6 Tren Digital Marketing Indonesia Di Tahun 2017 Yang Tidak Anda Sadari Bisa Bikin Sukses (PART 2)

Next Digital » Blog » By Ruth Theodora Jans On

Tentu, kita sudah mengetahui semua hal yang terjadi di digital selama 2016, mulai dari om-om yang suka joged  sambil megang pulpen dan nenas, hingga tiba-tiba semua orang di dalam ruangan berhenti bergerak dalam sebuah video? dan ya! Semuanya sukses menarik perhatian jutaan netizen dunia, mereka sangat menyukainya, hingga mendatangkan keuntungan yang sangat besar. Lantas apa berikutnya di 2017?

 

 

 

Berikut adalah lanjutan mengenai 6 tren digital marketing indonesia di tahun 2017, dari artikel

 

PART 1

 

 

 

lebih dekat dengan users melalui apps - next digital- digital agency - seo agency indonesia

4. Lebih Dekat Dengan Users Melalui Penggunaan Apps

Apps atau Aplikasi adalah salah satu tools yang terbilang cukup sukses di dunia digital. Di tahun 2017 ini, perkembangan aplikasi sangat begitu pesat, mulai dari aplikasi olahraga, diet, online shopping, sampai aplikasi untuk anak-anak juga turut meramaikan pasar digital di Indonesia. Dan kembali lagi, bahwa ini semua tidak terlepas dari fenomena smartphone yang semakin menjamur secara global.

 

(Baca juga: Cara Mudah Dapatkan 1 Juta Download Bagi Aplikasi Anda!)

 

Berdasarkan customer statistic of mobile apps in the global market, Apple Apps Store memiliki lebih dari 2 juta aplikasi didalamnya sementara Google Play memiliki lebih dari 2,2 juta aplikasi. Sedangkan menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Alabama, saat ini rata-rata pengguna mobile apps, memiliki kebiasaan untuk  menggunakan aplikasi lebih dari 30 jam dalam seminggu, yang dimana 46% diantaranya adalah aplikasi berbayar. Sehingga hal tersebut secara tidak langsung membawa mobile apps sebagai salah satu tools paling menguntungkan untuk sebuah brand karena mampu meraup sedikitnya $ 77 juta di awal tahun 2017.

(business2community.com )

 

influencer marketing indonesia - next digital indonesia - digital agency - seo agency

5. Kekuatan ‘Pendapat’ Melalui Influencer Marketing

Selain iklan dan juga konten yang ada di social media, saat ini kebanyakan dari netizen lebih mempercayai ketika seseorang yang berpendapat atau yang biasa disebut dengan ‘word of mouth’. Pada dasarnya, influencer marketing merupakan cara termudah untuk sebuah brand mempromosikan produknya. Mengapa demikian? Karena melalui influencer marketing, sebuah brand dapat membangun image dari produknya sekaligus membangun kepercayaan karena berarti ada seseorang yang memang sudah membuktikan kualitas dari produknya tersebut.

 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Nielsen, sebanyak 92% orang lebih mempercayai rekomendasi dari seseorang (meskipun tidak mengenal orang tersebut secara langsung) bila dibandingkan dengan  iklan yang dikeluarkan oleh brand tersebut. Maka dari itu semakin tahun, semakin tinggi juga penggunaan teknik  influencer marketing terhadap suatu brand atau produk tersebut.

 

Bahkan ada beberapa brand, yang memang menggunakan sosok seorang artis/ orang ternama untuk menjadi brand ambassador mereka. Menurut Nielsen, jika sebuah brand/produk belum menggunakan influencer marketing di 2017, berarti mereka sudah selangkah lebih tertinggal daripada yang lain. Dan tentunya Anda tidak akan mau jika yang tertinggal tersebut adalah brand Anda.

(cision.com )

 

 

digital public relation - next digital indonesia- digital agency - digital agency jakarta

6. Digital Public Relations (PR)

Mengingat bahwa PR memiliki peran yang berkaitan erat dengan image suatu brand, maka dapat dikatakan bahwa digital PR juga menjadi salah satu tools yang harus dikembangkan oleh sebuah brand. Di 2017 ini, digital PR sudah menjadi salah satu cara yang sangat berkembang dikalangan perusahaan-perusahaan besar. Hal tersebut dikarenakan, tools yang diperlukan oleh digital PR dalam membangun brand sangat berkaitan erat dengan tools dasar yang dimiliki oleh dunia digital, yaitu seperti ads, social media content, apps, digital campaign.

 

 

Semua hal tersebut akan berpengaruh kepada image dari suatu brand, maka dari itu penting sekali bagi tim PR dari sebuah brand untuk bisa menguasai & juga memahami digital PR. Selain itu, kehadiran beberapa aplikasi ataupun web seperti garudaattack.com, quintly.com, sprout.com juga mampu memudahkan para PR untuk bisa mengetahui brand image dari perusahaan yang mereka secara digital.

(coxblue.com )

 

 

Demikianlah prediksi  Tren digital marketing 2017 yang ada di Indonesia, yang tentunya dapat Anda jadikan acuan untuk dapat bersaing dan meraih kesuksesan di tahun  ini. Apakah anda setuju? Kami sangat ingin mendengar pendapat Anda sekarang juga. Silahkan berikan saran ataupun pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Ruth Theodora Jans

Ruth Theodora Jans bergabung di Next Digital Indonesia sebagai Digital Strategist. Diluar kesibukannya, Ruth memiliki hobi traveling keliling Indonesia dan menyalurkan bakat bernyanyi nya. "Dont wait for the perfect moment but take the moment and make it perfect."


Let's Connect.

PT. Nadi Digital Indonesia
Business Park Kebon Jeruk
Jl. Meruya Ilir No 88, Blok i no. 7
Jakarta Barat, 11620
t +62 21 3006 7981
e [email protected]

 

Be a part of our team.
e [email protected]