4 tips PEMASARAN UKM

Next Digital » Blog » Digital Marketing » By Rusdi Razak On

Wajar bila banyak orang mengatakan ilmu marketing bisa jadi hal yang rumit dan cukup membingungkan pelaku UKM.

Bahkan tak sedikit pelaku UKM di Indonesia yang akhirnya terjebak dengan strategi pemasaran yang kurang efektif yang akibatnya, belum banyak UKM di negara kita yang mampu bersaing dengan pelaku usaha di kancah nasional.

Oleh sebab itu, agar para pelaku UKM tak kembali terjebak pada permasalahan marketing. Berikut beberapa penjelasan rahasia pemasaran yang perlu dipahami pelaku UKM agar bisa terus bertahan di tengah ketatnya persaingan pasar.Simak pendekatan A.T.O.M ini yaitu; Audience (konsumen), Timing (waktu), Offer (penawaran), dan Message (pesan).

  1. Kenali audiens Anda

Agar bisa menjual, berkomunikasi, atau memasarkan produk secara efektif harus mengenal terlebih dahulu audiens (konsumennya) atau motif mereka untuk membeli. Karenanya Anda perlu memahami pria atau wanita yang menjadi konsumen potensial Anda. Muda atau tua? Baru pertama membeli atau sudah sering membeli? Apakah mereka pembuat keputusan? Apakah mereka memiliki preferensi produk, jasa, atau metode pengiriman tertentu? Dengan begitu, Anda bisa semakin mengenal audiens Anda, dan semakin fokus untuk menentukan strategi pemasaran yang sesuai.

  1. Waktu adalah segala-galanya

Meskipun dengan strategi promosi yang meyakinkan, namun prospek (calon konsumen) tidak akan berminat dengan produk atau jasa Anda jika Anda tidak mengkomunikasikannya di saat yang tepat. Pastikan pesan yang Anda sampaikan di hadapan prospek pada waktu yang tepat pula, sehingga mereka merasa apa yang butuhkannya bisa Anda penuhi dalam timing yang pas.

  1. Memberikan penawaran yang tepat

Hasil pemasaran tergantung pada performa Anda, yaitu 40% dilihat dari penawaran, dan 20% pada kreativitas yang menyempurnakan penawaran Anda. Karena itu berikan penawaran yang menarik, agar konsumen yang awalnya belum mengenal Anda bisa mulai penasaran dan melakukan transaksi pembelian.

  1. Perhatikan cara dalam menyampaikan pesan

Menyampaikan pesan yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan ciptakan pembeda dengan kompetitor. Sebagai tambahan, pastikan untuk memberikan keunggulan fitur agar para audien tertarik untuk membaca, mencoba, dan membeli.

Rusdi Razak

Rusdi Razak bergabung di Next Digital Indonesia sebagai Sales. Rusdi menghabiskan waktu luangnya dengan berkebun, berolahraga dan menjadi guru sepakbola. – Save your dream till come true


Let's Connect.

PT. Nadi Digital Indonesia
Business Park Kebon Jeruk
Jl. Meruya Ilir No 88, Blok i no. 7
Jakarta Barat, 11620
t +62 21 3006 7981
e info@nextdigital.co.id

 

Be a part of our team.
e career@nextdigital.co.id