Cara membuat artikel yang disukai oleh Google

Next Digital » Blog » Search Engine Optimization » By Gustikahfi On

Nah langsung saja di sini saya ingin berbagi kepada sobat yang mungkin bertanya-tanya, ?seperti apa sih artikel yang disukai google??Di bawah ini adalah daftar hal-hal yang bisa sobat lakukan untuk membuat artikel di blog sobat lebih disukai google atau SEO friendly dan mendapatkan peringkat yang bagus. Silakan disimak..

  1. Letakan keyword pada judul artikel

Hal paling dasar yang saya rasa kebanyakan dari sobat sudah mengetahuinya, yaitu dengan meletakan keyword pada judul artikel. Usahakan untuk meletakan keyword pada bagian depan atau kata pertama pada judul.

  1. Letakan keyword pada URL

Salah satu yang juga tidak kalah penting adalah dengan meletakan keyword pada URL. Untuk hal ini sobat tidak perlu terlalu pusing karena kebanyakan platform blog, URL artikel akan menyesuaikan dengan judul artikel secara otomatis.

  1. Letakan keyword pada meta description

Mungkin untuk hal ini tidak akan berpengaruh banyak tapi meletakan keyword pada meta description dapat membantu meningkatkan CTR atau rasio klik-tayang blog sobat pada mesin pencari.Bagaimana cara memasang meta deskripsi? bagi sobat pengguna blogger silakan bisa dibaca postingan ini :

  1. Letakan keyword pada 100 kata pertama dalam artikel

Jumlah kata kunci atau keyword density menurut saya tidak begitu penting, yang paling penting adalah keyword harus muncul setidaknya pada 100 kata pertama dalam artikel. Semakin awal semakin bagus.

  1. Artikel lebih panjang lebih bagus

Panjang artikel sebaiknya mencapai 600 kata atau lebih banyak. Google menyukai artikel yang panjang dan diulas secara mendetail.

  1. Pasang gambar yang relavan

Apapun topik artikel yang sobat bahas sebisa mungkin untuk memasang gambar yang relavan. Satu gambar saja cukup, tapi lebih dari satu lebih bagus.Hal paling penting yang tidak boleh dilupakan saat memasang gambar adalah memasang ALT Atribut.

  1. Pasang video yang relavan

Bukan sebuah keharusan, tapi jika memungkinkan pasang juga video yang relavan pada artikel blog sobat agar dapat memberikan nilai tambah.

  1. Gunakan bullet point atau tabel

Jika artikel sobat menampilkan daftar sesuatu maka lebih baik untuk menggunakan bullet point atau tabel ketimbang menggunakan text biasa atau gambar.

  1. Pasang internal link

Memasang link ke artikel lain yang relavan di blog kita merupakan hal yang cukup penting karena dapat membantu mesin pencari dan juga pembaca menjelajahi isi blog kita.

  1. Jangan lupa external link

Banyak yang berpendapat memasang link keluar hanya akan mengurangi kualitas artikel, padahal kenyatannya adalah sebaliknya. Memasang link keluar dapat memberi nilai tambah artikel di blog sobat, asal? :

  • Memasang link keluar yang relavan
  • Menggunakan atribut nofollow
  • Jangan menggunakan keyword target sebagai anchor text
  • Memasang link ke blog/situs otoritas (contoh: Wikipedia)

Disukai Google itu bagus, tapi disukai oleh pembaca adalah nomor satu

Kebanyakan blogger yang berusaha membuat artikel agar disukai oleh google melupakan tujuan utama kenapa mereka membuat artikel.

Jadi disini saya ingin mengingatkan kepada sobat bahwa disukai oleh google itu bagus, tapi yang paling utama adalah artikel sobat disukai oleh pembaca.Tulislah artikel yang benar-benar pembaca sobat butuhkan.

Gustikahfi

Kahfi Mugeri bergabung di Next Digital Indonesia sebagai Account Manager. Gusti menghabiskan waktu luangnya dengan berkumpul bersama keluarga. – What ever it takes


Let's Connect.

PT. Nadi Digital Indonesia
Business Park Kebon Jeruk
Jl. Meruya Ilir No 88, Blok i no. 7
Jakarta Barat, 11620
t +62 21 3006 7981
e info@nextdigital.co.id

 

Be a part of our team.
e career@nextdigital.co.id