Social Media

Next Digital » Blog » Social Media » By Nur Azizah On

Seperti yang sudah di bicarakan sebelumnya, media sosial mempuyai banyak jenis, yaitu:
1. Facebook.
Saat ini Indonesia menduduki peringkat ke-empat sebagai pengguna facebook terbanyak, yaitu dengan 47.165.080 pengguna. Facebook sendiri dibentuk oleh Mark Zuckerberg pada 4 Februari 2004. Facebook memiliki library API (application programming interface) yang memungkinkan para developer untuk berkreasi sehingga secara tidak langsung membuat Facebook makin populer. Facebook juga terdapat beberapa aplikasi seperti event, update status, upload foto, permainan, colekan dengan teman, obrolan, membuat group komunitas dll.
Hingga saat ini Facebook masih digunakan di seluruh dunia termasuk Indonesia.
Kenapa warna biru lebih dominan pada tampilan pada Facebook? Ini karena Mark Zuckerberg buta warna merah dan hijau sehingga warna birulah yang dianggapnya bisa memberikan kesan bersih dan simple.

2. Twitter
Jack Dorsey adalah pendiri twitter, Twitter di luncurkan pada Juli 2006. Perusahaan Twitter bertempat di San Francisco, Amerika Serikat. Twitter hanya memuat 140 karakter, Twipple pun harus pintar – pintar menggunakan kata – kata yang jelas dan singkat untuk di posting di akun mereka. Meski pengguna Twitter tidak sebanyak Facebook namun Twitter akan terus bertambah pengguna dan tidak menutup kemungkinan peringkat Twitter akan terus meningkat. Twitter lebih sulit di mainkan makanya kenapa orang – orang lebih menyukai bermain Facebook. Warna pada Twitter juga sama dengan Facebook tetapi kalau Twitter memakai warna biru langit. Tahukah Anda? Jumlah tweet paling banyak di Indonesia terjadi pada hari kamis sekitar 4 juta tweet, jam 18.00 – 22.00 tweet masuk sekitar 1.400.000 – 1.600.000. Ini pastinya luar biasa antusias masyarakat Indonesia untuk menggunakan media sosial Twitter. Karena apa saja yang mereka lakukan, sedang berada di suatu tempat, juga situasi yang sedang mereka hadapi pasti akan di posting di akun Twitter mereka.

3. Instagram
Instagram berdiri pada tahun 2010 di perusahaan Burbn, Inc. didirikan oleh 2 orang CEO bernama Kevin Systrom dan Mike Krieger. Kevin dan Mike menciptakan versi Burbn, setelah final aplikasi tersebut dapat digunakan di iPhone dimana isi nya terlalu banyak fitur- fitur. Pada akhirnya Kevin dan Mike mengurangi fitur – fitur dan mereka hanya memfokuskan pada bagian foto, komentar, dan kemampuan untuk menyukai sebuah foto tersebut. Intagram hanya bisa di gunakan di iPhone, iPad, iPod Touch dan Android dengan melalui Apple App dan Google Play. Fitu – fitur yang terdapat di Instagram yaitu : mengunggah foto, pengikut, kamera, tanda suka, peraturan di dalam Instagram, efek foto, arobba, label foto, judul foto, jejaring sosial, dan menandai foto dengan bendera. Di Indonesia sendiri ada komunitas Instagram bernama iPhonesia, iPhonesia didirikan oleh Aries Lukman. Komunitas ini di buat untuk bertukar informasi seputar aplikasi – aplikasi dan teknik editing. Lebih dari 800.000 orang telah menggunakan #iPhonesia, maka tidak heran jika iPhonesia masuk dalam 5 hashtag terbesar di dunia. Namun pada 20 September 2011, Instagram telah mengeluarkan versi terbarunya ada beberapa fitur – fitur yang di kurangkan dan ada juga yang di perbaiki.

Nur Azizah

Nur Azizah bergabung di Next Digital Indonesia sebagai Finance. Azizah menghabiskan waktu luangnya dengan memasak dan kuliner. - A negative mind will never give you a positive life


Let's Connect.

PT. Nadi Digital Indonesia
Business Park Kebon Jeruk
Jl. Meruya Ilir No 88, Blok i no. 7
Jakarta Barat, 11620
t +62 21 3006 7981
e [email protected]

 

Be a part of our team.
e [email protected]