Mengoptimalkan Bisnis Melalui Marketing Media Sosial

Next Digital » Blog » Social Media Marketing » By Imadhia Ramadhani On

Mengoptimalkan Bisnis Melalui Marketing Media Sosial

Mengoptimalkan Bisnis Melalui Marketing Media Sosial

Seiring dengan berkembangnya teknologi internet, penjualan melalui internet atau online pun juga semakin berkembang. Banyak pengusaha atau pemilik bisnis menjadi ikut terlibat dalam penjualan melalui online. Seperti Facebook, Twitter, dan Instagram adalah beberapa media sosial yang paling banyak memiliki penggunanya dan menjadi lahan yang efektif untuk para pemilik usaha mengiklankan produknya melalui platform media sosial tersebut.

Semakin banyak bisnis-bisnis yang beralih ke online, karena dianggap sebagai salah satu cara efektif untuk berinteraksi dengan pelanggan dan memudahkan para pelanggan untuk membeli barang-barang yang dijual tanpa harus repot pergi ke toko. Bisnis online terus berkembang seiring dengan bertambahnya orang-orang yang membuka bisnis dan juga pengguna media sosial yang semakin banyak. Barang-barang yang dijual secara online pun beragam jenisnya, dari mulai pakaian, alat olahraga, mainan, hingga makanan dapat ditemukan.

Sebagai pelaku bisnis, pastinya harus memiliki strategi yang kuat dalam mengoptimalkan media sosial sebagai wadah dalam memasarkan produk dan jasanya serta untuk berinteraksi secara langsung dengan para pelanggan. Menggunakan marketing media sosial terbukti efektif dalam menjaring konsumen, karena berdasarkan survey, Indonesia menduduki peringkat keenam sebagai pengguna internet terbanyak.

Hal-hal yang harus dilakukan sebagai pelaku bisnis online dalam meningkatkan marketing media sosial adalah sebagai berikut:

  1. Tentukan media sosial yang akan digunakan

Setiap bisnis pasti memiliki target konsumen yang berbeda-beda. Jenis media sosial yang dipilih pun dapat mempengaruhi target yang dicapai. Lebih baik fokus terhadap satu media sosial dahulu pada awal bisnis.

  1. Membuat konten yang kreatif

Isi konten yang menarik, inspiratif, dan informatif pada media sosial bisnis Anda dapat menentukan seberapa kuatnya pesan yang disampaikan melalui konten terhadap target bisnis Anda.

  1. Pentingnya komunikasi

Komunikasi yang terjalin pada media sosial bisnis Anda harus bersifat dua arah. Jawab pertanyaan para followers dengan cepat dan responsive, tuliskan informasi dan tips, atau sekedar menyapa followers.

  1. Promosi yang tepat

Dalam marketing media sosial terdapat istilah influencer. Influencer biasanya adalah orang-orang yang memiliki fanbase banyak seperti artis, blogger, atau selebgram. Influencer marketing inilah yang dapat mengoptimalkan bisnis Anda menjadi lebih baik lagi, melalui opini yang mereka post di media sosialnya akan dapat mempengaruhi para followersnya untuk ikut melihat bisnis online dan membelinya.

 

sumber: nextdigital.co.id

Imadhia Ramadhani

Imadhia Ramadhani bergabung di Next Digital Indonesia sebagai Social Media Officer. Ima menghabiskan waktu luangnya dengan berolahraga, membaca novel dan juga mendengarkan musik. - Enjoy the little things in life, because one day you will look back and realize they were the big things.


Let's Connect.

PT. Nadi Digital Indonesia
Business Park Kebon Jeruk
Jl. Meruya Ilir No 88, Blok i no. 7
Jakarta Barat, 11620
t +62 21 3006 7981
e [email protected]

 

Be a part of our team.
e [email protected]