5 Trik Sukses Melakukan Pemasaran Bisnis UKM Di Facebook

Next Digital » Blog » By gita On

Hingga saat ini pengguna sosial media dari seluruh dunia masih dimanjakan dengan konteks ‘gratis’ yang disajikan oleh berbagai platform sosial media. Dengan segala kemudahan tersebut, orang-orang di seluruh dunia justru dapat saling terhubung satu sama lain, maka sudah selayaknya anda memanfaatkan sosial media tersebut sebaik mungkin termasuk untuk urusan bisnis atau usaha. (Baca Juga: Mengapa Harus Beriklan Di Sosial Media?)

 

Hal ini tentunya juga dapat dijadikan peluang tersendiri bagi para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dalam membantu mengembangkan bisnisnya tersebut bahkan dengan biaya yang nyaris tidak ada, dengan bermodalkan koneksi dengan orang-orang di sosial media seperti facebook, maka akan meningkatkan efektifitas pemasaran usaha anda. akan tetapi, semua itu membutuhkan beberapa proses, dan untuk mengoptimalkan promosi tersebut ada baiknya anda memahami beberapa trik ampuh berikut ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

1. Lebih Dekat Dengan Konsumen
Kunci dari pemasaran adalah untuk mengenalkan produk yang anda jual kepada khalayak ramai hingga tertarik untuk membeli. Maka dari itu, melalui sosial media Facebook anda tentunya dapat lebih leluasa dalam memperkenalkan produk anda tersebut. Agar lebih memantapkan keyakinan konsumen untuk membeli produk anda, ada baiknya mencantumkan sebuah tabulasi Frequently Asked Questions (FAQ) atau Question and Answers (Q&A) agar konsumen lebih memahami produk anda ataupun mekanisme proses pembelian.
Untuk membuatnya, anda hanya perlu menggunakan fitur Notes default yang sudah ada pada Facebook. Dengan begitu anda dan konsumen dapat saling berkomunikasi dengan baik dalam menanggapi berbagai pertanyaan, masalah, maupun keluhan.

 

2. Menyiapkan Sistem Cepat Tanggap
Dengan menggunakan Facebook anda dapat lebih dekat dengan ratusan hingga ribuan konsumen tanpa harus bertatap muka. untuk itu, anda dituntut harus sigap dan cepat dalam menanggapi konsumen, baik yang ingin membeli, mencari informasi, hingga menanggapi berbagai keluhan. Dengan tanggap konsumen tersebut, maka dapat meningkatkan citra baik bisnis anda, dan tentunya meningkatkan penjualan

 

3. Jangan Terlalu Berlebihan
Kebanyakan para pengguna sosial media justru akan merasa resah dengan berbagai informasi produk yang menghampiri mereka secara berlebihan. Malah kebanyakan pengguna justru menganggap itu sebagai spam. Jadi anda harus pandai dan memahami hal tersebut dengan tidak terlalu memberikan informasi yang berlebihan kepada pelanggan anda. buatlah prioritas kepada informasi yang akan anda berikan, sehingga hanya informasi berkualitas yang pelanggan dapat. Agar lebih baik lagi, anda bisa melakukan penjadwalan secara teratur dan berkala sehingga informasi yang pelanggan terima lebih sesuai atau anda bisa mencoba  4 tipe konten interaktif yang bisa meningkatkan Engagement Sosial Media

4. Libatkan Fans Sebagai Aset Pemasaran

Seiring perkembangan dari bisnis anda, lambat laun tentunya anda akan memiliki konsumen yang menyukai dan setia pada produk anda. Jadi sudah sepantasnya, anda memprioritaskan konsumen dengan cara memberikan berbagai penghargaan untuk konsumen. Salah satunya dengan mengadakan kuis,kontes, dan lain-lain. jangan lupa sertakan juga hadiah-hadiah menarik untuk menambah minat konsumen, baik yang sudah loyal dengan produk anda maupun konsumen baru yang ingin mengetahui produk anda. (Baca juga: Mengoptimalkan Bisnis Melalui Marketing Media Sosial)

 

“Strategi dengan melibatkan konsumen itu sendiri sebenarnya sudah menjadi rahasia umum untuk pemasaran di sosial media. Bahkan usaha besar sekalipun juga menerapkan strategi semacam ini. untuk itu anda juga harus mampu bersaing dengan cara yang sama.”

 

5. Takar Kesuksesan Pemasaran Anda
Kebanyakan para pelaku bisnis online yang sudah duluan terjun menyelami pemasaran di sosial media selalu melakukan pengukuran tingkat kesuksesannya melalui berbagai cara. Hal ini bertujuan untuk mengetahui sukses atau tidaknya pemasaran yang anda jalankan dalam beberapa waktu. Salah satu software analisis yang bisa anda gunakan adalah Google Analytic. atau menggunakan sistem Call Tracking yang lebih mudah bagi anda.

 

Bagi anda pelaku bisnis UKM yang ingin menyelami dunia sosial media sebagai lahan promosi, ada baiknya anda untuk berkonsultasi dan  bekerja sama dengan Digital Agency yang berpengalaman untuk lebih dapat mengoptimalkan pemasaran melalui sosial media dan meningkatkan penjualan usaha anda.

 

Dan di Next Digital Indonesia,  kami memiliki semua yang anda butuhkan, mulai dari pengelolaan secara mendalam hingga proses laporan perkembangan bisnis online anda secara berkala. Bergabung bersama Digital Agency Jakarta Terbaik saat ini dan jadilah bagian dari kesuksesan yang kami ciptakan.

 

sumber: nextdigital.co.id

gita

Gita Agustina bergabung di Next Digital Indonesia sebagai Social Media Specialist. Di sela kesibukannya, Gita suka mendengarkan musik dan seorang 'Movie addicts'. "Do what makes you happy"


Let's Connect.

PT. Nadi Digital Indonesia
Business Park Kebon Jeruk
Jl. Meruya Ilir No 88, Blok i no. 7
Jakarta Barat, 11620
t +62 21 3006 7981
e [email protected]

 

Be a part of our team.
e [email protected]