Mengenal “niche”, salah satu trik sukses internet marketing

Next Digital » Blog » By admin On

4

 

Mungkin sebagian dari anda yang sering berkutat dengan dunia bisnis internet, digital agency, serta bagi yang sering atau punya blog pasti pernah mendengar kata “niche”, namun masih bertanya-tanya apakah arti sebenarnya dari niche tersebut.

Dalam dunia bisnis internet marketing, penggunaan niche yang unik sangat dianjurkan untuk mendapatkan untung yang besar. Lantas,  apa sebenarnya yang dimaksud dengan kata niche itu sendiri?. secara teknis, niche adalah suatu kata yang dikhususkan bagi sesuatu yang penting untuk mencapai target marketing. Sedangkan menurut wikipedia, niche adalah bagian dari sektor pasar yang sudah difokuskan dan ditargetkan. selain penggunaan kata kunci, niche juga membutuhkan target, siapa serta lokasi yang tepat untuk barang atau jasa yang akan anda pasarkan.

Jadi dari beberapa pengertian diatas, bisa ditarik kesimpulan bahwa niche adalah pembahasan mengenai suatu topik yang difokuskan tanpa membahas berbagai topik lainnya.

Niche juga bisa dikatakan sebagai topik utama dari pembahasan suatu blog atau website. Sebagai contoh, bila sebuah blog maupun website membahas tentang masakan khas indonesia, tentu yang akan dibahas dalam blok tersebut adalah berbagai jenis masakan khas yang ada di Indonesia. Dan jangan sekali-sekali melakukan pembahasan diluar dari topik utama tersebut.

Dan berikut  adalah beberapa hal yang perlu diketahui untuk lebih mengenal  dan mengetahui  cara  menggunakan niche blog atau website untuk internet marketing:

 

Keuntungan menerapkan niche di blog ataupun website

  1. penggunaan niche akan dikhususkan kepada satu topik saja, dengan begitu pencarian dan pembahasan topik menjadi semakin sempit dan menjadi lebih fokus untuk dibahas.
  2. dengan menerapkan niche pada sebuah blog atau website, maka google akan mengakui keunikan dari sebuah website atau blog tersebut, dan akan masuk sebagai website otoritas dalam pencarian google.
  3. melalui penerapan niche, selanjutnya untuk menggunaan SEO akan jauh lebih mudah, karena hanya berfokus pada satu topik atau pembahasan saja.

 

Berbagai jenis niche

 

Whole niche :    niche yang paling sering dan umum digunakan oleh para pemilik blog atau website, yakni membahas tentang semua jangkauan dari topik tersebut

Broad niche:       sedikit berbeda dengan whole niche, pembahasan yang dilakukan tidak tentang keseluruhan topik, melainkan diambil dari sebagian besarnya saja.

Themed niche:  suatu niche yang terfokus kepada satu topik tertentu tanpa ada membahas tentang topik yang terkait lainnya.

Micro niche:       dan yang terakhir adalah penggunaan niche yang sangat terfokus, begitu sempit, terarah, dan benar-benar sangat detail.

 

Jadi, dari beberapa penjelasan diatas dapat dikatakan bahwa niche adalah bagian dasar atau persiapan awal bila ingin menjalankan suatu bisnis internet marketing. Bila anda menginginkan suatu niche yang populer ataupun selalu dicari oleh orang banyak, beserta dengan SEO yang tepat, anda bisa bergabung dengan Next Digital, SEO agency jakarta yang akan membantu menjadikan bisnis internet anda berada di puncak kesuksesan.

 

Sumber: cerita21.wordpress.com

admin


Let's Connect.

PT. Nadi Digital Indonesia
Business Park Kebon Jeruk
Jl. Meruya Ilir No 88, Blok i no. 7
Jakarta Barat, 11620
t +62 21 3006 7981
e info@nextdigital.co.id

 

Be a part of our team.
e career@nextdigital.co.id