Mengapa Apps Store Optimization (ASO) Penting Bagi Persaingan Aplikasi Mobile Di Indonesia?

Next Digital » Blog » By Fadli Zufwari On

Dengan lebih dari 2 juta aplikasi  mobile yang ada di app store, bagaimana caranya agar aplikasi anda mudah ditemukan?. Hal ini menjadi isu terbesar  saat ini yang harus dihadapi oleh setiap aplikasi yang baru diluncurkan. Jika saat ini anda sedang berkecimpung di ranah aplikasi mobile, sangat penting untuk memahami beberapa metode pemasaran  aplikasi tersebut.  Dan di artikel kali ini kami akan membagikan salah satu teknik yang cukup penting yang sering dilewatkan oleh banyak pemilik aplikasi, yaitu App Store Optimization (ASO)

 

Jadi, apa yang dimaksud dengan ASO?

 

Selain sebagai Salah Satu SEO Agency Indonesia Terbaik, Kami di Next Digital juga telah melakukan riset dan penelitian mendalam terhadap pengaruh ASO pada kebutuhan persaingan aplikasi mobile di  Indonesia, dan telah menerapkannya kepada klien-klien kami.  Sesuai namanya, App Store Optimization (ASO) adalah salah satu cara  optimasi aplikasi mobile untuk meningkatkan ranking  atau posisinya di pencarian app store / playstore. Semakin tinggi ranking aplikasi anda di pencarian app store, maka semakin mudah dilihat oleh pengguna (user) yang cukup potensial. Peningkatan posisi dan ranking aplikasi tersebut juga cenderung menghasilkan jumlah traffic yang lebih untuk halaman aplikasi anda di app store.

 

(Baca Juga: Cara mudah dapatkan 1 juta download user bagi aplikasi mobile anda)

(Baca Juga: 7 Elemen Yang Harus Diperhatikan Untuk Mengukur Efektifitas Aplikasi Mobile)

 

 

Secara umum, Tujuan utama dari penggunaan ASO adalah untuk menggiring banyak traffic ke halaman aplikasi anda di appstore, sehingga dari pencarian tersebut akan berakhir pada satu tindakan yang paling anda inginkan sebagai pemilik aplikasi, yaitu mendownload aplikasi anda!

 

Proses menggunakan ASO juga membutuhkan pemahaman yang sangat penting berdasarkan target konsumen atau pengguna yang anda inginkan, termasuk dengan  menggunakan ‘keywords’ (kata kunci) yang sering digunakan oleh para pengguna potensial untuk mencari  dan menemukan aplikasi yang serupa dengan aplikasi milik anda. Tak hanya sampai disitu, ketika anda mencoba mempelajari lebih dalam mengenai kata kunci mana yang paling sering digunakan, ada baiknya anda juga harus memahami bahasa dari pengguna potensial anda (ini menjadi salah satu bagian yang sangat penting dari sebuah Strategi pemasaran aplikasi)  Contohnya, jika anda ingin menargetkan pengguna yang ada di Indonesia saja anda bisa menggunakan bahasa Indonesia, atau jika ingin lebih bersifat universal, anda bisa menggunakan bahasa inggris.

 

Mengapa ASO Menjadi Begitu Penting?

 

Menurut riset yang telah kami lakukan antara tahun 2015-2016, ada lebih dari 40% pengguna yang mencari sebuah aplikasi melalui pencarian app store,  Persentase ini menunjukkan bahwa pencarian di app store adalah metode yang paling banyak digunakan untuk mencari tahun dan mendownload aplikasi terbaru, setelah sebelumnya pengaruh yang paling besar ada pada pengaruh orang-orang terdekat (Word Of Mouth) sebesar 52%

Next Digital Indonesia - cara pengguna mencari tahu sebuah aplikasi

 

Jadi secara mudah, jika tidak menggunakan ASO untuk meningkatkan peringkat pencarian aplikasi anda di app store/playstore, maka harus disayangkan, anda telah melewatkan saluran (channel) terbesar di dunia yang tersedia untuk memasarkan aplikasi anda.

 

Dengan ratusan ribu aplikasi yang terus berlomba satu sama lain untuk meningkatkan peringkatnya di pencarian app store, muncul sebuah kenyataan yang cukup mencengangkan bahwa kebanyakan dari pemilik dan pengembang aplikasi tidak menggunakan ASO!

 

Jadi tunggu apalagi, ASO bisa menjadi senjata rahasia anda. segera luangkan waktu setiap minggunya untuk meningkatkan ASO bagi aplikasi anda, dan anda akan merasakan dampak yang sangat signifikan dari peningkatan peringkat aplikasi anda di Appstore, dan kesuksesan secara keseluruhan.

 

Bagaimana Mekanisme Kerja  dari ASO?

 

Mari kita mulai dengan langkah yang sederhana dahulu, yaitu mempelajari beberapa bagian yang mempengaruhi ASO :

Next Digital Indonesia- Komponen ASO

Faktor Utama

Title (judul)

Penempatan kata kunci di judul seharunya menjadi salah satu penunjang traffic pencarian. Luangkan waktu untuk melakukan riset kata kunci mana yang tepat untuk diletakkan di Judul. Karena bila anda terlalu sering mengganti judul untuk memasukkan kata kunci yang berbeda-beda akan sangat merugikan.  Setelah aplikasi anda berhasil merangkak naik dan mendapatkan banyak review, kabar tersebut akan sangat cepat menyebar di kalangan pengguna melalui word of mouth (mulut lewat mulut),

 

Keywords (kata kunci)

Untuk meningkatkan peringkat pencarian aplikasi, anda harus tahu terlebih dahulu kata kunci mana yang cukup relevan dan paling sering digunakan oleh target audience anda, ataupun pengguna yang potensial. Dengan cara ini juga membantu anda untuk memantau perbandingan antara aplikasi anda dengan kompetitor dari minggu ke minggu.

 

Faktor Pendukung

Jumlah download pada aplikasi

Jumlah download pada aplikasi sangat berperan penting pada ASO, tapi anda tidak terlalu memiliki kendali secara penuh terhadap jumlah download ini.

 

Rating Dan Review

Ini juga menjadi salah satu hal yang sangat penting, tetapi  masih sulit untuk dikontrol. Namun, terdapat beberapa cara untuk memotivasi agar pengguna (user) menjadi senang dan memberikan penilaian serta ulasan yang baik mengenai aplikasi anda.

Penting! ASO Selalu Membutuhkan Banyak Waktu

 

ASO merupakan sebuah proses yang membutuhkan pantauan secara konstan dan terus menerus selama beberapa periode waktu. Pengaturan kata kunci yang paling bagus sangat jarang bisa dijadikan pilihan saat pertama kali aplikasi anda berada di app store.

Next Digital Indonesia - langkah sukses ASO

 

saat ini, pendekatan yang paling umum untuk ASO adalah tidak adanya pendekatan sama sekali!. Para Developer aplikasi seringkali menentukan kata kunci, dan menulis deskripsi aplikasi mereka di detik-detik terakhir selama proses pengajuan aplikasi. Pada umumnya, hanya ada sedikit atau bahkan tidak ada riset yang dilakukan sama sekali  mengenai pencarian kata kunci yang berlaku sebelum melakukan pengajuan aplikasi di app store, dan pada akhirnya aplikasi tersebut tidak dapat ditemukan di pencarian.

 

ASO memiliki efek dramatis bagi banyak pemilik aplikasi. Bagi mereka yang meluangkan waktu untuk memahami, belajar, dan melakukan percobaan terhadap ASO maka aplikasi tersebut akan mengalami peningkatan download dengan skala 2x hingga 10x lipat, dan juga mengalami peningkatan pendapatan dengan skala yang sama, atau bahkan lebih besar. ASO memang  sebuah proses yang tidak mudah, dan mungkin anda juga tidak melihat dampaknya setiap malam. Tapi jika anda berniat untuk berinvestasi didalamnya, hasilnya bisa sangat berharga.

-Ian Sefferman, CEO of MobileDevHQ –

 

para developer atau pemilik aplikasi harus secara konsisten melakukan pengecekan terhadap peringkat aplikasinya, maupun peringkat dari para kompetitor lainnya setiap waktu. Ingat! Setiap hari ada banyak aplikasi baru yang dipasarkan, dan itu juga akan berpengaruh terhadap rating baru, review, download, akan berdampak pada ranking pencarian aplikasi anda. Selalu lakukan tes dan eksperimen dengan kata kunci anda secara konsisten untuk mendapatkan posisi dan peringkat terbaik di appstore, serta untuk mendapatkan traffic lebih banyak untuk mendownload aplikasi anda.

Tips Untuk Meningkatkan ASO

 

Dan untuk melengkapi artikel ini, tak lupa Next Digital Indonesia akan membagikan beberapa tips singkat untuk meningkatkan teknik yang mampu mempengaruhi  ASO, antara lain sebagai berikut:

 

Next Digital Indonesia - tips sukses ASO

 

 

Menurut apptentive, dengan memiliki kata kunci di judul aplikasi anda dapat meningkatkan ranking pencarian aplikasi anda terhadap kata kunci tersebut sebesar 10,3 %.

Tips: Cara terbaik yang bisa anda gunakan adalah dengan menempatkan kata kunci yang paling relevan di judul, tanpa harus memperhatikan tingkat kesulitan dari kata kunci tersebut.

 

 

Selalu cek dan lakukan pantauan secara berkala mengenai kata kunci milik anda, ataupun bagaimana pergerakan dari kompetitor, sediakan waktu dan usaha anda.

Tips: Untuk bisa mendapatkan fokus ASO yang tepat bagi aplikasi anda, gunakan berbagai layanan seperti Next Digital Indonesia yang mampu melakukan pengecekan terhadap ranking pencarian aplikasi anda, menganalisa kata kunci, pemilihan kata kunci yang tepat, sekaligus menganalisa pergerakan dari kompetitor lainnya.

 

Next Digital Indonesia- Fungsi Kata Kunci pada Aplikasi Mobile

 

Aplikasi dengan rating yang lebih tinggi juga akan mendapatkan ranking yang lebih tinggi pula. Akan tetapi, peningkatan ini justru meninggalkan dilema yang rumit. Contohnya anda menginginkan rating yang lebih sekaligus review, akan tetapi secara bersamaan anda juga tidak menginginkannya jika rating dan review tersebut bersifat negatif.

Tips: Jadi disini, anda dituntut untuk dapat terhubung dengan konsumen didalam aplikasi anda. Berikan mereka sebuah wadah untuk berbicara langsung dengan anda, sehingga para pengguna aplikasi anda akan berpikir bahwa anda memang benar- benar perduli dengan mereka. Dengan cara ini anda justru juga mendapatkan kelebihan lain, yaitu meningkatkan retention pada aplikasi.

 

Kesimpulan

 

Untuk mendapatkan kesuksesan maksimal menggunakan ASO, kunci utama yang harus anda lakukan adalah membagi waktu anda dan berusaha untuk selalu Fokus pada Aplikasi anda.  Jika anda melakukannya, maka anda akan memiliki cara yang konsisten untuk menggiring traffic dalam jumlah yang besar langsung ke aplikasi milik anda.

 

 

Fadli Zufwari

Fadli Zufwari bergabung di Next Digital Indonesia sebagai Creative Content Writter. Fadli memiliki hobi bermain musik dan menggambar ilustrasi serta seorang Digital Marketing enthusiast dan adrenaline junkie. "know your past to know your future"


Let's Connect.

PT. Nadi Digital Indonesia
Business Park Kebon Jeruk
Jl. Meruya Ilir No 88, Blok i no. 7
Jakarta Barat, 11620
t +62 21 3006 7981
e [email protected]

 

Be a part of our team.
e [email protected]