Apa Saja Tren Digital Marketing Tahun 2018?

Trend digital marketing 2018

Memasuki pertengahan tahun 2018, akan menarik apabila kita sama-sama mereview kembali bagaimana tren digital marketing di tahun 2017 silam. Sadarkah Anda bahwa di tahun 2017 ada banyak video marketing yang menjadi viral karena konsep dan visualisasi konten yang menarik? Ingat iklan dari produk eskrim lokal yang dibalut dengan nuansa sinetron kolosal? Iklan tersebut bahkan sampai menyita perhatian netizen Indonesia hingga mancanegara, Tidak dapat dipungkiri bahwa video dalam dunia digital mengalami peningkatan tahun ini, bahkan hal-hal kecil pada video mudah sekali untuk menarik perhatian dan Next Digital memprediksi hal yang sama akan terjadi di tahun 2018. Berikut kami akan menjabarkan tren-tren digital marketing yang viral di tahun 2017 dan masih akan menjadi tren di tahun 2018. Tren-tren tersebut akan sangat membantu untuk strategi marketing Anda di dunia digital.

1. Video marketing mulai menjadi pilihan utama

video marketing

Konten masih menjadi fokus bahkan merupakan hal yang paling utama bagi Anda untuk merancang strategi Digital Marketing. Konten video pun semakin mendapat tempat dalam strategi konten sosial dan menjadi sangat penting untuk konten di blog di tahun 2018. Mulai dari Instastory yang sudah dipakai oleh 200 juta orang setiap hari berdasarkan data per September 2017 sampai live streaming yang dimana akan mendapat penerimaan yang lebih luas dalam aplikasi media sosial tahun ini. Live streaming menciptakan keterlibatan aktif dengan audience karena pengalaman real-time yang disukai oleh konsumen modern yang selalu bekerja secara multi-tasking dan on-the-go saat ini. Dengan hampir semua platform media sosial yang mengadopsi live streaming dalam beberapa bentuk, Anda akan melihat lebih banyak brand dan bisnis yang memanfaatkan live streaming di masa mendatang.

(later.com)

 

2. SEO dan content marketing saling terintegrasi

seo

SEO dan content marketing harus saling terintegrasi yang dimana terdapat sebuah kata kunci yang akan membantu dalam memberikan ranking halaman pertama di Google. Analisis SEO harus mencari kata kunci dan content marketers membantu dalam menempatkan kata kunci tersebut agar hasil yang ditampilkan lebih organik. Hal ini dapat menghasilkan hasil pencarian yang lebih tinggi. Pelajari lebih lanjut tentang SEO DISINI

3. Social Media Marketing

social media marketing

Media sosial seperti Facebook, Instagram, dan lain-lain menawarkan cara bagi pengguna untuk membeli produk dari aplikasi mereka secara langsung. Menurut sebuah survei dari Aimia, 56% konsumen mengatakan bahwa mereka follow brand di media sosial untuk melakukan browsing produk yang dijual dan 31% pembeli online mengatakan bahwa mereka menggunakan media sosial khusus untuk mencari barang baru untuk dibeli.

(hubspot.com).

Temukan penjelasan sosial media marketing yang lebih efektif DISINI

4. Display Ads

display ads

Display Ads atau Google Display Network merupakan iklan yang ditampilkan di berbagai situs ternama Indonesia. Penayangan iklan GDN sangatlah membantu perusahaan Anda untuk lebih dikenal dan menbidik calon pelanggan potensial Anda. Hal ini menunjukkan bahwa Display Ad menjadi tren digital dan terus beriringan naik dengan dunia Internet di Indonesia. Temukan fakta menarik mengenai display Ads DISINI

5. Marketing Influencer

marketing influencer

Taktik menggunakan seorang selebriti untuk menduung atau mempromosikan sebuah brand bukanlah hal yang baru lagi, dikarenakan sebagian besar marketers ingin memasuki pasar influencer.

Lebih dari 90% marketers yang menggunakan strategi marketing influencer percaya bahwa hal ini berhasil untuk meningkatkan penjualan. Pada tahun 2017 silam, brands berjuang untuk terhubung dengan calon konsumen dengan taktik iklan tradisional, sehingga diharapkan influencer (impactbnd.com).

Dengan begitu banyak brand yang ingin bekerja sama dengan influencer, mereka akan menjadi lebih kritis dalam pemilihan influencer. Oleh karena itu, membangun hubungan dengan influencer akan menjadi kunci sukses digital marketing di tahun 2018. Temukan influencer yang tepat untuk Anda DISINI

 

6. Google My Business

google my business

Fitur ini memang tidak asing lagi bagi Anda yang sering menggunakan mesin pencari Google. Jika Anda mencari informasi secara detil dari sebuah perusahaan, maka akan muncul pada bagian atas atau samping sebuah peta lengkap dengan petunjuk arah. Bagi pebisnis, Google My Business wajib digunakan agar masyarakat mudah untuk mencari info-info terkait dengan perusahaan Anda. Anda juga tidak perlu membayar untuk menggunakan fitur yang akan semakin marak pada 2018 ini.

Demikian tren digital marketing tahun 2018 yang menjadi peluang Anda untuk mengoptimalkan strategi marketing Anda.

Jane Sucitra
Jane Sucitra
Jane Sucitra bergabung di Next Digital Indonesia sebagai Social Media Staff. Jane memiliki hobi berkuliner, menonton film dan traveling. "Stay positive even when it feels like your whole world is falling apart."