Manfaat Digital Marketing untuk UKM

Next Digital » Blog » Digital Marketing » By Gian Permana Sidik On

Persaingan di dunia bisnis semakin ketat, semakin meningkatnya kebutuhan hidup masyarakat. Apalagi di era serba digital seperti sekarang ini, bisa dikatakan hampir semua pebisnis bisa memasarkan produk-produknya tanpa batasan ruang maupun waktu. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, pelaku bisnis juga dapat memperluas jangkauan pasar mereka. Jaman sekarang siapa yang tidak menggunakan sosial media?

Media sosial sebagai salah satu senjata dalam menghadapi persaingan bisnis online yang kian ketat tentunya menjadi bagian yang harus selalu diperhatikan. Pesatnya perkembangan media sosial dapat menjadi salah satu kunci kesuksesan bisnis bila dimanfaatkan secara maksimal. Bisnis yang memanfaatkan sosial media harus ikut berkembang secara dinamis mengikuti tren agar tidak ketinggalan zaman.
Hingga saat ini pun, media sosial masih menjadi idola bagi pengguna perorangan. Satu orang bisa memiliki banyak akun media sosial, terutama warga kota-kota besar. Facebook, Twitter, Path, dan Instagram telah menjadi jejaring sosial yang paling digemari di sini. Penggunaannya pun beragam, mulai dari sekadar terhubung dengan banyak orang atau teman, hingga berbisnis atau jadi media untuk memasarkan produknya secara gratis. Media sosial yang merupakan salah satu elemen dari digital marketing itu menjadi strategi untuk promosi, menaikkan penjualan, juga awareness dan branding. Akan tetapi bukan berarti pemasaran tradisional sudah tidak dapat digunakan lagi, karena setiap pelaku bisnis memiliki promosi yang berbeda sesuai karakter produk mereka. Bagi para pelaku bisnis, menggunakan media sosial atau dunia online untuk digital marketing adalah sebuah pilihan yang tepat. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita dapat melalui digital marketing:

Hemat Biaya
Promosi untuk produk atau jasa melalui digital marketing sudah terbukti lebih murah dibandingkkan promosi konvensional menggunakan media cetak atau media penyiaran televisi. Biasanya promosi tersebut hanya bersifat komunikasi satu arah saja, sedangkan digital marketing ada banyak medium yang bisa digunakan, seperti; email, media sosial, dan iklan banner yang bersifat komunikasi dua arah.

Realtime
Dengan digital marketing, kita dapat melihat jumlah pengunjung yang mengakses situs kita hingga grafik peningkatan jumlah pelanggan atau calon pelanggan. Digital marketing juga memungkinkan kita untuk menerapkan campaign atau iklan dengan cepat, jadi tidak perlu menunggu berminggu-minggu untuk approval dan melihat bagaimana perkembangan bisnis yang sedang dijalankan. Keuntungan lain yang bisa didapatkan dari digital marketing adalah hasil analisa sementara iklan yang dapat diakses sekitar 24 jam sebelumnya, sehingga memungkinkan kita dalam melakukan penyesuaian atau adjustment iklan tersebut untuk hasil yang lebih baik.
Mudah Menarik Konsumen
Dengan digital marketing, strategi yang kita rencanakan dapat dengan mudah menarik perhatian konsumen untuk mengetahui lebih jelas produk yang sedang dipromosikan. Tanpa batasan ruang dan waktu, selama orang bisa mengakses internet, produk kita akan mudah ditemui melalui berbagai media sosial yang saat ini banyak digunakan.

Membangun Hubungan yang Lebih Menarik
Dengan strategi digital marketing, kita dapat lebih berinteraksi secara dunia maya dengan customer yang langsung dengan cepat merespon permintaan customer dalam percakapan dan menjangkau pelanggan yang potensial. Karena begitu banyak potensi untuk mencapai hasil yang lebih besar dan segmen customer yang lebih tertarget.

Mudah Menentukan Target Pasar
Suatu pasar terdiri dari begitu banyak konsumen dan konsumen tersebut begitu beragam dan berbeda-beda dalam banyak hal. Mereka mempunyai perbedaan dalam hal kebutuhan, daya beli, lokasi geografis, kebiasaan membeli dan karakteristik pembelian. Semua hal/variabel tersebut dapat digunakan untuk men-segmentasi pasar. Customer atau konsumen yang sesuai dengan segmentasi produk atau jasa kita tentu lebih potensial daripada yang tidak. Dengan strategi melalui digital marketing, kita dapat menentukan target pasar secara terukur dengan memilih website atau akun sosial media yang berhubungan dengan parameter kita.

Secara garis besar, pengelolaan strategi digital marketing adalah sesuatu yang harus dipahami dan dalam penerapan bisnis Anda, pastikan perencanaannya dengan tepat. Dengan berbagai penjelasan di atas, kini Anda tidak perlu lagi takut untuk bersaing secara langsung dengan bisnis-bisnis kelas atas. Perkenalkan produk yang ingin Anda pasarkan kepada konsumen dengan strategi yang terstruktur. Selamat menjemput perhatian konsumen dengan digital marketing!

Gian Permana Sidik

Gian Permana Sidik bergabung di Next Digital Indonesia sebagai Account Executive. Gian menghabiskan waktu luangnya dengan bernyanyi dan travelling. - Keep Istiqomah


Let's Connect.

PT. Nadi Digital Indonesia
Business Park Kebon Jeruk
Jl. Meruya Ilir No 88, Blok i no. 7
Jakarta Barat, 11620
t +62 21 3006 7981
e [email protected]

 

Be a part of our team.
e [email protected]