Mengenal Viral Marketing, Strategi untuk menembus pasar modern bisnis online

Next Digital » Blog » Digital Marketing » By admin On

download

Di tahun 2016 ini, Penjualan produk  secara online semakin sangat menjanjikan,  apalagi dengan banyaknya metode pemasaran yang bisa dilakukan melalui digital ini, seperti contohnya adalah Viral Marketing, dimana banyak pelaku bisnis online yang menyatakan bahwa dengan cara ini memberikan efek yang paling besar terhadap promosi dan penjualan produk.

 

Viral marketing sejatinya hampir sama dengan konsep ‘word of mouth’ yakni menyebarkan pesan ke konsumen dengan cara penyebaran kata. Jadi bisa ditarik kesimpulan bahwa Viral Marketing saat ini adalah konsep pemasaran dengan memanfaatkan jejaring sosial di dunia maya, untuk dapat meningkatkan brand awareness produk ataupun perusahaan guna mendapatkan atau mencapai target yang diinginkan

 

Viral Marketing berkembang melalui pesan yang disebarluaskan di jejaring sosial dunia maya. Tujuannya adalah untuk menjadikan produk tersebut semakin meluas dan berkembang di dunia maya dengan cara melakukan duplikasi sebanyak banyaknya sehingga terus berkembang. Salah seorang pakar marketing di Amerika Serikat bahkan sempat menyatakan bahwa teknik Viral Marketing hampir sama dengan mendistribusikan virus komputer maupun virus biologi.

 

Sebelum kita melangkah lebih jauh mengenai penerapan dari Viral Marketing ini, ada baiknya kita harus memperhatikan tiga poin dasar dari Viral Marketing, yakni sebagai berikut:

 

Media

Syarat utama dan yang paling penting adalah media yang nantinya akan bertindak sebagai penyampai pesan yang akan disampaikan dari produk tersebut. media ini hendaknya memiliki jaringan sosial yang cukup kuat dan pastinya luas, dan dapat dengan mudah ditemukan oleh semua orang. Penggunaan jasa Digital Agency adalah salah satu pilihan yang tepat untuk mengurus kesemua hal tersebut

 

Campaign (kampanye)

Pembuatan sebuah pesan atau ajakan yang berupa kata-kata, gambar, ataupun video nantinya haruslah bersifat menarik, memiliki daya pikat, mengagumkan, dan yang paling penting adalah mudah diingat oleh orang banyak, serta mampu membuat orang banyak tergerak untuk terus mengikuti perkembangannya.

 

lingkungan dan waktu yang tepat

Sebelum melancarkan program Viral Marketing, kita harus memahami dulu lingkungan serta waktu yang tepat untuk dapat melancarkan pemasaran tersebut. Dengan kata lain, kita harus mengenal pasar yang akan kita tuju nantinya.

 

Konsep dan kreatifitas

Konsep yang menarik juga akan menambah kuat konten Viral Marketing, seperti misalnya menerapkan beberapa unsur humor, kejutan, menakutkan, yang dekat dengan kehidupan sehari-hari  dan lain-lain yang dirasa sangat mampu membangkitkan sebuah perasaan yang melekat setelah orang melihatnya. Dan yang paling penting dari semuanya adalah ide-ide kreatif yang tertuang dalam strategi bisnis.

 

Jadi, dengan kita menganalisa bahwa masyarakat saat ini selalu memiliki koneksi dengan internet, dan suka mengakses berbagai fitur gratis, maka Viral Marketing mampu untuk menembus strategi pemasaran modern untuk meningkatkan popularitas dari produk yang dipasarkan.

 

Jadi, apakah anda berminat untuk mencoba mengimplementasikan Viral Marketing pada produk anda? Segera bergabung dan temukan solusi nya  bersama Next Digital Indonesia, Digital Agency Jakarta  yang terkemuka dengan pengalaman lebih dari 7 tahun.

 

 

Sumber:  journal.socialights.id

admin


Let's Connect.

PT. Nadi Digital Indonesia
Business Park Kebon Jeruk
Jl. Meruya Ilir No 88, Blok i no. 7
Jakarta Barat, 11620
t +62 21 3006 7981
e [email protected]

 

Be a part of our team.
e [email protected]