Snapchat VS Periscope, Dua Media Sosial Dengan Fitur Canggih

Next Digital » Blog » Social Media » By Imadhia Ramadhani On

Snapchat adalah aplikasi pesan mobile yang unik dimana pengguna dapat saling mengirimkan foto dan video yang kemudian secara otomatis akan terhapus dalam beberapa detik. Snapchat bisa menjadi aplikasi yang seru dan menyenangkan untuk digunakan, dalam berbagi momen kepada teman-teman melalui foto atau video. Pengguna juga dapat membuat video atau foto menjadi lebih ramai dengan menambahkan teks atau coretan pensil. Video atau foto tersebut dinamakan Snap lalu dapat dikirimkan ke teman yang ada dalam contacts. Penerima dapat melihat foto atau video tersebut dengan durasi yang sudah ditentukan oleh pengirim, setelah itu foto atau video akan hilang.

Fitur canggih yang dimiliki Snapchat dan menjadi fitur andalan adalah fitur Replay, yaitu fitur yang memungkinkan penerima pesan dapat melihat ulang Snap yang sudah diterima. Fitur replay ini hanya terbatas untuk satu Snap saja setiap harinya. Terdapat pilihan in-app purchase, sehingga pengguna bisa membeli mulai dari tiga Replay ekstra seharga $1. Setiap Relay bisa digunakan untuk melihat kembali Snap apapun yang diterima, akan tetapi setiap Snap hanya bisa dilihat ulang satu kali saja. Namun fitur ini baru dapat digunakan hanya di Amerika Serikat.

Fitur andalan lainnya dari Snapchat adalah Lenses. Fitur ini merupakan filter untuk foto-foto selfie dari pengguna. Pengguna dapat mencoba berbagai filter yang ada sebelum mengambil foto, sama seperti fitur Live Filters yang diusung oleh aplikasi kamera pada sistem iOS.

Fitur baru yang menjadi andalan dari Snapchat adalah Trophies, yang merupakan ?gudang pencapaian? atas bermacam tantangan yang Anda selesaikan dalam Snapchat. Contohnya, ketika mengirimkan 10 Snap dengan posisi LED Flash kamera depan menyala. Setiap trofi yang diperoleh akan diwakili oleh emoji, jadi kemungkinan nantinya penggunakan bisa mendapatkan set emoji baru setelah menyelesaikan cukup banyak tantangan.

Lain halnya lagi dengan Periscope, aplikasi yang lebih baru dibandingkan Snapchat yang digunakan untuk menyiarkan sebuah kejadian secara langsung (live streaming). Dengan Periscope, merekam kejadian-kejadian penting atau darurat sangat mungkin dilakukan dan sangat mudah karena kita hanya perlu memasang aplikasi Periscope ke Android atau iOS. Kita bisa menjadi reporter real-time kapanpun dan di manapun. Hasil yang direkam dapat dishare ke akun Twitter, dan disaksikan oleh followers secara langsung atau diputar kembali melalui fitur Replay.

Fitur andalan yang dimiliki Periscope adalah dapat terintegrasi dengan Twitter. Pengguna dapat mengintegrasikan video yang sudah direkam ke akun Twitternya, menyiarkan atau membagikan link video tersebut. Fitur lainnya adalah followers video dapat menyaksikan video dan meninggalkan komentarnya jika mereka juga pengguna Periscope. Sesama pengguna Periscope juga dapat saling membagikan video.

Fitur Replay pada Periscope dapat diaktifkan oleh pengguna jika dirasa perlu. Followers dapat menyaksikan kembali tayangan saat diinginkan. Namun, video yang menggunakan fitur Replay hanya akan aktif selama 24 jam. Fitur terpenting adalah fitur privasi, yang memungkinkan penggunanya untuk mengatur bagaimana tayangannya akan diakses oleh followers. Ada pilihan Private yang dapat digunakan jika tayangan hanya dikhususkan pada beberapa pengguna.

Snapchat dan Periscope sama-sama memiliki fitur yang cangih dan fitur Replay yang dapat diulang hanya untuk jangka waktu tertentu. Dua media sosial yang tergolong baru ini, mulai banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat dari mulai artis, blogger, hingga masyarakat umum. Namun, Snapchat memiliki fitur yang lebih unggul dengan menghadirkan foto dan video sekaligus yang bisa kita pilih, lain halnya dengan Periscope yang hanya menyediakan fitur video.

Periscope lebih cocok untuk kalangan artis, blogger, dan entertainer lainnya yang memiliki jumlah followers hingga jutaan bahkan milyaran. Bagi kita kalangan masyarakat umum yang memiliki followers sedikit, lebih efektif menggunakan Snapchat untuk mengirimkan pesan lucu atau video unik pada teman-teman yang sudah ada di contacts. Karena fitur Snapchat juga lebih simpel dan cukup menyenangkan, dapat menjadi alternative bagi kita dalam menghilangkan stress sejenak.

Imadhia Ramadhani

Imadhia Ramadhani bergabung di Next Digital Indonesia sebagai Social Media Officer. Ima menghabiskan waktu luangnya dengan berolahraga, membaca novel dan juga mendengarkan musik. – Enjoy the little things in life, because one day you will look back and realize they were the big things.


Let's Connect.

PT. Nadi Digital Indonesia
Business Park Kebon Jeruk
Jl. Meruya Ilir No 88, Blok i no. 7
Jakarta Barat, 11620
t +62 21 3006 7981
e info@nextdigital.co.id

 

Be a part of our team.
e career@nextdigital.co.id