Istilah-Istilah Dalam Adwords

Google Adwords (saat ini Google Ads) sekarang ini sangatlah membantu kita dalam Digital Advertising dengan produk mereka yaitu Google Display Network, Search Engine Marketing, Remarketing dan Youtube Ads. Berikut ini istilah yang biasa digunakan dalam Adwords. 

Impressions : Jumlah iklan yang tampil. Impressions akan bertambah apabila iklan Anda muncul di pencarian Google atau website yang berada pada jaringan Google.

  • Setiap kali iklan Anda muncul di pencarian Google atau website yang berada pada jaringan Google, hal itu akan menambahkan
  • Pada beberapa kasus, iklan Anda hanya akan muncul satu baris atau hanya nama bisnis Anda saja.
  • Terkadang beberapa orang menamakan Impressions dengan Impr.

Clicks : Jumlah seseorang yang melakukan click pada iklan Anda.

  • Clicks akan dihitung walaupun user tidak membuka website Anda, hal ini bisa saja terjadi karena lambatnya koneksi internet user atau hosting dari website Anda, Anda akan melihat perbedaan antara jumlah clicks dengan sessions website Anda.
  • Clicks akan membantu Anda untuk mengukur tingkat keberhasilan iklan Anda, semakin menarik iklan Anda maka jumlah clicks akan meningkat.
  • CTR (clickthrough Rate), akan membantu Anda untuk melihat seberapa banyak user yang melihat dan melakukan click pada iklan Anda. CTR dapat membantu Anda untuk mengukur tingkat keberhasilan suatu campaign CTR yang baik untuk setiap campaign pasti akan berbeda tergantung dari bisnis Anda. Untuk meningkatkan CTR bisa dengan cara membuat teks iklan yang menarik dan pemilihan keywords yang tepat.

Daily Budget : Jumlah biaya yang Anda tentukan yang akan dikeluarkan setiap harinya untuk setiap campaign iklan.

  • System adwords akan menampilkan iklan sampai budget harian Anda habis.
  • Ketika budget harian Anda habis maka iklan Anda akan berhenti di hari tersebut.
  • Budget harian Anda terkadang tidak terpakai habis atau terkadang lebih, system Adwords akan membantu mengelola budget harian agar terpakai maksimal ketika keywords Anda populer.

CPC (Cost Per Click) / PPC (Pay Per Click) : Biaya yang Anda tentukan setiap iklan Anda di click.

  • Ketika seseorang click iklan Anda, harga iklan tersebut tidak akan melebihi dari CPC yang Anda setting.
  • Semakin besar CPC yang Anda setting, maka kemungkinan iklan Anda berada dalam posisi teratas semakin besar.
  • Anda dapat memilih Manual Bidding (Anda akan memilih harga CPC) atau Automatic Bidding (Adwords akan memaksimalkan iklan Anda sesuai dengan Daily Budget yang Anda setting diawal).

CPM (Cost-Per-Thousand Impression) : Biaya yang akan Anda keluarkan untuk 1.000 Impressions.

  • Anda akan membayar setiap 1.000 Impressions bukan per click. CPM cocok untuk Anda yang mementingkan brand awareness daripada click ataupun traffic
  • Ketika Anda setting Max. CPM maka Anda tidak akan membayar lebih dari harga yang Anda setting.
  • Semakin tinggi harga Max. CPM maka Impressions iklan Anda akan semakin besar dan sering.
  • Anda dapat setting Max. CPM untuk seluruh AdGroup ataupun pada setiap placement

 Keywords : Kata-kata yang akan mendeskripsikan produk atau jasa yang Anda tawarkan, Keywords juga akan menentukan kapan dan dimana iklan Anda akan ditayangkan.

  • Keywords yang Anda tentukan akan digunakan untuk menampilkan iklan, pilihlah keywords yang berkualitas dan berhubungan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan, untuk membantu Anda mendapatkan pelanggan baru.
  • Ketika seseorang mencari di Google, iklan Anda bisa saja muncul apabila pencarian memiliki hubungan dengan keywords Keywords juga menentukan iklan Anda akan muncul di website apa saja berdasarkan relevansi.
  • Pemilihan keywords yang tepat akan membantu performa dari iklan Anda, membantu menghindari harga clicks yang mahal dan membantu meningkatkan peringkat iklan.

Landing Page : Halaman website yang akan terbuka apabila seseorang meng-click iklan Anda.

  • Setiap iklan memiliki landing page masing-masing.
  • Peraturan dari Google, Landing page dan Display URL harus memiliki nama domain yang sama.
  • Landing Page Anda akan menentukan nilai dari Quality Score. Landing Page harus berhubungan dengan keywords iklan, mudah digunakan oleh user dan seberapa banyak links.

Quality score : Estimasi mengenai nilai dari iklan, keywords serta landing page Anda. Semakin tinggi Quality score akan membantu Anda mendapatkan harga CPC termurah dan peringkat iklan tertinggi

  • Komponen yang menentukan Quality Score adalah CTR, ad Relevance, Landing Page.
  • Semakin relevan iklan dan landing page maka Anda bisa mendapatkan nilai Quality Score yang tinggi (1-10). Nilai yang tinggi akan menurunkan harga CPC

 

Next Digital Sebagai Jasa Iklan Google Ads

Jason Kasim