Penyebab Kegagalan Dalam Bisnis Online

Next Digital » Blog » Digital Marketing » By Mega Madinah On

Sebagaimana dunia bisnis pada umumnya, bisnis onlinepun tidak serta merta dapat memberikan perubahan hidup dengan penghasilan puluhan ribu USD dalam waktu sekejap. Apalagi secara instant mampu membuat Anda menjadi kaya raya sebagaimana banyak kita temui pada kebanyakan sales letter jualan.

Selain dibutuhkan konsep dan framework bisnis yang tertata, Anda juga harus mengenali hal-hal yang cenderung dapat menyebabkan Anda gagal dalam bisnis online. Terlebih bagi para pemula yang masih meraba-raba atau bahkan belum terjun ke dunia ini secara lebih jauh.

  • Minimnya Pengetahuan

Anda wajib dan harus punya pengetahuan pada apa yang akan Anda kerjakan. Tidak harus menguasai semua, tapi Anda wajib untuk mengetahui bidang yang sedang Anda kerjakan. Hal ini bisa diperoleh dengan mencari course terkait ataupun mencari mentor yang bersedia membantu Anda. Bukan yang justru akan menipu dan memanfaatkan Anda.

  • Lupa SEO

Anda sering lupa pada SEO (Search Engine Optimization). Penyebab yang paling umum adalah ketidaktahuan tentang SEO dan bagaimana menggunakannya dengan baik dan benar. Padahal SEO sangat penting untuk sebuah website, karena hal ini membantu calon konsumen untuk menemukan website dan produk Anda. Bagi pemula, ada banyak tools gratis yang sudah disiapkan oleh para developer SEO. Anda hanya perlu memastikan keyword yang sesuai dengan produk Anda.

Anda bisa menggunakan Google Adwords untuk mencari keyword-keyword yang populer dan sesuai dengan produk Anda. Plugin SEO pun sangat banyak, Anda hanya tinggal meng-install plugin tersebut di website Anda, kemudian masukan keyword yang relevan.

  • Nomor Telpon susah dihubungi

Terkadang, calon konsumen ingin cepat menghubungi Anda. Menghubungi melalui telepon adalah cara terbaik. Namun, terkadang beberapa nomor telpon yang ada di website susah dihubungi.

Jadi, pastikan nomor telpon yang Anda taruh di website adalah nomor aktif, sehingga ketika calon konsumen menelpon, mereka bisa menghubunginya. Sebaiknya, cantumkan juga nomor telepon lokal untuk melengkapi nomor handphone.

  • Target Awal yang Terlalu Besar

Hal ini menjadi salah satu penyebab yang jarang disadari.  Kebanyakan orang, ketika akan memulai bisnis cenderung langsung menentukan target awal yang terlalu besar tanpa perhitungan. Padahal parameter internal dan eksternal belum dipetakan dengan baik, tapi sudah berani memasang target terlalu tinggi.

  • Kurangnya Kesabaran

Anda tidak akan membuat ratusan juga pada bulan ketika Anda baru mulai pertama melangkah. Dibutuhkan waktu dan uji coba untuk membangun bisnis serta meningkatkan konversi Anda (Baca: Jatuh Bangun Menggapai Kesuksesan). Pada awalnya, Anda mungkin akan benar-benar menghabiskan sekian banyak modal. Dan ini adalah masa di mana banyak pada pebisnis yang menyerah tanpa memberikan waktu bagi bisnis mereka untuk tumbuh.

  • Monoton dan Tidak Ada Keunikan

Salah satu kesalahan yang cukup banyak terjadi adalah tidak adanya diferensiasi produk. Terlebih bagi Anda yang bermain di pasar yang padat pesaing. Amati pesaing, cari celah untuk inovasi, dan jual value pembeda itu. Keluarlah dari kerumunan agar mendapatkan perhatian.

  • Anti Media Sosial

Anda lupa terhadap platform media sosial, Anda lupa mengintegrasikannya ke website. Atau sebaliknya, Anda lupa mengintegrasikan website ke media sosialnya. Nah, jika Anda mempunyai akun Facebook, Twitter, Pinterest, Google+, LinkedIn, Foursquare, dan lain-lain, jangan lupa untuk mengintegrasikannya ke website.

Beruntungnya, saat ini semua platform media sosial sudah terintegrasi dengan website. Jadi, ketika Anda meng-update konten website maka secara otomatis akan ter-update di media sosial. Perlu diketahui, platform media sosial ini sangat ampuh untuk mendapatkan traffic ke website.

 

Mega Madinah

Mega Madinah bergabung di Next Digital Indonesia sebagai Admin Collection. Mega mengisi waktu luangnya dengan menonton film dan membaca. – A winner is a dreamer who never gives up


Let's Connect.

PT. Nadi Digital Indonesia
Business Park Kebon Jeruk
Jl. Meruya Ilir No 88, Blok i no. 7
Jakarta Barat, 11620
t +62 21 3006 7981
e info@nextdigital.co.id

 

Be a part of our team.
e career@nextdigital.co.id