Pentingnya User Experience Bagi Bisnis Online Di Indonesia 2017 (Web Dan Mobile)

Next Digital » Blog » By Fadli Zufwari On

Apakah yang pertama Anda rasakan ketika membuka sebuah website atau aplikasi? Yap, pastinya adalah tampilan dan isi dari website ataupun aplikasi tersebut, apakah mampu menarik perhatian Anda untuk terus berlama-lama dan menghabiskan waktu ?bermain-main? di dalamnya, atau malah langsung beralih ke website atau aplikasi yang lain karena terlalu monoton dan membosankan.

 

(Baca Juga: Ketika Digital Mampu Menggiring Konsumen Ke Toko Fisik 2017)

 

Dalam dunia pemasaran bisnis secara digital (digital marketing), tampilan website ataupun aplikasi  yang mampu membuat betah para pengguna dikenal dengan istilah User Experience (UX); yang berarti sebuah sensasi pengalaman serta kepuasaan bagi siapa saja yang melihat ketika membuka sebuah website ataupun aplikasi mobile. Sensasi inilah yang pada akhirnya akan dapat mempengaruhi kualitas website dan aplikasi mobile yang Anda miliki untuk mendapatkan ratusan atau bahkan ribuan orang yang berbondong-bondong ingin melihat. Tak hanya sampai disitu, bahkan hal ini juga bisa mempengaruhi orang-orang untuk selalu kembali mengunjungi website/aplikasi tersebut secara rutin dan terus menerus, hingga bahkan menjadi konsumen tetap yang loyal.

 

?79% Konsumen akan bosan lalu meninggalkan dan akan memilih produk lainnya yang sejenis bila tidak mengoptimalkan konten dan tampilan website atau mobile apps sebuah bisnis online? (Experience Dynamics)

 

 

user experience statistik indonesia 2017 - next digital indonesia- digital agency- web agency indonesia

Sumber: emarketers2016

Tak cukup dengan keren, tapi harus bisa ?melekat di hati?

Website ataupun aplikasi akan menjadi tempat paling ?ampuh? untuk mencerminkan maupun menyampaikan pesan dari brand/produk yang Anda tawarkan. Maka dari itu User Experience, seperti pola tampilan, warna, fitur, penempatan setiap isi konten, hingga tingkat kecepatan akses website akan menjadi penentu yang paling berpengaruh, apakah yang Anda tawarkan bisa langsung diterima oleh konsumen tanpa harus berpikir dua kali.

 

(Baca Juga: Tips Membuat Website Lebih Menarik)

 

Namun Sayangnya hingga tahun 2017 saja, masih saja banyak para penggiat bisnis online yang masih belum memperhatikan hal ini sebagai sebuah kebutuhan dalam pemasaran brand ataupun produk mereka secara digital. Padahal, jika seorang pebisnis online memahamai User Experience  walaupun kulitnya saja, maka sudah dapat dipastikan bahwa ia telah memegang kunci untuk mendapatkan hati konsumen dengan ?emotional touch?. Sehingga konsumen merasa bahwa ia tidak lagi berhubungan dengan komputer atau gadget, melainkan langsung berhubungan dengan sang penjual. Ini jugalah yang nantinya bisa menjadi faktor pendukung mendapatkan konsumen yang loyal, ROI yang dapat diprediksi, serta tentunya peningkatan penjualan.

 

?95 %  Konsumen mengaku setuju dengan pernyataan bahwa pengalaman terbaik saat mengakses sebuah website ataupun aplikasi, yaitu menampilkan sesuatu yang masuk akal? (Experience Dynamics)

 

 

Berdasarkan beberapa data diatas, maka setidaknya ada poin-poin yang harus perhatikan ketika ingin membentuk User Experience yang mampu melekat di hati konsumen, antara lain seperti:

 

 

tren user experience indonesia 2017 - next digital indonesia- digital agency - web agency indonesia

 

Semua berawal dari mata dan kemudian turun ke hati

Mulailah dari sekarang berfikir kreatif dan inovatif untuk menciptakan sebuah tampilan web ataupun aplikasi mobile bisnis Anda. Dan ingat! semua orang benci dengan hal yang ribet Begitupun dengan calon konsumen Anda, Jadi buatlah desain yang tidak terlalu rumit untuk dilihat. Ada baiknya bagi sebuah bisnis online untuk berkonsultasi dengan sebuah web agency Indonesia profesional untuk mendapatkan hasil tampilan dan titik fokus yang tepat bagi produk yang Anda tawarkan.

 

 

 

trend user experience indonesia 2017 - next digital indonesia - digital agency - digital agency jakarta

 

Buat konsumen bebas memilih dan seperti berada di rumah sendiri

Beri kebebasan pengunjung untuk melakukan apa saja di website ataupun aplikasi mobile Anda. Dengan begitu konsumen akan merasa dimanjakan dengan bebas menentukan pilihan mereka sendiri. Buatlah mereka sibuk menentukan pilihan warna, harga, spesifikasi, ataupun lainnya dari produk yang anda tawarkan, sehingga pada akhirnya yang mereka pikirkan hanyalah ingin segera membeli dan memiliki produk Anda dengan segera!

 

 

user experience mobile indonesia 2017 - next digital indonesia - digital agency - digital agency jakarta

 

Semua orang suka dengan yang cepat dan pasti!

Semua konsumen menginginkan sebuah proses yang cepat, tidak perduli seberapa lelahnya Anda dalam melakukannya, tapi itu adalah faktanya!. Jika Anda ingin mendapatkan pelanggan yang loyal, yang selalu membeli tiap produk terbaru Anda, maka sudah saatnya memprioritaskan proses akses web ataupun aplikasi mobile yang cepat serta proses pembelian yang cepat pula.

 

 

Sekarang jamannya semua di akses dari Smartphone, mengapa Anda tidak?

Menurut hasil survey yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet di Indonesia (APJIII) pada tahun 2016 yang lalu, media yang paling banyak digunakan untuk mengakses Internet dan bisnis online  di Indonesia adalah Smartphone, yakni 67,2 juta (47,6%). Sangat jauh bila dibandingkan pengguna komputer yang hanya sebesar 2,2 juta jiwa (1,7%). Dan hasil ini tentunya juga akan terus mengalami perkembangan di tahun berikut-berikutnya.

 

Lantas, Anda tentu tidak ingin melewatkan 67,2 juta calon konsumen Anda begitu saja, bukan?

  

 

website responsive - user experience indonesia 2017- next digital indonesia- digital agency- web agency indonesia

 

Website yang mudah di akses melalui  Smartphone

ini berhubungan dengan banyaknya website diluar sana yang tidak cocok bila diakses dengan smartphone karena terlalu berat, atau bahkan tampilannya yang terpotong. Maka, bisnis online yang Anda jalankan harus memiliki kemampuan website responsive.

Website responsive sendiri adalah istilah bagi sebuah website yang mampu ditampilkan secara utuh di berbagai perangkat internet tanpa mengurangi tampilan ataupun membuatnya menjadi berat untuk di akses di ukuran layar Smartphone yang berbeda-beda. Jadi dengan kata lain, Website yang Anda miliki harus ?membuka cabang? melalui Smartphone untuk meraih keuntungan yang lebih besar dengan memanfaatkan fenomena mobile ini.

 

 

Kesimpulan

Dengan teknologi serta tingkat intelektualitas konsumen yang semakin tinggi, akhirnya konsumen pun semakin ?manja?. Maka setiap brand dituntut untuk lebih ekstra kreatif dan inovatif dalam mempromosikan produknya, khususnya di digital. Di tahun 2017 ini juga banyak tren digital marketing yang telah mengalami perubahan yang cukup signifikan. Jadi dengan memahami segala  tren, pengalaman serta perilaku konsumen, maka justru konsumen lah yang semakin ?manja? dengan produk Anda.

 

 

Jangan lupa berikan tanggapan Anda terhadap artikel User Experience 2017 ini di kolom komentar. Selain itu, sebagai Web Agency Indonesia, kami juga sangat ingin mendengar segala keluhan Anda saat ini mengenai urusan pemasaran digital lainnya, silahkan hubungi kami di nomor yang tertera atau langsung mengunjungi NextDigital.co.id

 

 

Fadli Zufwari

Fadli Zufwari bergabung di Next Digital Indonesia sebagai Creative Content Writter. Fadli memiliki hobi bermain musik dan menggambar ilustrasi serta seorang Digital Marketing enthusiast dan adrenaline junkie. "know your past to know your future"


Let's Connect.

PT. Nadi Digital Indonesia
Business Park Kebon Jeruk
Jl. Meruya Ilir No 88, Blok i no. 7
Jakarta Barat, 11620
t +62 21 3006 7981
e info@nextdigital.co.id

 

Be a part of our team.
e career@nextdigital.co.id