Menjadi Bintang di Twitter

Next Digital » Blog » Social Media » By Bayu Dwityo Wicaksono On

Twitter telah dikenal semua kalangan sebagai salah satu social media platform terbesar dan salah satu user yang terbanyak di antara platform lainnya. Keringkasan post yang hanya dibatasi ke dalam 140 karakter dipadu dengan sistem home page-nya yang berupa fast-moving news feed menjadikan kita bebas mengekspresikan post kita tanpa berasa seperti spamming atau flooding. Kecuali jarak antar post-nya keterlaluan misalnya hanya dalam hitungan detik. Cara kerja Twitter yang seperti ini membuat para user-nya gencar bercuap-cuap dan berkomunikasi dengan user lainnya baik menggunakan reply maupun re-tweet.

Tapi tidak cukup di situ…. Tidak dipungkiri bahwa sebagian besar orang butuh “perhatian” atau respon terhadap apa yang di-posting-nya. Makin banyak respon, maka akan makin memuaskan, dan itu hanya bisa terjadi jika akun yang kita miliki memiliki banyak Followers atau ketika kita membicarakan topik yang sedang hangat diperbincangkan. Temukan Formula yang tepat dan anda akan mendapatkan respon tak terduga seperti seorang bintang, mereka menyebutnya SelebTwit. Berikut beberapa faktor yang dapat mempengaruhi ‘pesona bintang’ anda dalam ber-Twitter ria:

 

  1. Jumlah Followers

Tidak dipungkiri, faktor paling penting di Twitter untuk melihat kecemerlangan bintangnya adalah jumlah followers. Semakin banyak jumlah followers, akun yang bersangkutan akan semakin mendapat respect, mendorong user lain untuk langsung follow juga (mungkin karena tidak mau ketinggalan trend. Barangkali akun tersebut nge-trend jadi memiliki followers dengan jumlah heboh), terlepas dari apakah akun tersebut verified atau tidak. Menambah followers bisa dilakukan dengan alami, Followers murni, dan bisa juga dilakukan dengan menggunakan joki. Untuk mendapatkan followers secara murni, setidaknya anda harus memenuhi faktor-faktor selain jumlah followers yang disebutkan dalam artikel ini, dan ketika ‘milyaran’ followers anda didapatkan secara murni/organik, berarti sudah dipastikan anda telah berada di status seorang bintang Twitter. Namun, followers melalui joki juga mungkin untuk dilakukan, karena saat ini terdapat puluhan bahkan ratusan joki followers yang tersebar di seantero Indonesia. Tarif yang dipasang berbeda tergantung berapa banyak jumlah followers yang diinginkan dan berapa lama pengerjaannya. Wah, tapi anda harus menjaga diri dalam berekspresi di akun anda ya ketika anda posting apapun. Karena followers berjoki ini ‘dipaksa’ untuk follow anda, bukan karena mereka memang cinta dengan anda. Jadi bukan mustahil anda tiba-tiba mengalami unfollow dalam jumlah besar di waktu singkat karena kualitas post anda tidak sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

 

  1. Menjadi TT

Jika anda memulai suatu topik pembicaraan yang kemudian menjadi Trending Topic (TT), sudah dipastikan rasa bangganya sampai ke ubun-ubun. Menjadi TT apalagi menjadi Trending Topic World Wide itu sangat tidak mudah, topik anda harus berdampak secara internasional. Tapi menjadi Trending Topic Indonesia (TTI) sangat mungkin dicapai. Untuk mencapai TTWW, anda perlu memiliki cukup pengaruh di dunia, tapi jika mencapai TTWW sudah tentu anda mencapai TTI. Cara untuk mencapai TTI sama dengan cara mendapatkan followers, ada TT murni dan TT berjoki. Untuk menjadi TT murni, topik anda harus unik dan kreatif hingga mampu mendapat respon dan perbincangan sebagian besar user yang (terutama) berasal dari Indonesia. Sementara untuk TT berjoki, anda bisa nangkring di jajaran TTI selama beberapa jam tergantung berapa biaya yang anda keluarkan. Jual beli paket TTI tersebut dibedakan berdasarkan lamanya jangka waktu suatu topik/hashtag nangkring di TTI.

 

  1. Isi Bio

User tidak akan mem-follow Bio dengan tulisan yang susah dibaca atau makna yang susah dimengerti, informasi yang sangat personal dengan banyak curhatan, ataupun yang terlalu banyak link-nya. Temukan kata-kata kunci dari karakter anda atau produk anda, usahakan isi Bio singkat tapi padat menggambarkan anda secara keseluruhan. Akan lebih mengena jika anda adalah penemu dari hashtag yang sempat menjadi populer dan bahkan sempat menjadi TTI.

 

  1. Kualitas Mention

Siapa saja sih yang suka kepo buka tab mention akun orang lain? Itu bisa jadi kenalan anda yang sudah kenal dekat dengan anda dan ingin tau perkembangan kehidupan anda ataupun mereka yang belum kenal dengan anda tapi penasaran tentang “anda ini siapa sih?” jadi mereka melihat apa yang biasa orang-orang bicarakan dengan anda atau tentang anda lewat tabmention’. Jika anda memang butuh ‘pencitraan’ yang bagus dan elegan, sembunyikan pembicaraan anda dengan teman-teman anda (yang ada di mention) yang mampu melahirkan pemikiran orang lain yang tidak sesuai dengan harapan anda tentang citra anda. Tidak jarang anda akan mendapat mention dari iklan produk/jasa atau bahkan dari akun yang sangat tidak wajar, misalnya dari jasa online pencari jodoh, ini bisa membuka aib bahwa anda jomblo atau jika anda tidak jomblo pun itu dapat menjadi prahara besar karena anda dianggap cari-cari lagi. Singkirkan segera mention yang akan mengganggu citra anda di akun Twitter.

 

  1. The Power of Avatar

Avatar adalah hal pertama yang dilihat seorang user sebelum melihat username-nya. Kalau avatar anda bergambar telur yang merupakan default dari Twitter, besar kemungkinan akun anda dilewati begitu saja atau diremehkan. Avatar anda juga harus seperti bio anda, cukup menggambarkan apa tujuan dari akun Twitter anda. Jika akun twitter anda bertujuan untuk share informasi mengenai tips-tips relaksasi dan meditasi, tentunya avatar anda harus berhubungan dengan itu, misalnya gambar lilin aroma therapy atau seseorang yang tersenyum sambil bermeditasi, bukan foto narsis yang diambil dari angle kamera dari atas. Box profile yang berisi avatar, bio, website dan location anda harus benar-benar membuat user Twitter lainnya paham apa maksud dan tujuan dari akun Twitter anda.

 

  1. Bobot dan Topik Konten

Setelah seluruh bagian dari profile box anda dilihat oleh user lain dan cukup menarik bagi mereka, tentunya mereka akan melihat konten dari post Twitter anda. Topik yang anda angkat untuk akun Twitter anda dan gaya berbahasa anda sangat mempengaruhi keputusan seseorang untuk mem-follow anda atau tidak. Jenis akun Twitter yang paling sering di-follow adalah mereka yang mengangkat topik humor dan motivasi, ini dikarenakan secara alami hampir 90% user membuka akun sosial media mereka untuk menyegarkan diri sesaat dari rutinitas harian, sehingga mereka butuh untuk terhibur, tertawa ataupun termotivasi. Tapi perlu menjadi catatan bahwa banyak mereka yang ingin melejitkan pamor akun Twitter mereka menggunakan topik-topik tersebut sebagai dasar konten Twitter mereka. Sehingga, jika anda memutuskan untuk mengambil topik-topik tersebut untuk akun Twitter anda, bersiaplah untuk persaingan sengit. Jika anda memang ingin menjadi SelebTwit, ada baiknya anda membuat beberapa akun twitter dengan topik dasar berbeda-beda untuk menjadi riset anda sendiri mengenai apa yang diminati namun tidak banyak pesaingnya dan anda dapat benar-benar bersinar.

 

Bayu Dwityo Wicaksono


Let's Connect.

PT. Nadi Digital Indonesia
Business Park Kebon Jeruk
Jl. Meruya Ilir No 88, Blok i no. 7
Jakarta Barat, 11620
t +62 21 3006 7981
e [email protected]

 

Be a part of our team.
e [email protected]