7 Elemen Yang Harus Diperhatikan Untuk Mengukur Efektifitas Aplikasi Mobile Anda

Next Digital » Blog » By Fadli Zufwari On

Semakin hari, semakin banyak perusahaan yang mulai mengembangkan dan mengarahkan bisnisnya menuju dunia aplikasi mobile yang dirasa lebih mudah untuk menjangkau target market yang diinginkan. Menurut wearesocial.com, Sejak tahun 2015 di Indonesia saja ada sekitar 88,1 juta pengguna aktif Internet dan 85% diantaranya mengaksesnya secara mobile melalui Smartphone mereka.

 

Jadi,  bagi anda yang hendak merambah dunia aplikasi mobile dan melihat ini sebagai peluang besar bagi bisnis anda, diperlukan berbagai strategi ataupun langkah tepat untuk memasarkan aplikasi mobile tersebut, langsung kepada para pengguna Smartphone. untuk itu, sebagai langkah awal,  ada baiknya anda memperhatikan 7 elemen penting berikut untuk mengukur seberapa efektif kah aplikasi mobile yang anda miliki agar meraih keuntungan secara maksimal,   antara lain:

 

1.User (pengguna)

Mengapa User menjadi yang pertama dalam deretan 7 elemen terpenting ini? karena, ya inti dari semuanya adalah seberapa banyak orang-orang menggunakan  aplikasi mobile yang anda ciptakan. Diperlukan sebuah strategi khusus untuk mendongkrak dan meningkatan jumlah pengguna aplikasi, dan di Next Digital Indonesia kami memiliki strategi terbaik Digital Mobile Apps Marketing  tersebut.

 

2. Sessions

Sessions adalah waktu seberapa lama para pengguna aplikasi secara aktif menghabiskan waktunya di aplikasi anda dalam satu kali interaksi terputus, terhitung sejak pengguna membuka aplikasi hingga menutup aplikasi tersebut.  Dengan memperhatikan sessions ini anda dapat mengetahui seberapa menarik aplikasi anda bagi kepuasan pengguna.

 

3. Session interval

Merupakan kelanjutan dari Session, dimana disini akan dihitung jarak  waktu antara session pertama yang dilakukan pengguna hingga dilakukannya session berikutnya.

 

4. User Intentions

Tak jauh berbeda dengan Session, Kualitas yang anda sajikan pada aplikasi akan dinilai disini melalui seberapa lama pengguna menghabiskan waktu di aplikasi anda pada periode waktu tertentu. Dengan begitu, akan dapat diketahui apakah aplikasi yang anda buat menjadi favorit para pengguna atau tidak.

 

5. Acquisition

Bicara soal keuntungan yang bisa didapat,  Acquisiton merupakan hal utama yang tak boleh anda lewatkan. Acquisition adalah jumlah dari pengguna yang telah mendownload dan menginstall aplikasi anda dari berbagai sumber (organic search, paid ads, in-app referrals) dengan kata lain, anda akan mendapatkan keuntungan dari tiap download dan install yang dilakukan pada aplikasi anda. Baca Juga: Meningkatkan jumlah download  aplikasi secara organic dengan App Search Optimization

 

6. Lifetime Value

Adalah sebuah tingkatan seberapa berharga aplikasi tersebut berada di smartphone milik pengguna  untuk sehari-hari. Sehingga nantinya dapat dilihat apakah  aplikasi tersebut dapat bertahan lama atau tidak bagi kebanyakan pengguna smartphone

 

7. Retention

Retention adalah jumlah persen dari seberapanya banyak pengguna yang kembali mengunjungi aplikasi anda setelah kunjungannya pertama kali. Melalui retention, anda dapat memperhatikan dan mempelajari apakah aplikasi mobile anda mampu mencuri perhatian pada saat pertama kali.

 

 

 

Demikianlah beberapa elemen yang harus anda perhatikan untuk mendukung kesuksesan aplikasi mobile anda. Temukan juga solusi meningkatkan penjualan bisnis anda secara online dengan berbagai strategi   penawaran terbaik yang kami berikan hanya di Next Digital Indonesia, salah satu Web Agency Indonesia terbaik sekaligus partner resmi Google yang dapat membawa bisnis anda berada di tingkatan yang lebih tinggi.

 

 

sumber: nextdigital.co.id

Fadli Zufwari

Fadli Zufwari bergabung di Next Digital Indonesia sebagai Creative Content Writter. Fadli memiliki hobi bermain musik dan menggambar ilustrasi serta seorang Digital Marketing enthusiast dan adrenaline junkie. "know your past to know your future"


Let's Connect.

PT. Nadi Digital Indonesia
Business Park Kebon Jeruk
Jl. Meruya Ilir No 88, Blok i no. 7
Jakarta Barat, 11620
t +62 21 3006 7981
e [email protected]

 

Be a part of our team.
e [email protected]