Mau Kontenmu Optimal? Cek List-nya Di Sini! (Part 2)

Salah satu tantangan yang dialami oleh seorang pembuat konten blog atau content writer adalah menciptakan konten baru. Sebagai pembuat konten, Anda perlu memproduksi konten yang akan terus dicari dan dinikmati audiens Anda. Untuk menciptakan konten demikian, maka Anda perlu memperhatikan poin-poin penting di bawah ini. [Baca juga: Mau Kontenmu Optimal? Cek List-nya Di Sini! (Part 1)] Melalui poin-poin ini, Anda dapat mengoptimalkan konten yang telah Anda buat untuk para pembaca, riwayat penelusuran, dan target sasaran.

  1. Berikan sumber yang tepat. Jika Anda mengambil kutipan atau informasi dari situs lain, berikan kutipan yang tepat dengan mencantumkan atau menautkan ke sumber. Untuk menghindari terjadinya plagiat, Anda bisa merangkai kalimat tersebut menggunakan teknik parafrase. Teknik parafrase ini sendiri adalah penulisan yang dilakukan menggunakan kata-kata sendiri untuk mengungkapkan ide yang sama.
  2. Gunakan subjudul. Pisahkan konten Anda menggunakan subjudul untuk memecah bagian-bagian teks.
  3. Gunakan kata kunci (keyword) utama setidaknya dalam satu subjudul. Dalam keseluruhan penulisan konten blog Anda, setidaknya Anda perlu menyertakan satu kata kunci utama setiap subjudulnya.
  4. Pisahkan paragraf besar. Pembaca konten blog biasanya adalah pembaca yang cepat bosan. Untuk itu, Anda perlu membuat konten digital yang skimmable dengan memecah teks dengan menambahkan paragraf dan spasi.
  5. Soroti informasi penting. Dikarenakan konten blog harus skimmable, maka salah satu tips menulis konten yang paling penting adalah menggunakan fitur pemformatan yang membuat konten lebih mudah untuk di-skim. Seperti tebal, cetak miring, atau menyorot informasi penting.
  6. Tambahkan grafik pendukung. Anda juga harus menambahkan gambar atau video, dll, agar konten lebih menarik.
  7. Pastikan bahwa gambar yang digunakan memiliki ukuran yang tepat. Gambar yang terlalu besar akan memperlambat kecepatan memuat situs, jadi jangan gunakan foto dengan ukuran file yang terlalu besar.
  8. Tambahkan kata kunci utama ke tag alt gambar. Gunakan target kata kunci dalam tag alt gambar untuk meningkatkan SEO blog.
  9. Gunakan kata kunci utama dalam nama file gambar dan judul. Saat menambahkan gambar, gunakan juga kata kunci utama dalam nama file asli dan judul dalam CMS.
  10. Hindari pelanggaran hak cipta gambar. Periksa kembali foto dan video digital yang akan Anda gunakan untuk memastikan bahwa Anda memiliki hak untuk mempublikasikan media tersebut untuk menghindari pelanggaran hak cipta.
  11. Gunakan kata kunci utama dalam judul konten. Agar konten Anda siap untuk dioptimasi menggunakan SEO, maka Anda perlu menuliskan judul konten Anda menggunakan kata kunci utama. Pastikan juga judul konten Anda unik untuk menghindari masalah tag judul ganda yang mungkin merugikan SEO situs Anda. Jika Anda ragu dengan kualitas SEO dalam website Anda, maka Anda bisa menggunakan tools SEO untuk mengecek nilai SEO dari website Anda. Tools ini bisa dapatkan melalui website Next Digital Indonesia di https://seo.nextdigital.co.id/. Selain itu, dengan tools ini, Anda juga bisa menganalisis dan memantau SEO website Anda.
  12. Gunakan kata kunci utama dalam deskripsi meta. Sertakan juga kata kunci utama dalam deskripsi meta asli yang tidak lebih dari 320 karakter.

Itulah 24 dari 36 poin penting yang dapat membantu Anda mengoptimalkan konten blog yang telah Anda buat untuk para pembaca, riwayat penelusuran, dan target sasaran. Untuk Anda yang ingin meningkatkan situs web perusahaan dengan menggunakan konten yang berkualitas, maka Anda dapat mempercayakannya pada Next Digital Indonesia. Next Digital Indonesia adalah digital marketing agency terkemuka di Indonesia, yang terus berusaha menyediakan solusi pemasaran digital terintegrasi kepada Anda. Dapatkan informasi lebih lengkapnya melalui nextdigital.co.id.

Avatar
Zunvindri
Zunvindri bergabung di Next Digital Indonesia sebagai Content Writer. Zunvindri memiliki hobi menulis, menonton drama dan film, serta travelling.