Website-website Penyedia Stok Foto/ilustrasi Gratis Untuk Keperluan Komersial (bagian 1)

Next Digital » Blog » Desain Grafis » By Ryan Ariandi On

Foto ataupun ilustrasi adalah material yang sangat penting dan tidak terpisahkan dalam mendesain website atau dalam melengkapi suatu konten. Sayangnya banyak yang mengabaikan hal ini. Banyak yang menggunakan foto ala kadarnya untuk mepercantik website atau konten mereka. Yang lebih parah, banyak yang asal mengambil foto/ilustrasi dari mesin pencarian sesuka hati mereka tanpa memerhatikan hak cipta foto tersebut. Salah-salah kita malah kena getahnya dengan mendapatkan tuntutan pelanggaran hak cipta karena menggunakan foto/ilustrasi tersebut tanpa izin. Tentu ini akan sangat berbahaya, terutama bagi pelaku bisnis karena akan merusak citra brand/perusahaan yang terkena kasus pelanggaran tersebut.

Website-website Penyedia Stok Foto/ilustrasi Gratis Untuk Keperluan Komersial

Untuk mengatasi hal tersebut, banyak web yang menyediakan foto-foto dan juga ilustrasi untuk digunakan dalam berbagai macam keperluan komersial maupun keperluan non komersial yang legal untuk digunakan. Namun, biasanya foto-foto tersebut tidaklah gratis. Pengunduh diwajibkan untuk membayar ataupun berlangganan agar bisa menggunakan layanan situs stok foto tersebut.

Bagi para pelaku usaha tentu ini tak bermasalah, karena umumnya mereka mempunyai alokasi dana untuk ini. Bagaimana dengan individu-individu pelaku kreatif yang ingin mencari material foto/ilustrasi dengan hak cipta bebas dan juga dengan biaya yang gratis? Ternyata ada banyak situs-situs penyedia stok foto/ilustrasi gratis dengan royalty free atau hak cipta bebas, yang artinya siapa saja bebas memakai foto/ilustrasi tersebut untuk keperluan komersial/non komersial. Berikut beberapa di antaranya.

1. freepik.com

Website-website Penyedia Stok Foto/ilustrasi Gratis Untuk Keperluan Komersial

Freepik.com adalah situs pengumpul stok foto dan juga ilustrasi gratis dari website-website lain, jadi sudah dapat dipastikan koleksi freepik berjumlah ribuan. Selain jumlahnya yang banyak, kelebihan lain dari freepik.com adalah file-file ilustrasi/grafis yang disediakan juga tersedia dalam bentuk raw file (file mentahan). Jadi Anda bisa dengan bebas mengedit file-file grafis itu.

 

  1. pixabay.com

Website-website Penyedia Stok Foto/ilustrasi Gratis Untuk Keperluan Komersial

Pixabay.com menyediakan berbagai macam stok foto dan ilustrasi dengan jumlah yang diklaim mencapai lebih dari 550.000 buah. Pixabay.com mempunyai tampilan interface yang bersahabat, sehingga memudahkan Anda untuk mencari foto yang Anda inginkan.

  1. pexels.com
Website-website Penyedia Stok Foto/ilustrasi Gratis Untuk Keperluan Komersial

Website-website Penyedia Stok Foto/ilustrasi Gratis Untuk Keperluan Komersial

Pexels.com merupakan situs stok foto gratis favorit saya. Pexels.com memunyai interface yang sangat memudahkan dalam mengunduh dan juga mencari kategori yang diinginkan. Foto ? foto yang diupload dalam situs tersebut dapat Anda download dan gunakan secara gratis untuk kepentingan komersial dan tanpa hak cipta atau atribut lain.

Demikian beberapa situs-situs penyedia stok foto/ilustrasi yang bisa digunakan secara gratis dan tanpa dibebankan hak cipta. Anda kini dapat menggunakan foto/ilustrasi berkualitas untuk keperluan komersial/non komersial tanpa perlu khawatir tersandung pelanggaran hak cipta. Untuk situs-situs penyedia stok foto/ilustrasi gratis lainnya akan saya teruskan di tulisan berikutnya.

Ryan Ariandi

Ryan Ariandi bergabung di Next Digital Indonesia sebagai Social Media Officer. Ryan menghabiskan waktu luangnya dengan bersepeda, bermain game dan jalan-jalan ke museum. – Life is like riding a bicycle, to keep your balance you must keep moving


Let's Connect.

PT. Nadi Digital Indonesia
Business Park Kebon Jeruk
Jl. Meruya Ilir No 88, Blok i no. 7
Jakarta Barat, 11620
t +62 21 3006 7981
e info@nextdigital.co.id

 

Be a part of our team.
e career@nextdigital.co.id