Tips Mempersiapkan Training

Next Digital » Blog » Digital Marketing » By Nurhasanah Setianingsih On

Setelah lulus sekolah atau kuliah tentu saja yang paling kita harapkan adalah langsung diterima bekerja di tempat sesuai dengan minat kita. Berada di lingkungan baru dengan suasana baru dan pastinya tantangan baru. Biasanya dalam sebuah perusahaan memberlakukan masa percobaan atau training untuk setiap karyawan baru.

Dengan durasi bervariasi antara tiga bulan dan enam bulan, tujuan training ini adalah untuk membekali karyawan baru tentang ilmu dan keterampilan dalam bidang yang akan dia kerjakan. Berikut ada beberapa tips mempersiapkan training yang baik dan benar.
1. Persiapkan Materi
Materi yang disiapkan baiknya dalam bentuk soft copy dan hard copy. Materi dalam bentuk soft copy berfungsi ketika kita harus menjelaskan menggunakan proyektor. Sementara, materi hard copy dapat kita bagikan kepada peserta training sebagai handbook mereka. Materi yang dapat diberikan diantaranya materi umum seperti tentang profil perusahaan, struktur organisasi perusahaan, peraturan perusahaan,dan lain sebagainya.

2. Penjelasan Terstruktur
Menjelaskan point-per-point hal yang penting dengan detail dan berikan contoh nyata yang paling dekat dengan kehidupan sehari hari.

3. Jangan Menggurui
Posisikan diri bukan untuk mengajari tetapi lebih ke pada sharing/berbagi ilmu. untuk sebagian orang digurui akan sangat menyebalkan, oleh karena itu untuk lebih menghargai peserta training kita dapat sharing ilmu yang kita miliki dengan begitu akanlebih mengenai sasaran.

4. Praktikan
Praktikan langsung akan lebih mudah di pahami dibanding hanya materi teks. Jika kita mempelajari sesuatu hal yang baru memang akan lebih mudah jika langsung mempraktikannya.

5. Evaluasi
Lakukan evaluasi berupa pertanyaan tetang materi yang sudah diberikan untuk mengetahui sejauh mana memahami materi yang di berikan.

6. Jelaskan kembali yang belum di pahami

Nurhasanah Setianingsih

Nurhasanah Setianingsih bergabung di Next Digital Indonesia sebagai Account Manager. Acha menghabiskan waktu luangnya dengan menonton drama korea dan memasak. - Think positive and positive things will happen


Let's Connect.

PT. Nadi Digital Indonesia
Business Park Kebon Jeruk
Jl. Meruya Ilir No 88, Blok i no. 7
Jakarta Barat, 11620
t +62 21 3006 7981
e [email protected]

 

Be a part of our team.
e [email protected]