundaan akan membuat bisnis online anda berkembang dengan lambat. Lawan rasa malas yang biasa menyerang. Sama seperti mendorong mobil,saat pertama mendorong adalah saat terberat,namun ketika mobil sudah melaju,pekerjaan akan menjadi lebih ringan.

 “Orang sukses bukanlah orang yang tidak pernah gagal, Tapi orang sukses itu adalah orang yang mampu bangkit dari setiap kegagalan yang dialaminya.”      

Bagaimana? Anda sudah siap memulai bisnis online? Dan bagi yang sudah mulai bisnis online,bagaimana perkembangan usahanya sejauh ini?