SEO vs PPC Mana Yang Lebih Memberikan Profit Untuk Bisnis Anda?

Next Digital » Blog » Search Engine Marketing » By gita On

seo-vs-ppc

Bagi pelaku bisnis yang menjalankan bisnisnya lewat digital pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah SEO dan PPC. Bahkan, mungkin Anda melakukan salah satu dari teknik tersebut untuk meningkatkan profit bisnis Anda.

SEO atau Optimasi Search Engine merupakan teknik untuk membuat halaman website Anda berada pada posisi pertama pada mesin pencari. Tentunya dengan mengoptimasi keyword yang relevan dengan bisnis Anda. Sementara itu, PPC merupakan teknik untuk mengiklankan website Anda dengan membayar biaya setiap klik ke salah satu iklan tersebut dan audiens diarahkan ke halaman web Anda.

Lalu, dari SEO dan PPC tahukah Anda yang mana yang lebih menguntungkan bisnis Anda? Kelebihan SEO adalah pemilik website akan mendapatkan keuntungan tanpa mengeluarkan biaya promosi untuk melakukan pemasangan iklan dan lain sebagainya seperti yang di lakukan optimisasi secara PPC.  Biaya SEO organic jauh lebih murah di banding PPC.

Sementara itu, kelebihan PPC adalah pemilik website tidak harus membuat website sesuai dengan kriteria seperti yang di lakukan secara SEO organic. Tidak perlu memperhatikan onpage dan offpage optimization dan bukan itu saja website yang menggunakan PPC tidak perlu menunggu berhari-hari, berminggu-minggu dan berbulan-bulan agar website bisa berada di halaman yang mudah di temukan.

Namun jika Anda pengusaha kecil dengan anggaran yang terbatas, PPC kurang efektif. Jika tujuan Anda hanya menyebarkan informasi dan halaman Anda tidak berhasil melakukan penjualan, maka sebaiknya Anda lebih baik tidak menggunakan PPC. Anda membayar untuk pelanggan melihat website Anda dan jika tidak ada yang didapat dari sana setelah halaman tersebut telah dilihat, maka biaya itu yang terbuang sia-sia.

Kembali lagi ke berapa lama target yang Anda butuhkan dalam meraih keuntungan di bisnis Anda sendiri. Jika Anda membutuhkan uang cepat, gunakan PPC. Biaya lebih tinggi, sasaran akan datang lebih cepat. Jika Anda-memiliki waktu luang, gunakan SEO. SEO adalah metode jangka panjang, mengarahkan traffic organik dan perlahan-lahan mendorong halaman web ke bagian atas daftar pencarian internet.

Referensi : http://bit.ly/1OrM0Zd

 

 

 

 

 

 

 

 

 

gita

Gita Agustina bergabung di Next Digital Indonesia sebagai Social Media Specialist. Di sela kesibukannya, Gita suka mendengarkan musik dan seorang ‘Movie addicts’.

“Do what makes you happy”


Let's Connect.

PT. Nadi Digital Indonesia
Business Park Kebon Jeruk
Jl. Meruya Ilir No 88, Blok i no. 7
Jakarta Barat, 11620
t +62 21 3006 7981
e info@nextdigital.co.id

 

Be a part of our team.
e career@nextdigital.co.id