Puasa Sebentar Lagi, Ini Dia Trik Promosi Efektif di Bulan Ramadhan

Next Digital » Blog » Digital Marketing » By admin On

Sebentar lagi masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam akan menjalankan ibadah puasa. Tentunya kehadiran bulan Ramadhan benar-benar mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Hal ini harus diperhatikan bagi Anda yang ingin mempromosikan sesuatu atau meningkatkan penjualan di bulan puasa.

Perubahan aktivitas yang terjadi saat bulan Ramadhan ini dirangkum oleh mesin pencari Google. Berikut ini beberapa trik yang diberikan Google agar promosi yang Anda lakukan dapat berjalan lebih efektif :

  • Awali Promosi Anda Seminggu Sebelum Ramadhan

1-1

 

Menurut Google, masyarakat Indonesia mulai sering mencari konten yang berhubungan dengan Ramadhan sejak seminggu sebelum Ramadhan dimulai. Bagi Anda yang ingin mempromosikan sesuatu yang berhubungan dengan Ramadhan, Anda bisa memulai dari tanggal 30 Mei 2016 mendatang.

Selain itu, Google juga melaporkan bahwa pencarian konten Ramadhan berakhir seminggu setelah hari Raya Idul Fitri. Pastikan Anda telah menghentikan promo Ramadhan beberapa hari setelah lebaran.

 

  • Konten Menarik Tentang Ibadah Puasa dan Makanan

1-2

 

Buatlah konten khusus di bulan Ramadhan dengan memasukkan elemen di bulan puasa agar lebih mudah ditemukan. Google menyebutkan pencarian kata-kata seperti “amalan ramadhan” naik 12 kali lipat, sedangkan kata-kata “hal-hal yang membatalkan puasa” naik 9 kali lipat.

1-3

Selain itu, Anda juga bisa memasukkan informasi mengenai makanan, misalnya menu untuk berbuka puasa atau menu untuk sahur. Menurut Google, kata-kata seperti ini naik 4 kali lipat. Pencarian tersebut biasanya memuncak mulai dari jam 12.00 siang sampai jam 15.00 sore.

  • Gunakan Konten Video Menjelang Lebaran

1-4

 

Konten berupa teks atau foto sudah, jangan lupa konten video hiburan yang berkaitan dengan bulan Ramadhan untuk mempromosikan sesuatu. Menurut Google, pencarian video melalui mobile meningkat sebanyak 13% saat Ramadhan.

  • Optimalkan promosi di Mobile

1-5

 

Bulan Ramadhan juga dimanfaatkan masyarakat Indonesia untuk berbelanja. Ada lima jenis barang yang mengalami lonjakan pencarian saat Ramadan, yaitu pakaian, tiket transportasi, smartphone, pulsa telepon, dan perangkat elektronik. Jika Anda ingin menjual barang-barang tersebut, jangan lupa untuk memanfaatkan promosi di mobile.

Tertarik untuk mencobanya Sobat NDI? Silahkan komentar dan share artikel ini jika bermanfaat ya :)

 

sumber: nextdigital.co.id

admin


Let's Connect.

PT. Nadi Digital Indonesia
Business Park Kebon Jeruk
Jl. Meruya Ilir No 88, Blok i no. 7
Jakarta Barat, 11620
t +62 21 3006 7981
e [email protected]

 

Be a part of our team.
e [email protected]