Efektifkah Social Media Marketing?

Next Digital » Blog » Social Media Marketing » By Adho Fadillah Putera On

Seperti yang Anda ketahui fenomena sosial media di zaman modern ini sangatlah populer di kalangan  masyarakat luas baik itu bagi anak-anak, remaja, atau bahkan orang dewasa. Beberapa contoh sosial media yang paling populer adalah TwitterFacebook, Instagram, dan Path. Pengguna-pengguna dari beberapa sosial media tersebut sudah mencapai angka yang sangat tinggi yaitu hingga ratusan juta orang di seluruh dunia, terutama Facebook dan Twitter.

Fenomena inilah alasan mulai banyak terjadinya Sosial Media Marketing, Sosial Media Merketing pada saat ini telah banyak digunakan oleh bermacam-macam perusahaan sebagai alat untuk memasarkan produk-produk mereka. Strategi ini terbukti cukup efektif dari banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar. Sosial Media Marketing ini memiliki beberapa kelebihan yaitu:

Kelebihan Sosial Media Marketing

  1. Pihak perusahaan bisa lebih dekat dengan konsumen dengan tujuan untuk menjaga hubungan baik antara perusahaan dan konsumen.
  2. Mudah untuk menjangkau lebih banyak konsumen, karena dengan menggunakan sosial media akan ada banyak konsumen yang melakukan Retweet pada Twitter atau Share pada Facebook dan akan membuat produk atau jasa yang dipasarkan lebih dilihat banyak orang.
  3. Konsumen jadi lebih mudah untuk mengutarakan saran atau keluhan terhadap pihak perusahaan dan perusahaan pun akan lebih mudah untuk melakukan respon balik.
  4. Mudahnya akses untuk membuka sosial media dan hampir semua orang punya sosial media,
  5. Sosial media bisa menjadi cara baru dalam memasarkan produk atau jasa dari mulut ke mulut.

Dibalik seluruh kelebihan tersebut terdapat beberapa kekurangan misalnya, akan ada konsumen yang tidak puas dengan produk atau jasa dari sebuah perusahaan dan mereka langsung menjatuhkan perusahaan tersebutdalam social media, hal ini sangat mudah dilakukan karena di sosial media orang-orang bisa menulis apa saja. Kekurangan  lainnya adalah  jika caciandari seseorang tersebut menyebar dapat menurun kan nama baik perusahaan. Tetapi jika dikelola dengan baik, masalah-masalah tersebut bisa ditangani.

Sosial Media Marketing sudah sangat populer digunakan, bahkan online-online shop sudah mulai menggunakan sosial media sebagai ajang untuk berbisnis, selain gratis sosial media juga mencakup masyarakat luas bahkan sampai ke luar negeri. Oleh karena itu, tidak perlu ragu untuk menggunakan Sosial Media Marketing!

 

Adho Fadillah Putera

Adho Fadillah bergabung di Next Digital Indonesia sebagai Social Media Officer. Start by doing what’s necessary; then do what’s possible; and suddenly you are doing the impossible. -Francis of Assisi


Let's Connect.

PT. Nadi Digital Indonesia
Business Park Kebon Jeruk
Jl. Meruya Ilir No 88, Blok i no. 7
Jakarta Barat, 11620
t +62 21 3006 7981
e info@nextdigital.co.id

 

Be a part of our team.
e career@nextdigital.co.id