Work with Fun!

Next Digital » Blog » By Heri Purwoko On

Jika kita melakukan sesuatu dengan senang, hasilnya tentu akan memuaskan seperti halnya bekerja sambil bermain. Hal ini berlaku untuk semua hal dan semua pekerjaan. Bayangkan kita bekerja dalam atmosfer yang menyenangkan dengan peralatan kerja yang mendukung, cemilan kesukaan, minuman favorit, koneksi internet bagus, juga teman-teman yang saling menghargai dan bekerja selayaknya tim. Faktor finansial seperti gaji, tunjangan, dan reimbursement memang tidak bisa dipandang remeh, tapi seringkali menjadi opsi terakhir ketika faktor kesenangan dan kenyamanan sudah menduduki peringkat teratas.

Hargai Proses

Dengan waktu yang tersedia untuk mengerjakan suatu pekerjaan dengan ideal, kita bisa menghasilkan sebuah pekerjaan dengan maksimal. Mengelola waktu adalah kuncinya. Dengan estimasi dan kalkulasi waktu akan membuat proses berjalan dengan lancar. Seringkali para pekerja kreatif membutuhkan waktu yang fleksibel dalam memproduksi suatu karya, namun sebenarnya yang dibutuhkan adalah pengelolaan waktu yang ada, sehingga kita akan dikenal sebagai pekerja kreatif yang disiplin dan dapat diandalkan.

Proses itu penting, namun itu seringkali hanyalah kata-kata yang lekas menguap. Karena bagaimanapun, atasan dan klien lebih mementingkan hasil. Sekali lagi, hasil adalah yang paling diperhatikan. Yang mengetahui proses tentu adalah pekerja yang memang terlibat dalam proses menghasilkan sebuah produk. Itu sebabnya hanya kita sendiri yang harus menghargai proses, menghargai waktu yang dibutuhkan dalam proses, juga membuat target selama proses berlangsung. Sehingga tahapan atau proses tersebut menjadi berisi, tanpa kosong di tengahnya. Walaupun pada akhirnya produk yang di hasilkan tetap mendapatkan catatan atau revisi, namun kita tidak melewatkan hal detail di dalamnya.

Kembangkan Energi Positif

Pernahkah membaca “The Secret”? Buku yang ditulis oleh Rhonda Byrne ini menjelaskan tenang Hukum Tarik Menarik dan bagaimana cara melakukan visualisasi dari sesuatu hal dan bertingkah laku seolah-olah hal ini sudah terjadi dalam kehidupan kita, sehingga membuat sekeliling memberikannya kepada kita. “Segalanya mungkin, tidak ada yang tidak mungkin. Tidak ada yang bisa membatasi. Apa pun yang bisa Anda mimpikan bisa menjadi milik Anda,” setidaknya begitu yang tertuang dalam konsepnya.

Tanpa perlu membaca buku tersebut, konsep energi positif memang sangat penting untuk kita miliki. Energi positif mencakup rasa senang, rasa semangat, juga sikap menghargai. Jika separuh saja orang dalam satu ruangan memancarkan energi positif, tentu akan mampu membuat sebuah pekerjaan yang kondusif. Energi menular, positif dan negatif.

Be Motivated

Satu hal yang paling mendasar adalah ‘motif’. Dengan sebuah motif, sesuatu berjalan. Perkuat motif kita tanpa menghiraukan segala kemungkinan berikutnya, dengan begitu separuh pekerjaan sudah terjamin pasti berjalan. Motif bisa berasal dari dalam diri, bisa juga dari luar diri. Dengan motivasi yang kuat, segala halangan dan kebuntuan bisa terkalahkan.

Perkaya Referensi

Banyak membaca, melihat, dan browsing hal yang baru membuat kita menjadi kaya. Oreo adalah salah satu brand yang iklan dan media sosialnya sangat kreatif. Konsep fun yang diciptakannya melalui biskuit oreo yang berpadu dengan teknis ‘toy-photography’ menjadikan sebuah iklan produk yang menarik untuk semua umur. Produk biskuit yang disajikan tidak selalu tampil utuh; terkadang separuh, terkadang hanya berbentuk remahan. Tetapi semua orang tahu itu adalah Oreo. Memang, brand yang sudah punya produk identik dan khas paling mudah dikenali, tetapi itu tentu kembali lagi pada klien dan konsep yang ditawarkan untuknya.

Heri Purwoko

Heri Purwoko bergabung di Next Digital Indonesia sebagai Project Leader. Heriko menghabiskan waktu luangnya dengan bersepeda, bermain musik dan berkumpul bersama teman dan keluarga. - Everyday is a journey, and the journey itself is home


Let's Connect.

PT. Nadi Digital Indonesia
Business Park Kebon Jeruk
Jl. Meruya Ilir No 88, Blok i no. 7
Jakarta Barat, 11620
t +62 21 3006 7981
e [email protected]

 

Be a part of our team.
e [email protected]