Cara memanajemen waktu dengan baik

Next Digital » Blog » By Gian Permana Sidik On

Waktu tidak akan bisa terulang kembali meski degan cara apa pun, itulah fitrah dari waktu yang kita alami. Ada pepatah mengatakan ? time is money? atau waktu adalah uang, begitu sangat berharganya waktu bagi kehidupan manusia, akan tetapi kebanyakan dari kita menyia-nyiakan waktu yang di milikinya untuk hal yang tidak bermanfaat.

Berikut ini cara memanajemen waktu yang baik :

Gunakan skala prioritas untuk mengerjakan sesuatu, maksudnya adalah mendahulukan mengerjakan sesuatu berdasarkan tingkat kepentingannya. Tidak semua pekerjaan yang ada di depan mata bisa anda kerjakan dengan baik, karna hal waktu dan tenaga anda sangat terbatas. Untuk itu anda harus menentukan berdasarkan skala prioritas agar semua bisa terselesaikan. Ketika anda di hadapkan dengan pilihan antara menyelesaikan pekerjaan yang satu dengan yang lainnya anda sudah bisa menentukan mana kegiatan yang lebih penting dan harus di dahulukan.

Buat rencana kerja jangka pendek dan jangka panjang, ketika memulai pekerjaan di pagi hari sebaiknya anda sudah terlebih dahulu tahu apa yang anda kerjakan dan target apa yang harus anda capai hari ini. Begitu pula di malam harinya anda sudah menjadwalkan apa yang akan d kerjakan esok harinya. Maka buatlah target apa saja yang akan di capai dalam waktu dekat maupun jangka panjang, buat secara tertulis baik dari sisi pekerjaan, target,serta waktu pelaksanaannya. Kalau bisa dalam bentuk time table agar sistematis dan terjadwal untuk menghindari waktu yang terbuang sia-sia.

Budayakan ?on time? , budaya tidak tepat waktu bukanlah hal yang baik, di satu sisi reputasi anda buruk dan kepercayaan orng terhadap anda akan menurun. Di tambah lagi waktu anda akan terbuang sia2 dan kehilangan focus. Saat anda mengerjakan sesuatu anda terus menunda dan akibatnya pekerjaan tidak terselesaikan dan masalah dalam manajemen waktu menjadi salah satu permasalahan utamanya, maka gunakanlah waktu sebaik mungkin meski itu hanya satu detik.

Kerjakan segala sesuatu dengan cepat dan tepat, lakukan hal2 yang penting untuk di lakukan dan selesaikan pekerjaan dengan cepat. Memang cepat saja tidak cukup anda harus menyelesaikan dengan tepat yaitu tepat sasaran. Semakin besar tanggung jawab anda, biasanya akan semakin banyak pula pekerjaan yang harus di selesaikan. Sementara waktu hidup kita dalam sehari hanya 24 jam, itu pun belum di kurangi waktu istirahat dan menjalankan segala aktifitas keseharian. Untuk itu penting untuk menyelesaikan dengan cepat dan tepat.

Gunakan setiap waktu luang untuk sesuatu yang bermanfaat, sebagian besar orang sukses karena berkat kerja keras dan manajemen waktu yang baik. Setiap orang memiliki waktu yang sama dalam menjalankan hidupnya, namun setiap orang berbeda memperlakukan waktu yang di miliki, ada yang menggunakan waktu luang untuk bersantai ada pula yang menggunakan untuk menjalankan pekerjaan. Jika anda merasa waktu luang anda tidak di manfaatkan dengan baik saat ini, maka mulailah belajar memanfaatkan waktu luang dari sekarang, karena akan membantu anda unutk mengatasi masalah dalam manajemen waktu yang tidak karuan. Gunakanlah waktu sebaik mungkin untuk segala hal yang bermanfaat, pastikan anda bisa mengatur manajemen waktu agar tercapai harapan dan cita2.

 

 

Gian Permana Sidik

Gian Permana Sidik bergabung di Next Digital Indonesia sebagai Account Executive. Gian menghabiskan waktu luangnya dengan bernyanyi dan travelling. – Keep Istiqomah


Let's Connect.

PT. Nadi Digital Indonesia
Business Park Kebon Jeruk
Jl. Meruya Ilir No 88, Blok i no. 7
Jakarta Barat, 11620
t +62 21 3006 7981
e info@nextdigital.co.id

 

Be a part of our team.
e career@nextdigital.co.id