Pentingnya Penggunaan Grid Dalam Desain

Next Digital » Blog » By Arif W.R On

Grid memungkinkan desain yang logis, masuk akal, dan mudah dipahami. Penggunaan grid juga mempermudah penyampaian alur informasi dalam desain. Mari kita bandingkan dua layout berikut.

Sekarang banyak fasilitas yang sangat membantu kita untuk melakukan development secara cepat. Hal ini juga yang terjadi pada CSS. Terdapat berbagai macam framework yang ada, namun disini saya sendiri sering sekali menggunakan 960 grid system.

Hal ini pertamanya, karena desainer tempat saya bekerja menggunakan grid 960 sebagai base dari template yang ia buat. Disini saya akan menceritakan keuntungan dari 960 grid system yang saya rasakan, diantaranya adalah :

  • Tidak perlu membuat css dari awal

Ya memang benar, dengan menggunakan framework css, saya tidak perlu membuat css dari awal. Saya tinggal menggunakan semua fasilitas dari class class yang telah dideklarasikan oleh framework ini.

  • Tidak perlu membuat block-block

Framework ini sudah menginisialisasikan block-block yang terdapat didalamnya, sehingga sangat membantu.

  • Developer dan Designer memilik aturan yang sama

Hebatnya 960 grid system ini, selain dia membuatkan css-nya, dia juga menggunakan template psd-nya. Sehinggal block-blocknya tertata rapih. Dan saya sebagai developer, tinggal melihat, block apa yang ia gunakan.

  • Kompatibilitas crossbrowser baik

Terkadang, saat kita membuat block-block dari awal, saya harus melakukan cek berbagai macam type browser untuk melihat apakah css yang saya buat sesuai atau tidak. Dengan framework, setidaknya saya merasa terbantuk untuk masalah ini.

  • Waktu pengerjaan lebih cepat

Dengan tidak membuat css dari awal, saya sangat terbantu untuk mempersingkat waktu pembuatan dari project yang sedang saya kerjakan.

Selain yang saya sebutkan, masih banyak keuntungan yang bisa dirasakan secara berbeda-beda oleh setiap orang.

Arif W.R

Arif W.R bergabung di Next Digital Indonesia sebagai Graphic Designer. Arif menghabiskan waktu luangnya dengan bermain musik dan menonton film. - Belajarlah menjadi kaya, janganlah belajar prihatin


Let's Connect.

PT. Nadi Digital Indonesia
Business Park Kebon Jeruk
Jl. Meruya Ilir No 88, Blok i no. 7
Jakarta Barat, 11620
t +62 21 3006 7981
e [email protected]

 

Be a part of our team.
e [email protected]