Aktivitas Online Konsumen Meningkat di Bulan Ramadhan

Next Digital » Blog » By admin On

using_smartphone_on_street

Bulan Ramadhan telah tiba, bagi setiap umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa tentu bulan ini merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan dan menyenangkan. Tak terkecuali di Indonesia, yang mengalami peningkatan di aktivitas online di bulan sebelum, selama, dan setelah Ramadhan.

Salah satu perilaku konsumen di bulan Ramadhan adalah meningkatnya aktivitas online yang dilakukan masyarakat Indonesia. Satu minggu sebelum Ramadhan tiba, biasanya mereka mulai mencari jadwal imsak dan berbuka, mencari resep menu makanan sahur dan berbuka puasa, serta mencari informasi tentang perjalanan mudik lebih awal melalui online. Membangun strategi mobile bisnis Anda di bulan Ramadhan sangatlah penting untuk menarik perhatian konsumen tentunya dengan konten menarik seputar Ramadhan.

Selain itu, perubahan waktu saat menggunakan smartphone. Biasanya masyarakat Indonesia pada hari biasa mengecek dan membuka smartphone paling sering saat makan siang dan saat di perjalanan (untuk mereka yang menggunakan kereta komuter atau bus transjakarta). Namun, saat bulan puasa pola penggunaan smartphone mengalami perubahan.

Masyarakat biasanya mengecek smartphone mereka pada pagi hari, setelah sahur sambil menunggu waktu subuh. Mereka biasanya mencari informasi seputar khotbah atau doa yang berhubungan dengan bulan Ramadhan. Siang harinya mereka lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain game seperti Subway Surfers, Pou, dan Clash of Clans daripada sebelum bulan puasa. Hal ini dilakukan untuk mengalihkan perhatian dari rasa lapar tentunya.

Lalu, apa aktivitas online yang sering Anda lakukan di bulan Ramadhan ini?

Sumber : https://apac.thinkwithgoogle.com/articles/from-fast-to-feast-indonesian-consumer-behavior-during-ramadhan.html
admin


Let's Connect.

PT. Nadi Digital Indonesia
Business Park Kebon Jeruk
Jl. Meruya Ilir No 88, Blok i no. 7
Jakarta Barat, 11620
t +62 21 3006 7981
e [email protected]

 

Be a part of our team.
e [email protected]