Masih Bingung Dengan SEO? Inilah 10 istilah SEO yang wajib diketahui para pebisnis online

Next Digital » Blog » Search Engine Optimization » By admin On

5

Kebanyakan dari para blogger ataupun pemilik suatu website mengenal Search Engine Optimization atau SEO, akan tetapi dari segelintir para ?pemain? di dunia Internet masih belum paham secara penuh apa inti dan apa saja yang terkandung di dalam SEO tersebut. menurut para pakar yang sudah lama di bidang digital agency , SEO sendiri berarti peningkatan sebuah kosa kata yang berguna untuk meraih suatu kredibilitas untuk sebuah konten itu sendiri, dan harus berdasarkan pada sebuah relevansi. Untuk lebih memahami, mari simak beberapa istilah yang terkandung didalam SEO berikut ini:

 

1.ANCHOR TEKS

Anchor teks merupakan kata lain di dunia SEO untuk hyperlink, atau bisa juga disebut sebagai jangkar untuk link. Anchor teks sendiri mengarah kepada beberapa link lain yang bertautan dengan halaman dari website atau blog yang dimiliki, dan berguna untuk menaikkan peringkat dari blog atau website yang dimiliki. Untuk itu, selama penggunaannya, kita harus tetap menjaga anchor teks ini secara alami pada tiap-tiap artikel.

 

2.TAG JUDUL

Tag judul adalah sebuah judul halaman yang terlihat pada tab browser  pada hasil pencarian. Secara SEO, judul tag sangat membantu dalam hal identifikasi halaman blog atau web anda di dalam mesin pencari.  Jadi, disarankan membuat sebuah halaman judul yang unik serta relevan bagi tiap-tiap halaman.

 

3.DESKRIPSI META

Deskripsi meta tag html biasanya merupakan gambaran dari setiap artikel pada suatu halaman blog atau web. Penggunaan deskripsi meta yang relevan dan cocok dengan judul artikel akan sangat berpengaruh untuk menaikkan klik yang muncul pada saat dilakukan pencarian. Strategi ini disebut dengan SEO onpage.

 

4.SERP

Search Engine Result page atau yang disingkat SERP adalah sebuah ranking atau peringkat suatu web dan blog yang terdapat di halaman serta barisan depan dari mesin pencari (search engine). SERP bertujuan untuk membedakan berbagai halaman web yang terdapat pada halaman pencarian.

 

5.KEYWORD ATAU KATA KUNCI

Salah satu istilah yang paling dikenal dari SEO adalah keyword atau kata kunci. Kata kunci merupakan beberapa kata yang menggambarkan atau merujuk kepada layanan, merek, ataupun produk yang akan diperkenalkan. Kata kunci berfungsi untuk membantu pencarian dan identifikasi halaman web yang anda miliki. Maka, biasakan menulis keyword yang relevan dengan tag judul, atau judul, ataupun keseluruhan konten. Namun, yang harus diingat adalah, bila terlalu banyak penggunaan kata kunci atau keyword dalam suatu artikel, maka mesin pencari dapat mengganggap itu sebagai spam ataupun dilakukan oleh mesin crawling.

 

6.INDEXING

Berguna sebagai pengumpulan serta penyimpanan data dari seluruh web, baik website yang sudah lama ataupun sebuah website baru. Mesin pencari nantinya akan secara terus menerus melakukan penelusuran untuk mencari tahu apakah ada web yang diperbaharui atau tidak dan kemudian dimasukkan kedalam database mesin pencari. Bagi web atau blog yang di update secara terus menerus, akan lebih mudah untuk di index dan ditampilkan oleh mesin pencari.

 

7.LINKS

Menurut beberapa pakar SEO dan berpengalaman di bidang Digital Agency  terdapat dua jenis link pada pembahasan SEO, yakni link Internal dan link eksternal. Untuk link internal merupakan sebuah link yang terdapat di halaman web atau blog. Sedangkan untuk link esternal adalah sebuah link yang terhubung dengan beberapa situs web lainnya. Sangat disarankan untuk menautkan link secara terorganisir, sehingga semakin mempermudah penemuan halaman web atau blog anda di mesin pencari.

 

8.REL = ?AUTHOR?

Tag ini berfungsi untuk menghubungkan sang pemilik blog atau web dengan profil Google+ miliknya. Selain membantu untuk menaikkan jumlah klik pada mesin pencari. Cara promosi kepemilikan situs ini juga mampu untuk meningkatkan hasil pencarian.

 

9.REL CANONICAL

merupakan link yang mampu menentukan prioritas berbagai halaman anda di mesin pencari. Link canonic mampu menentukan dan mendahulukan halaman yang mana dari web anda untuk didahulukan di mesin pencari.

 

10.REDIRECT

Berguna untuk mengarahkan mesin pencari dengan alamat URL dari suatu web atau blog. Mesin pencari akan melakukan penelusuran terhadap link URL anda yang aktif.

 

Demikianlah beberapa istilah yang ada pada SEO, semoga bermanfaat. untuk mengetahui lebih lanjut mengenai peran, jenis, dan fungsi SEO lainnya anda bisa mengunjungi  nextdigital.co.id, digital agency dan SEO Agency Indonesia yang terpercaya dan telah berpengalaman untuk membantu urusan digital pada bisnis anda.

 

sumber: http://nextdigital.co.id

admin


Let's Connect.

PT. Nadi Digital Indonesia
Business Park Kebon Jeruk
Jl. Meruya Ilir No 88, Blok i no. 7
Jakarta Barat, 11620
t +62 21 3006 7981
e info@nextdigital.co.id

 

Be a part of our team.
e career@nextdigital.co.id