IGTV: Fitur Terbaru Instagram yang dapat Meningkatkan Omset Penjualan

 

Instagram baru-baru ini melakukan launching platform barunya yang diberi nama Instagram TV atau disingkat IGTV. Platform IGTV ini memungkinkan penggunanya memiliki channel sendiri dan mem-posting video dengan durasi maksimal satu jam. Walaupun IGTV hanya berfokus pada video vertikal, namun platform ini dapat disebut sebagai pesaing YouTube. Hal ini tentunya membuat para pemilik brand seperti Samsung Indonesia dan Tokopedia ikut membuat konten IGTV. Berikut ini penjelasannya.

 

 

Salah satu perusahaan yang telah membuat channel IGTV adalah Samsung Indonesia. Mereka telah meng-upload satu video yang berisikan tentang potongan-potongan video mengenai berbagai hal yang akan mereka tunjukkan atau tampilkan pada channel IGTV mereka. Video tersebut menyebutkan bahwa konten yang akan mereka tampilkan akan bersifat fun, bermanfaat, dan memberikan semangat. Di awal video terlihat beberapa cuplikan video yang dipandu oleh aktis dan aktor Indonesia seperti Mikha Tambayong, Adipati Dolken, Devina Aurel dan Kunto Aji. Sedangkan di akhir video, mereka menampilkan cuplikan seorang koki sedang memberikan tutorial resep dan memberikan beberapa tips kesehatan. Video yang di-upload tanggal 30 Juni ini, dalam waktu 10 hari telah ditonton sebanyak 8.838 kali dan mendapatkan 8 komentar.

 

tokopedia

 

Selain Samsung Indonesia, salah satu perusahaan raksasa di Indonesia, Tokopedia juga telah mencoba platform terbaru keluaran Instagram ini. Mereka telah mengupload 2 buah video. Video pertama yang di-upload pada tanggal 22 Juni merupakan sebuah film pendek berdurasi 2 menit. Video tersebut menceritakan tentang pengorbanan seorang ibu untuk anaknya yang bernama Rafi. Dalam waktu kurang lebih 2 minggu, video ini telah ditonton sebanyak 13.564 kali dan mendapatkan 32 komentar. Untuk video kedua berdurasi 1:02 menit di-upload pada tanggal 26 Juni dan berisikan tentang perkenalan konten yang akan ada di channel IGTV mereka. Beberapa konten yang disebutkan adalah festival creator lokal maker fest, beauty classes, launching product exclusive, kuis, dan tips berjualan online. Dalam waktu kurang lebih 2 minggu, video ini berhasil ditonton sebanyak 14.417 kali dan mendapatkan 13 komentar.

Itulah beberapa perusahaan Indonesia yang telah membuat konten IGTV. Selain yang disebutkan di atas, masih banyak perusahaan Indonesia lain yang telah menggunakan platform IGTV ini. Meskipun sampai saat ini, video dalam IGTV hanya dapat dicari berdasarkan pembagian section, yaitu video yang sesuai dengan ketertarikan pengguna, video buatan akun yang di-follow, dan video paling populer, tetapi IGTV masih menjadi cara yang relatif mudah untuk meningkatkan views dan omset penjualan bisnis Anda karena konten pada feeds IGTV belum terlalu banyak.

Jane Sucitra
Jane Sucitra
Jane Sucitra bergabung di Next Digital Indonesia sebagai Social Media Staff. Jane memiliki hobi berkuliner, menonton film dan traveling. "Stay positive even when it feels like your whole world is falling apart."