Mau Kontenmu Optimal? Cek List-nya Di Sini! (Part 3)

Content writer memiliki tugas untuk membuat konten di web. Konten ini dapat mencakup konten untuk berbagai jenis situs web, termasuk blog, jejaring sosial, situs e-commerce, hingga agregator berita. Namun, tidak peduli seberapa berbakatnya Anda, keterampilan menulis tidaklah cukup. Anda tetap membutuhkan perangkat penuh berupa poin-poin penting di bawah ini. [Baca juga: Mau Kontenmu Optimal? Cek List-nya Di Sini! (Part 1) dan (Part 2)] Dengan poin-poin ini, Anda dapat mengoptimalkan konten yang telah Anda buat untuk para pembaca, riwayat penelusuran, dan target sasaran.

  1. Gunakan kata kunci utama di paragraf pertama. Tip copywriting SEO lain adalah memasukkan kata kunci utama dalam paragraf pertama dari konten Anda untuk mengirim sinyal ke crawler
  2. Gunakan kata kunci utama di dekat bagian akhir konten. Gunakan kata kunci utama di bagian yang mendekati akhir konten untuk membukukan referensi ke frasa target.
  3. Gunakan kata kunci utama secara alami dalam konten. Jangan terlibat dalam penjejalan kata kunci! Gunakan istilah yang cukup untuk membuat kepadatan kata kunci sebanyak 2% dalam konten
  4. Gunakan setiap kata kunci sekunder setidaknya satu kali dalam konten. Dukung kata kunci utama dengan menambahkan setiap kata kunci terkait setidaknya satu kali dalam konten.
  5. Tambahkan tautan yang relevan ke halaman internal. Dalam daftar periksa untuk menulis konten, ada baiknya Anda menambahkan tautan yang relevan ke pos dan halaman internal lain yang diterbitkan di situs Anda.
  6. Tambahkan tautan ke halaman web berkualitas tinggi lainnya. Tambahkan tautan yang relevan dan ramah tamah ke situs web berkualitas tinggi lainnya untuk memberikan kredit dan tautan ke sumber.
  7. Atur tautan untuk membuka halaman baru. Tinjau tautan di laman Anda, dan tetapkan untuk dibuka di jendela baru untuk mempertahankan pembaca di situs Anda bahkan jika mereka meng-klik tautan ke situs web lain.
  8. Akhiri konten dengan ajakan bertindak. Karena semua konten yang baik ditulis dengan tujuan, maka akhiri dengan ajakan bertindak yang memberi tahu pembaca apa yang Anda ingin mereka lakukan selanjutnya.
  9. Tulis judul tambahan. Kembalilah ke judul Anda dan tulis beberapa variasi lagi untuk menghasilkan judul yang lebih kuat. Pilih judul terbaik dari opsi baru Anda. Pastikan itu termasuk kata kunci utama, ringkas, dan menarik. Judul akhir Anda harus tetap di bawah 60 karakter agar sepenuhnya ditampilkan dalam pencarian.
  10. Optimalkan untuk berbagi di media sosial. Dorong pembaca untuk menyebarkan konten Anda dengan membuat konten yang dapat dibagikan dengan menyertakan tautan, callouts, dan ikon berbagi sosial.
  11. Lakukan finalisasi pengeditan Gunakan daftar periksa pengeditan yang membantu Anda menemukan kesalahan ejaan dan tata bahasa serta salah ketik. Jangan publikasikan hingga konten sepenuhnya diedit!
  12. Cek di halaman SEO. Setelah konten diterbitkan, pastikan Anda tidak melewatkan langkah-langkah pengoptimalan SEO. Anda bisa bisa menggunakan tools SEO yang disediakan oleh kami di https://seo.nextdigital.co.id/. Dengan tools kami yang canggih ini, Anda bisa menganalisis dan memantau SEO website Anda.

 Itulah keseluruhan 36 poin penting yang dapat membantu Anda mengoptimalkan konten yang telah Anda buat untuk para pembaca, riwayat penelusuran, dan target sasaran. Gunakan daftar periksa penulisan ini untuk tidak pernah melewatkan satu langkah pun.

Avatar
Zunvindri
Zunvindri bergabung di Next Digital Indonesia sebagai Content Writer. Zunvindri memiliki hobi menulis, menonton drama dan film, serta travelling.