Optimasi UAC, Cara Cepat Mendapatkan User Acquisition Aplikasi Mobile

Next Digital » Blog » By Fadli Zufwari On

 

 

?Salah satu kunci sukses untuk mendapatkan target Cost ?per-install Sebuah Aplikasi Yang menggunakan UAC,  adalah proses optimasi secara terus menerus.?

 

Setiap hari, ada ratusan bahkan ribuan Aplikasi yang didownload para pengguna mobile di seluruh dunia. Bayangkan! jika Aplikasi yang sedang anda kembangkan hanyalah sebagian kecil dari ribuan aplikasi serupa yang ada di Playstore atau App Store, apakah Aplikasi milik anda masih tetap mencuri perhatian para pengguna mobile?

 

Sementara menurut riset, rata-rata pengguna mobile memiliki sekitar 31 aplikasi yang di install di smartphone mereka, dimana ada 15 yang merupakan aplikasi bawaan sementara 16 lainnya merupakan aplikasi yang di install sendiri. Dan dari keseluruhan aplikasi tersebut, hanya 26% saja yang digunakan setiap hari, dimana aplikasi lainnya terbengkalai begitu saja, atau bahkan belum pernah digunakan sama sekali.

 

Lantas bagaimana dengan nasib aplikasi yang anda kembangkan?

 

Saat ini, Google telah menciptakan sebuah sistem baru untuk memasarkan aplikasi dengan cara yang lebih mudah dan efektif melalui Universal Apps Campaign atau yang biasa disingkat dengan UAC. Melalui penggunaan UAC ini, para pemilik dapat melakukan pemasaran aplikasi  milik mereka hanya melalui satu campaign yang mampu menjangkau para pengguna mobile secara keseluruhan (universal).  Jadi, anda hanya perlu melakukan satu langkah lagi, untuk mendorong kesuksesan pemasaran tersebut, yaitu dengan melakukan proses optimasi UAC tersebut secara terus menerus.

 

(Baca Juga: Cara Mudah Dapatkan 1 juta Download User Bagi Aplikasi Mobile Anda)

 

 

Mengapa Optimasi UAC Begitu Penting?

Dengan melakukan proses optimasi ini, anda tak perlu takut lagi jika Aplikasi yang anda kembangkan tidak ?dilirik? oleh para pengguna Smartphone yang ada. Bahkan, Aplikasi anda bisa dengan mudah menjadi favorit Pengguna dan dipastikan berada  di setiap Smartphone baik Android maupun iOS, Sekaligus mendapatkan peluang lebih besar untuk berada di peringkat 10 teratas aplikasi favorit di Playstore maupun Appstore

 

Disini, Kami memahami bahwa untuk mendapatkan keseimbangan yang sempurna antara target cost-per-install (TCPI) dan total install Aplikasi per minggunya melalui sistem UAC yang ditawarkan Google, dibutuhkan beberapa tahapan optimasi yang tepat.  Untuk itu, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan waktu dan optimasi yang maksimal terhadap 3 Faktor Penentu Kesuksesan Yang Harus Disiapkan Sebelum  Menggunakan Universal Apps Campaign. Sehingga pada akhirnya akan menghasilkan Cost-Per-Acquisition (CPA) yang tepat dan sesuai bagi aplikasi anda.

 

Peluang Mendapatkan Pengguna Aplikasi Yang Berkualitas Dan Loyal

Sebelumnya Anda sudah mengetahui bahwa ada sekitar jutaan pengguna mobile yang melakukan pencarian terhadap berbagai aplikasi di appstore maupun Playstore setiap harinya. Dan tidak semua dari para pengguna tersebut benar-benar mencari aplikasi yang mereka butuhkan. Setidaknya, mereka hanya melakukan pencarian untuk mencoba-coba setiap aplikasi baru yang ada.

 

Sehingga, dengan melakukan optimasi secara tepat pada sistem UAC, akan memberikan peluang yang lebih besar bagi anda. Google akan meneliti secara mendalam , menentukan dan  mendapatkan User (pengguna)  berkualitas dan berpotensi untuk  mendownload aplikasi tersebut sekaligus berpotensi untuk menyimpan lama aplikasi anda di dalam smartphone yang mereka miliki.

 

Google secara langsung akan mendeteksi pengguna mana yang memang sesuai untuk aplikasi anda berdasarkan minat pencarian mereka sebelumnya di appstore ataupun Playstore yang mirip atau serupa dengan aplikasi yang telah anda ciptakan

 

 

Pada akhirnya, yang perlu anda lakukan hanyalah tinggal melihat peningkatan terhadap jumlah traffic yang masuk setelah dilakukan optimasi  secara berkala tersebut, sembari melakukan beberapa  pengukuran efektifitas terhadap  Aplikasi mobile anda, dan bersiaplah untuk mendapatkan ribuan hingga jutaan pengguna yang download dalam waktu singkat!

 

 

 

 

Ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Mobile Apps Marketing ataupun Digital Marketing lainnya yang sesuai dengan kebutuhan bisnis?

 

Segera bergabung bersama kami di NextDigital.co.id, salah satu Digital Agency Jakarta sekaligus partner resmi Google, yang didukung dengan tim ahli dan berpengalaman lebih dari 7 tahun. Kami yakin mampu memberikan solusi terbaik untuk menjembatani kesuksesan bisnis anda secara online tanpa harus menunggu lama.

 

Fadli Zufwari

Fadli Zufwari bergabung di Next Digital Indonesia sebagai Creative Content Writter. Fadli memiliki hobi bermain musik dan menggambar ilustrasi serta seorang Digital Marketing enthusiast dan adrenaline junkie. "know your past to know your future"


Let's Connect.

PT. Nadi Digital Indonesia
Business Park Kebon Jeruk
Jl. Meruya Ilir No 88, Blok i no. 7
Jakarta Barat, 11620
t +62 21 3006 7981
e info@nextdigital.co.id

 

Be a part of our team.
e career@nextdigital.co.id