Yuk, Ketahui Tentang Page Roles di Facebook 2019!

Page Roles Facebook

Seperti yang pernah dijelaskan di artikel sebelumnya, berbagai perubahan yang ingin Anda lakukan pada fanpage Facebook memerlukan kontrol admin atas halaman tersebut. Hal ini dikarenakan hanya admin yang diizinkan untuk mengubah berbagai hal yang berhubungan dengan halaman tersebut. Untuk memahami lebih lanjut mengenai admin halaman ini, mari simak informasi seputar page roles yang ada di media sosial Facebook ini.

 

Apa itu Page Roles dan Apa yang Mereka Lakukan?

Facebook memungkinkan bisnis untuk membuat banyak orang bertindak sebagai pengelola Halaman melalui pengaturan page roles Facebook ini. Secara keseluruhan, ada 6 jenis page roles yang berbeda dan fungsi yang berbeda pula untuk mengelola fanpage. Namun, secara default, saat Anda membuat halaman di Facebook, Anda secara otomatis telah diberikan akses sebagai Admin. Dengan peran Anda sebagai admin ini, Anda bisa mengubah tampilan Halaman dan membuat berbagai perubahan atas halaman tersebut. Untuk memahami lebih lanjut tentang ke-6 jenis page roles beserta fungsinya, mari simak penjelasan di bawah ini.

 

Jenis-jenis Peran Halaman Facebook

Peran Halaman Facebook

Berikut adalah daftar setiap jenis peran Halaman dan apa fungsi masing-masing peran yang diizinkan untuk dilakukan di Halaman Facebook.

 

Admin

Seperti yang dijelaskan pada pengenalan di awal, secara default, saat Anda membuat halaman di Facebook, Anda secara otomatis telah diberikan akses sebagai Admin. Admin ini sendiri memiliki wewenang dan akses paling besar dari semua peran yang ada, khususnya mengelola dan menetapkan semua peran dan pengaturan Halaman lainnya. Untuk itu, biasanya, peran admin ini diberikan kepada pemilik bisnis atau, dalam kasus perusahaan yang lebih besar, manajer media sosial. Jadi, untuk alasan keamanan, penting bagi Anda untuk secara ketat membatasi siapa yang memiliki peran admin ini.

 

Editor

Peran editor biasanya diberikan untuk karyawan yang memiliki tugas untuk membuat konten Halaman Facebook dan mengelola segala aktivitas sehari-hari. Editor memiliki semua akses yang dimiliki admin, kecuali untuk menetapkan peran Halaman dan pengaturan Halaman. Dengan demikian, peran editor ini tidak dapat mengedit peran orang lain, tidak dapat menambahkan lebih banyak pengguna, dan tidak dapat mengubah pengaturan halaman.

 

Moderator

Sesuai dengan namanya, peran ini sebagian besar dimaksudkan untuk moderator komunitas yang dapat berkomentar, mengirim pesan, menghapus komentar, dan melakukan ban terhadap orang tertentu dari halaman. Untuk itu, peran moderator ini adalah peran yang paling sesuai untuk karyawan yang menangani customer service. Hal ini dikarenakan customer service hanya perlu menjawab pertanyaan dan menanggapi komentar, tetapi tidak dapat membuat konten dan memposting sesuatu.

 

Advertiser/Pengiklan

Peran pengiklan ini diatur untuk siapa saja yang membuat iklan untuk Halaman Facebook. Hal ini dikarenakan seorang pengguna yang memiliki peran pengiklan ini hanya dapat mempromosikan dan menganalisis Halaman. Peran ini juga memiliki izin untuk melihat insight dari Halaman.

 

Analyst/Analis

Seorang analis memiliki jumlah kontrol dan akses paling sedikit dari semua peran Halaman. Seorang analis hanya dapat melihat insight, mengunduh data, dan mengolahnya menjadi report. Ia tidak dapat melakukan tindakan apapun yang akan berdampak publik. Untuk itu, seseorang yang bekerja untuk memikirkan strategi dan perencanaan konten sangat cocok dengan peran analis ini.

 

Pengelola Lowongan Kerja

Sama seperti admin, Anda sekarang dapat menugaskan beberapa Manajer Halaman untuk memposting pekerjaan, menangani aplikasi, dan membantu pengguna melalui proses perekrutan yang lancar.

 

Sebagai pemilik Halaman Facebook, penting untuk mempertahankan kontrol penuh atas Halaman Anda dan membatasi siapa saja yang memiliki akses. Namun, bisnis juga pasti dapat mengambil manfaat dari memiliki banyak orang melakukan tugas yang berbeda untuk memelihara dan memperbarui Halaman secara teratur. Bagi Anda yang kesulitan dalam mengelola akun media sosial bisnis Anda, maka Anda dapat mencoba menggunakan layanan Social Media Ads and Maintenance dengan bantuan Next Digital Indonesia. Next Digital Indonesia sebagai digital marketing agency ternama memiliki pengalaman dan alat untuk membantu bisnis melibatkan pelanggan secara efektif melalui media sosial. Untuk informasi lebih lanjut, dapat Anda peroleh melalui website official Next Digital Indonesia di nextdigital.co.id.

Avatar
Zunvindri
Zunvindri bergabung di Next Digital Indonesia sebagai Content Writer. Zunvindri memiliki hobi menulis, menonton drama dan film, serta travelling.