Tips Menaikkan Engagement dan Reach Fanpage

Next Digital » Blog » Social Media » By Nur Adlia On

Anda memiliki Fanpage? Dahulu keberhasilan fanpage dinilai dari banyak jumlah fans dan likes yang didapat setiap postingan. Namun kini mengukur tingkat engagement lebih diutamakan dari pada hanya sekedar likes. Kenapa demikian? Baca ulasan berikut ini dan beberapa tips menaikkan engagement.

Sosial media merupakan sebuah tempat online antara fans dengan audiens untuk saling berpartisipasi dalam menciptakan dan berbagi konten. Tentunya konten yang diposting harus tepat sasaran terhadap target yang anda ingin. Jika fans tidak berkontribusi dalam fanpage anda ini berarti tidak ada keterlibatan dan tidak ada interaksi apapun sehingga kamu sia-sia dalam memposting konten. Oleh karena itu keterlibatan atau yang dikenal dengan engangement sangat mempengaruhi tingkat keberhasilan konten yang anda buat.

Engangement sangat membantu fanpage kamu menjangkau yang bukan fans fanpage anda, bagaimana caranya?. Sebagai contoh jika salah satu fans mengomentari postingan atau membagikan postingan pada fanpage anda, berarti jangkauan fanpage anda akan semakin luas, jangkauan ini biasa disebut dengan Reach. Partisipasi yang fans anda lakukan akan muncul di news feed mereka, sehingga teman-teman fans anda akan ingin mencari tahu dengan syaratb postingannya menarik.

Tips pertama terlihat dari jenis post yang anda posting, dalam fanpage ada tiga jenis postingan yaitu status, image dan link. Dari ketiga jenis postingan yang paling mempengaruhi reach dan engagement adalah status. Yang harus diingat adalah ketika membuat konten harus tepat sasaran, ketika target anda adalah anak muda maka buatlah status yang berhubungan dengan dunia percintaan, galau atau persahabatan. Selain itu sesekali anda bisa cek pick hours fans fanpage dengan klik insight agar mengetahui waktu yang tepat untuk memposting konten yang sudah anda buat.

Dalam pembuatan konten harus menarik sehingga fans ingin ikut berinteraksi disetiap postingan. Buatlah konten pertanyaan atau pilihan yang mengharuskan fans anda berkomentar atau berbagi postingan. Sebagai contoh buatlah pertanyaan menjebak seperti ‘Ternyata bangun pagi akan memberikan semangat lebih’ like jika Sahabat setuju, share kalau tidak setuju.’ Dengan demikian reach akan meningkat karena akan memberikan jangkauan lebih luas pastinya.

Tips terakhir adalah adakan kuis setidaknya dua kali dalam sebulan yang merupakan cara ampuh untuk menambah reach dan engagement fanpage anda. Dengan syarat tetap menlike dan share postingan. Dengan demikian, postingan kuis anda akan menjangkau sangat luas dan fanpage anda akan semakin dikenal lebih luas.

Nur Adlia

Nur Adlia bergabung di Next Digital Indonesia sebagai Social Media Officer. Lia menghabiskan waktu luangnya dengan membaca novel dan shopping. - The most important thing is to enjoy your life, to be happy. it's all that matters


Let's Connect.

PT. Nadi Digital Indonesia
Business Park Kebon Jeruk
Jl. Meruya Ilir No 88, Blok i no. 7
Jakarta Barat, 11620
t +62 21 3006 7981
e [email protected]

 

Be a part of our team.
e [email protected]