Tips Meningkatkan Bisnis Anda dengan Social Media Marketing

 

 

Media sosial memiliki banyak keunikan dalam bidang pemasaran. Media sosial memungkinkan pelaku bisnis terhubung langsung dengan audiens dan dengan mudah mendapatkan feedback dari mereka. Tantangan yang harus dihadapi oleh hampir semua pelaku bisnis adalah memilih media sosial mana yang sesuai dengan target pemasaran. Setiap media sosial memiliki karakter berbeda, sehingga harus disesuaikan dengan target pemasaran agar hasil yang diterima lebih maksimal. Untuk menggunakan media sosial sebagai media pemasaran, Anda harus tahu media sosial mana yang paling populer dan bagaimana cara terbaik menggunakannya.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, pada tahun 2017 ketika jumlah penduduk Indonesia sebanyak 262 juta jiwa, pengguna internet telah mencapai 143.26 juta jiwa atau sekitar 54.68% orang Indonesia telah menggunakan Internet. Media sosial menempati urutan kedua setelah chatting sebagai layanan yang diakses saat menggunakan internet, sekitar 87.13% pengguna internet, mengakses layanan media sosial. Ini berarti bahwa media sosial sangat efektif untuk dijadikan media pemasaran.

Jadi, bagaimana Anda menggunakan media sosial untuk mengembangkan bisnis Anda? berikut ini beberapa tipsnya:

 

1. Percayakan pemasaran media sosial Anda kepada ahlinya

 

Bagian Anda cukup memperbaiki dan mengembangkan bisnis Anda. Sulit bagi pemilik perusahaan untuk menyediakan waktu melakukan pemasaran media sosial. Inilah mengapa beberapa diantara pemilik perusahaan tidak melakukan pemasaran media sosial atau mereka melakukannya secara asal-asalan sehingga membuatnya menjadi kurang efektif. Untuk mengatasi hal tersebut, berikanlah diri Anda sedikit ruang untuk fokus pada bisnis dan percayakan pemasaran media sosial Anda pada orang lain. Hal ini dapat dilakukan oleh berbagai kelas bisnis. Anda dapat memperekerjakan Digital Agency seperti Next Digital untuk mengatur akun media sosial perusahaan.

2. Buatlah Jadwal Rutin

 

Anda tidak perlu posting di jam yang persis sama setiap harinya, namun membuat jadwal untuk diri Anda sendiri membuat hal ini lebih mudah untuk memastikan bahwa Anda secara konsisten meng-update konten. Jika Anda tidak membuat schedule, sangat mungkin Anda akan mengesampingkan hal ini dengan alasan ada sesuatu yang lebih penting. Akan selalu ada hal yang lebih penting tergantung bagaimana Anda mengatur prioritas dan membuat beberapa post itu tidaklah memakan banyak waktu. Oleh karena itu, luangkanlah waktu setiap harinya untuk hal ini. Pada beberapa media sosial seperti Facebook dan Twitter pun mereka menyediakan fitur yang memungkinkan Anda menunda sebuah postingan hingga waktu posting yang telah diatur tiba sehingga memudahkan Anda dalam mem-posting konten tersebut.

3. Lakukan Promosi Silang pada Media Sosial

 

Undang fans atau followers Anda untuk bergabung dengan social media platform Anda yang lain. Jalankan promosi silang ini secara reguler dan Anda pun dapat menarik perhatian mereka dengan konten ekslusif atau membuat giveaway. Sosial profil yang kuat akan membuat perusahaan Anda terlihat lebih matang.

4. Selalu Amati Data Perkembangan Media Sosial Anda

 

 

Lakukan analisis data atau amati perkembangan media sosial Anda minimal seminggu sekali. Beberapa data yang perlu Anda amati adalah :

  • Post mana yang paling trending dan paling banyak dilihat
  • Kapan fans Anda paling aktif
  • Demografis fans Anda

Anda dapat menggunakan informasi tersebut untuk melakukan perbaikan terhadap konten yang dibagikan atau menentukan strategi pemasaran yang lebih baik lagi.

5. Boost Postingan Anda

 

Anda dapat menggunakan sedikit uang untuk mempromosikan postingan Anda. Salah satu contohnya adalah menggunakan fitur boost pada Facebook. Layanan ini akan membuat postingan Anda muncul di beranda pengguna. Dengan layanan ini, Anda juga dapat menentukan kriteria pengguna yang menerima postingan Anda agar tepat sasaran.

 

Itulah beberapa tips menggunakan media sosial untuk mengembangkan bisnis Anda. Untuk Anda yang ingin melakukan pemasaran media sosial, namun tidak memiliki waktu dan sumber daya yang cukup, Anda dapat menyerahkannya pada digital marketing agency, seperti Next Digital Indonesia. Next Digital Indonesia adalah agensi pemasaran digital terkemuka di Indonesia, yang terus berusaha menyediakan solusi pemasaran digital terintegrasi kepada Anda. Dapatkan informasi lebih lengkapnya melalui nextdigital.co.id.

Jane Sucitra
Jane Sucitra
Jane Sucitra bergabung di Next Digital Indonesia sebagai Social Media Staff. Jane memiliki hobi berkuliner, menonton film dan traveling. "Stay positive even when it feels like your whole world is falling apart."