3 Faktor Penting Pendorong Kesuksesan Akuisisi User Aplikasi Anda!

Next Digital » Blog » By Fadli Zufwari On

Banyaknya aplikasi yang tumbuh saat ini mengharuskan berbagai perusahaan yang memiliki aplikasi mobile untuk lebih mengeluarkan usaha ekstra untuk dapat bersaing dan  mencuri perhatian para pengguna mobile  agar aplikasi yang mereka miliki banyak didownload.

 

Akan tetapi, kini para pemilik aplikasi mobile tak perlu khawatir lagi. Melalui penggunaan sistem Universal App Campaign (UAC) dari Google,  semua keuntungan bagi aplikasi mobile Anda bisa di dapatkan dengan mudah, dan tentunya aplikasi yang Anda ciptakan semakin mudah dilirik hingga didownload oleh setiap pengguna mobile yang ada.

 

Sistem Google UAC secara otomatis  akan mendesain iklan untuk aplikasi Anda, menangani target market, dan juga mengoptimasi penawaran (bidding) yang Anda berikan, serta nantinya akan ditampilkan di Google Search, Google Play, Youtube, dan berbagai Channel Google lainnya yang relevan dengan aplikasi tersebut.

 

Untuk itu, sebelum Anda memulainya, ada baiknya untuk mempersiapkan beberapa faktor utama yang harus ditetapkan terlebih dahulu untuk dapat mengoptimalkan fungsi UAC tersebut bagi keberhasilan aplikasi mobile Anda, yaitu:

 

1. Menciptakan Ide Teks Dan Video Kreatif Untuk Iklan Yang Akan Disajikan

universal app campaign- Create Your Idea - Next Digital Indonesia

 

Hal pertama yang perlu di siapkan sebelum menggunakan UAC adalah sebuah ide kreatif dan unik untuk iklan Anda, yang dapat menarik minat para pengguna mobile.  Dengan menciptakan sebuah desain tampilan yang unik dan menarik ditambah dengan beberapa video kreatif, akan menunjang rasa penasaran para pengguna mobile untuk segera meng ‘klik’  iklan Anda dan langsung menuju appstore/playstore untuk mendownload aplikasi tersebut.

 

Dengan bergabung bersama Next Digital, kami mampu memberikan berbagai ide kreatif dan cemerlang bagi konsep iklan yang Anda inginkan. Dengan didukung oleh tim ahli yang berpengalaman di bidang desain dan kreatif, kami yakin dapat memberikan  yang terbaik bagi kesuksesan aplikasi mobile Anda.

2. Lokasi Target Pemasaran, Demografis Atau Minat Dan Ketertarikan

universal app campaign- Who's Your Target- Next Digital Indonesia

 

Sistem otomatis Universal app campaigns yang ditawarkan, akan bekerja dengan baik bila anda sudah menetapkan secara detail, apa-apa saja yang menjadi target pemasaran Anda. Kami memulai penargetan dari  lokasi atau wilayah target pemasaran hingga mempelajari demografis Pengguna Mobile seperti umur, jenis kelamin, dan lain sebagainya secara mendalam untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

 

Setelah Anda menentukan semuanya, barulah sistem UAC dari Google akan melakukan tracking secara mendalam kepada ‘behaviour’ atau tingkah laku dan kebiasaan dari para pengguna mobile terhadap minat dan ketertarikannya terhadap sebuah aplikasi. Sehingga pada akhirnya, sistem UAC akan membaca kemungkinan pengguna mana saja yang berpotensi dan memiliki kemungkinan terbesar untuk mendownload aplikasi mobile milik Anda tersebut.

 

3. Seberapa Banyak Anda Bersedia Memberikan Harga Penawaran Per Install Aplikasi

universal app campaign- How Much You Willing To Spent - Next Digital Indonesia

 

Yang terakhir adalah proses penawaran harga atau bidding. Sama seperti mekanisme lain yang disajikan oleh Google adwords, Universal App Campaigns juga mengharuskan Anda untuk menentukan seberapa banyak jumlah yang bersedia diberikan untuk tiap pemasangan aplikasi per installnya, atau yang biasa disebut dengan target cost-per-install (CPI). Cara yang sama juga diterapkan  kepada target cost-per-acquisition (CPA) dimana CPA adalah seberapa banyak jumlah biaya untuk  setiap pengguna membuka aplikasi Anda dan menjalankannya saat pertama kali.

 

Lakukan optimasi UAC secara berkala agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Optimasi yang dilakukan secara tepat dan baik, akan dapat menekan biaya cost-per-install anda sekaligus demi meningkatkan jumlah download aplikasi Anda.

 

Setelah menyiapkan ketiga faktor diatas tersebut, sistem UAC akan lebih mudah untuk menentukan pengguna mobile  yang bernilai dan berpotensi untuk aplikasi yang Anda miliki.

 

Sebagai partner resmi Google,  Next Digital Indonesia, telah berhasil menciptakan puluhan kisah sukses sebuah aplikasi mobile melalui Universal App Campaign yang kami kerjakan. Dan Anda pun bisa menjadi bagian dari kesuksesan tersebut  dengan menggunakan strategi UAC terbaik milik kami untuk kesuksesan aplikasi Anda. Jadi tunggu apalagi, segera bergabung bersama Digital Agency Jakarta terbaik,  Next Digital Indonesia.

 

Fadli Zufwari

Fadli Zufwari bergabung di Next Digital Indonesia sebagai Creative Content Writter. Fadli memiliki hobi bermain musik dan menggambar ilustrasi serta seorang Digital Marketing enthusiast dan adrenaline junkie. "know your past to know your future"


Let's Connect.

PT. Nadi Digital Indonesia
Business Park Kebon Jeruk
Jl. Meruya Ilir No 88, Blok i no. 7
Jakarta Barat, 11620
t +62 21 3006 7981
e [email protected]

 

Be a part of our team.
e [email protected]