Tips Memilih Laptop Gaming

Next Digital » Blog » By Adho Fadillah Putera On

Mempunyai sebuah laptop yang kuat untuk dipakai gaming tidak selalu harus dengan harga yang mahal. Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa-apa saja yang diperlukan ketika Anda ingin membeli laptop gaming dengan harga yang terjangkau. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin membeli laptop gaming:

  1. Perhatikan seri chipset VGA, bukan besar memory VGA

Kesalahan pertama yang lazim dilakukan banyak orang ketika ingin membeli laptop gaming adalah lebih memperhatikan besar memoru VGA atau VRAM daripada seri chipset pada VGA tersebut. Padahal yang perlu diperhatikan adalah seri chipsetnya, bukan besar memorynya.

Berbeda dengan desain grafis, VRAM dalam gaming tidak terlalu dibutuhkan. Agar lebih mudah memilih VGA untuk laptop gaming, perhatikan seri chipsetnya, Misalnya NVIDIA GeForce GT 720M, berikut cara membacanya:

– Digit pertama menunjukkan generasinya, artinya VGA tersebut adalah generasi ketujuh.

– Digit kedua dan ketiga menunjukkan tingkatan kelas atau performanya, semakin tinggi angkanya semakin bagus performa suatu VGA atau VRAM.

– Yang paling utama yaitu digit kedua dan ketiga, misalkan Nvidia GeForce GT 720M performanya dibawah Nvidia GeForce GT 635M tetapi teknologinya lebih canggih karena generasinya lebih baru.

 

  1. Jangan abaikan processor

Kebanyakan orang lebih mementingkan VGA daripada processor pada saat ingin membeli laptop gaming. VGA yang bagus juga perlu untuk diimbangi dengan performa processor yang bagus, maka dari itu tetap perhatikan tingkat kebagusan dari sebuah processor. Banyaknya inti/core yang dimiliki oleh processor dapat memperingan proses rendering yang dilakukan oleh VGA.

 

  1. Besa RAM yang dimiliki laptop

Semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki oleh sebuah laptop maka akan semakin lancar pula proses multitasking yang dilakukan oleh laptop. Jangan terlalu disibukkan dengan clock speer RAM karena rata-rata game saat ini lebih mengutamakan kapasitas RAM daripada clock speed RAM.

 

  1. Pilih kapasitas hardisk yang besar

Hal lain yang perlu diperhatikan untuk membeli laptop gaming adalah untuk memperhatikan kapasitas hard disk, usahakan laptop tersebut memiliki kapasitas hard disk sebesar 500GB. Namun tidak ada salahnya untuk mengupgrade kapsitas tersebut agar menjadi lebih besar lagi. Perlu diperhatikan juga, mengupgrade hard disk bukan hanya untuk memperbesar kapasitas penyimpanan, tetapi juga meningkatkan kinerja laptop.

 

  1. Perhatikan ukuran layar

Tentunya, semakin besar ukuran layar yang Anda gunakan maka akan semakin puas juga Anda akan bermain game. Ukuran layar yang besar akan memberikan Anda kepuasan dan kenyamanan lebih karena Anda akan dapat merasakan keindahan lebih besar dan jelas dari game tersebut. Untuk laptop dengan ukuran layar 14? sudah lebih dari cukup. Tapi jika Anda ingin mendapat pengalaman lebih menarik lagi maka pilihlah laptop dengan ukuran layar 15?-17?.

 

  1. Perhatikan garansi laptop

Dengan memperhatikan garansi laptop bukan berarti laptop gaming akan cepat rusak jika dimainkan terus-menerus, tetapi hanya berjaga-jaga jika sewaktu-waktu ada kerusakan pada hardware laptop. Tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan garansi dalam memilih laptop gaming. Pilih garansi laptop yang durasinya lebih dari 1 tahun.

Adho Fadillah Putera

Adho Fadillah bergabung di Next Digital Indonesia sebagai Social Media Officer. Start by doing what’s necessary; then do what’s possible; and suddenly you are doing the impossible. -Francis of Assisi


Let's Connect.

PT. Nadi Digital Indonesia
Business Park Kebon Jeruk
Jl. Meruya Ilir No 88, Blok i no. 7
Jakarta Barat, 11620
t +62 21 3006 7981
e info@nextdigital.co.id

 

Be a part of our team.
e career@nextdigital.co.id