BLAB, PERISCOPE VERSI KOMPLIT YANG DILAHIRKAN OLEH TWITTER

Next Digital » Blog » Social Media » By Bayu Dwityo Wicaksono On

 

Facebook dan Yahoo baru-baru ini menunjukkan hasil riset mereka, aplikasi video streaming adalah kategori aplikasi baru yang sedang hot-hot-nya. Anda dapat melihat secara langsung social media berbentuk video streaming yang mengusung sistem komunikasi conference di Blab.im, di mana empat orang dapat video chat secara bersamaan sebagai penonton yang dapat saling melihat langsung, saling berkomentar dan langsung dapat beralih tempat dengan salah satu dari banyak chatters di video yang sedang Live. Untuk berpartisipasi dalam obrolan video melalui salah satu kotak, Anda masuk dengan kredensial Twitter Anda. Setelah itu, bila seseorang mengklik nama Anda di kotak chat, mereka melihat bio Anda sesuai dengan apa yang Anda tulis di Twitter.

 

Ketika orang baru mencoba untuk bergabung dengan empat orang yang sedang Live Streaming, pencipta dari obrolan dapat memilih untuk menerima atau menolaknya masuk. Dan sebagaimana video chat pada umumnya, moderator bisa membiarkan live chat menghilang ke dalam stand-by ketika memori berlebih dan mulai bermasalah di koneksi, atau menggunakan fasilitas record untuk menyimpan live chat-nya agar orang lain dapat melihatnya lagi nanti. Di sisi lain, aplikasi ini terasa hampir sama seperti Meerkat atau Periscope, hanya saja ini untuk kelompok. Bahkan, banyak pengguna yang saya jalin kontak dengan mereka mengatakan mereka pengguna berat dari kedua aplikasi itu, dan mayoritas pengguna mengatakan bahwa mereka sedang menikmati mengoceh dan tampil live lebih sebagai fitur media sosial.

 

kesamaan besar lain antara Periscope dan Blab adalah kemampuan untuk menyukai live seseorang dengan apa yang disebut oleh Blab sebagai “feel” yang diwakili oleh emoji “praise” bergambar dua tangan diangkat di udara. Ketika Anda “feel” seseorang, orang itu terakumulasi dengan sejumlah besar “feel”, sehingga memberikan pemirsa baru dalam forum, feel mana yang paling populer dari empat chatters yang sedang aktif. Namun, “feel” mereka tidak tinggal dalam profil Anda, mereka drop kembali ke nol ketika Anda masuk ke dalam forum video Blab yang baru.

 

Blab juga memberikan Anda kemampuan untuk menonaktifkan salah satu atau semua dari empat chatters dalam video streaming (Bila anda hanya sebagai penonton dan komentator, tidak ikut aktif dalam live streaming). Jadi, misalnya, jika tiga orang yang sedang mewawancarai seseorang, Anda dapat memilih untuk menonaktifkan tiga pewawancara dan hanya mendengarkan jawaban dari subjek wawancara saja. kasus penggunaan lain bisa tergantung pada jenisnya apakah versi mobile app atau desktop. Bayangkan dua orang yang berbeda dalam Blab secara bersamaan mengambil video streaming di belakang panggung saat sedang konser dan yang satunya lagi mengambil video dari depan panggung sebagai dua chatters video, kemudian mereka menceritakan apa yang terjadi kepada lainnya.

 

Namun bisa juga digunakan untuk kolaborasi musisi-musisi dengan vokalis yang tersebar di tempat-tempat berbeda, dengan orang bernyanyi di satu lokasi sambil ditemani oleh musisi lain di video streaming yang lain. Berpikir ini terlalu berkhayal? Ini sudah terjadi, dan saya sebagai salah satu pengguna mengalaminya sendiri. Salah satu forum video chat Bab menunjukkan 3 orang menonton dan mengomentari acara MMA, membuktikan bahwa aplikasi ini memiliki potensi sebagai cara mudah untuk menjadi host dan menonton beragam acara live atau direkam oleh kelompok sambil menambahkan komentar secara life-time . Bayangkan tiga pengulas TV favorit Anda menonton episode final dari acara favorit Anda dengan Anda secara real-time, menanggapi teks chat Anda langsung dari sidebar live streaming-nya. Can’t get any more social than that. Moderator dari video Blab juga dapat menjadwalkan Blabs untuk tanggal-tanggal di kemudian hari, membuat gagasan jadwal Blab yang jauh lebih mudah.

 

Selain itu, karena aplikasi ini telah terikat sangat erat dengan Twitter, sangat mudah untuk berbagi link di Twitter untuk membuat video chat Blab Anda menjadi sangat populer, sehingga meningkatkan potensi virality dari setiap forum video chat.

 

Sementara sudah ada layanan obrolan video grup seperti Google Hangouts dan fitur panggilan video grup Skype, apa yang membuat Blab menarik adalah fokusnya pada jejaring sosial dan membawa masyarakat Twitter lebih dekat bersama-sama melalui video. Ini juga (setidaknya sejauh ini) jauh lebih mudah digunakan daripada layanan-layanan tersebut. Dan Blab menawarkan banyak topik untuk pembukaan forum chat video. Kualitas video dan suaranya memang tidak terlalu jernih, tapi detailnya cukup baik untuk urusan mengobrol santai.

 

Blab juga tersedia secara online melalui browser (tidak ada fungsi pada Safari, tapi pada Chrome bekerja dengan baik) dan sebagai aplikasi mobile untuk iOS, Blab masih dalam versi beta, namun fitur-fiturnya sudah mampu membuat pengguna-penggunanya terkesan.

 

Tetapi bahkan sebagai produk beta, Blab cukup adiktif. Melompat dari forum ke forum lain untuk bertemu orang baru ini cukup menyenangkan. Sementara itu, jika Anda ingin memulai mengadakan forum besar pada topik favorit Anda, Blab adalah solusi media yang user-friendly, paling mudah dan paling sosial. Oh, dan pengguna-pengguna di dalamnya benar-benar ramah menyambut Anda dalam setiap forum yang ada.

 

Bayu Dwityo Wicaksono


Let's Connect.

PT. Nadi Digital Indonesia
Business Park Kebon Jeruk
Jl. Meruya Ilir No 88, Blok i no. 7
Jakarta Barat, 11620
t +62 21 3006 7981
e [email protected]

 

Be a part of our team.
e [email protected]