Marketing and Sales

Next Digital » Blog » Digital Marketing » By Koharudin Aziz On

Dalam pandangan umum, sering kita temukan bahwa sales dan marketing memiliki arti yang sama, yaitu jualan produk. Padahal yang dimaksud dengan marketing adalah kegiatan bisnis yang bertujuan untuk mempromosikan produk dan memuaskan konsumen, sementara fokus dari sales adalah pada penjualan produk yang bertujuan untuk meningkatkan omset perusahaan.
Di zaman sekarang untuk menjual produk lebih banyak ke pasar, maka sangat diperlukan strategi yang tepat.

 

Untuk memenangkan persaingan yang semakin hari semakin ketat, marketing dan sales tidak cukup untuk mempromosikan produk. Maka itu dibutuhkan adjustment berupa internet marketing. Apa itu Internet Marketing? itulah pertanyaan yang muncul ketika sebagian orang sudah mulai memilih jalan usaha sebagai internet marketer. Ada pernyataan bahwa internet marketing adalah jualan di internet. Pernyataan tersebut tidak salah, namun yang lebih tepatnya internet marketing itu adalah pemasaran secara online melalui internet. Pemasaran berarti tidak hanya tentang penjualan semata, tetapi termasuk promosi, branding serta membina hubungan dengan pelanggan secara online.
Sudah jadi berita umum bahwa hampir semua orang pernah menggunakan internet dan melakukan pencarian tentang produk atau jasa melalui search engine seperti google, yahoo, maupun sosial media yang lain. Promosi produk bisa kita lakukan tidak hanya dengan cara offline, tapi juga dengan cara online. Promosi online adalah salah satu bentuk dari internet marketing. Karena internet adalah salah satu media yang sangat efektif untuk membangun brand dan membuat website bisnis kita dikenal banyak orang.
Hal tersebut merupakan peluang yang sangat besar bagi Anda untuk memanfaatkan dunia maya sebagai lahan untuk mencari sebanyak-banyaknya calon pembeli. Sehingga apa yang Anda lakukan melalui digital marketing sebagai jalur yang memberikan feedback yang baik untuk bisnis Anda. Bila dikaitkan dengan digital marketing, maka sales dan marketing memiliki peran yang sama-sama dibutuhkan, dan digital marketing merupakan strategi marketing untuk menaikan sales yang bertujuan untuk menaikan profit perusahaan.
Dengan teknologi yang semakin berkembang sekarang ini, sales dan marketing tidak dapat berjalan masing-masing. Pada akhirnya, kita tidak akan lagi memperdebatkan mana yang lebih penting antara sales dan marketing.

 

Selamat menjemput customer dengan strategi bisnis yang tepat, internet adalah salah satunya!

Koharudin Aziz

Koharudin Aziz bergabung di Next Digital Indonesia sebagai Account Manager. Aziz menghabiskan waktu luangnya dengan berolahraga. - Life is like a Game


Let's Connect.

PT. Nadi Digital Indonesia
Business Park Kebon Jeruk
Jl. Meruya Ilir No 88, Blok i no. 7
Jakarta Barat, 11620
t +62 21 3006 7981
e [email protected]

 

Be a part of our team.
e [email protected]