Pentingnya Branding melalui Social Media

Next Digital » Blog » Digital Marketing » By Fahmi Juwanda On

Sosial media berkembang begitu pesat dan hampir semua orang menggunakannya baik untuk hal buruk atau baik. Ketika diawal Friendster dulu hadir mengawali era social media, banyak orang menggunakannya untuk saling berbagi dengan teman mereka dalam senda gurau dan sebagainya. Tidak sedikit juga orang memakainya untuk mencari kenalan, dan pasti kita masih ingat bagaimana Friendster dulu mengisi kehidupan digital dalam sehari-hari kita.

Lalu perkembangan social media pun berkembang, hadirlah Facebook dan Twitter yang keduanya ini mampu menggeser Friendster secara perlahan hingga pada 2011, Friendster benar-benar hilang dari peredaran dan diganti menjadi situs game. Terlebih sekarang bermunculan social media seperti PATH, dan Instagram.

Berjayalah Facebook, Twitter, PATH dan Instagram dan yang menarik adalah adanya manfaat yang semakin hari semakin nyata, yaitu aktifitas marketing melalui kedua social media tersebut, seperti branding, promosi bahkan berjualan online secara langsung.

Sekarang, hampir semua industri kecil dan besar dengan berbagai brand melibatkan diri mereka untuk melakukan aktifitas marketing seperti branding. Ketiga Social Media yang lebih banyak digunakan ( Facebook, Twitter dan Instagram ). Inilah salah satu manfaat dibalik penggunaan social media. Lalu timbul pertanyaan, seberapa pentingnya melakukan digital marketing melalui social media? Dan ini ulasannya.

1. Pengguna Social Media Semakin Luas

Lebih dari 1 milyar orang di seluruh dunia menggunakan Facebook,Twitter, dan Instagram. Beberapa pebisnis sekarang adalah generasi dengan usia dewasa yang memiliki kebutuhan berbeda-beda. Karena itu, masih banyak pangsa pasar yang masih luas untuk dikembangkan.

2.  Branding

Orang-orang lebih suka membeli produk yang merknya sudah populer. Selain itu, menurut penelitian sebuah strategi pemasaran, orang lebih memilih produk yang memiliki akun Facebook, Twitter dan Instagram, ketimbang pebisnis atau produk yang tidak memilikinya.

3. Semua Orang Lebih Mudah Terpengaruh Oleh Rekomendasi Teman Di Sosial Media

Dalam istilah marketing ini disebut Word of Mouth, dan Word of Mouth now goes digital in Social Media. Karena itu, pelanggan yang puas akan suatu produk, bukan tidak mungkin mereka akan merekomendasikannya kepada keluarga, saudara, dan teman-teman mereka.

4. Kepercayaan

Untuk masalah kepercayaan sangatlah penting. Pelanggan atau calon pelanggan biasanya melihat dulu testimonial dari pelanggan lebih dulu dari pebisnis yang memiliki account Facebook, Twitter, atau Instagram.

Jadi, social media sangat memberikan manfaat bagi pebisnis untuk melakukan digital marketing yang salah satunya branding dan kemudian menarik pelanggan lebih banyak lagi.

Salam penikmat kopi,

Fahmi Juwanda

Fahmi Juwanda bergabung di Next Digital Indonesia sebagai Account Manager. Fadel menghabiskan waktu luangnya dengan travelling. - Mentality is everything


Let's Connect.

PT. Nadi Digital Indonesia
Business Park Kebon Jeruk
Jl. Meruya Ilir No 88, Blok i no. 7
Jakarta Barat, 11620
t +62 21 3006 7981
e [email protected]

 

Be a part of our team.
e [email protected]