Microsoft Rela Akuisisi LinkedIn Rp 349 Triliun, Kenapa?

Next Digital » Blog » By admin On

Microsoft-Akusisi-Linkedin

Microsoft rela membeli LinkedIn senilai USD 26,2 miliar atau Rp 349 trilliun secara tunai. Ini merupakan aksi akuisisi termahal sepanjang sejarah perusahaan yang didirikan Bill Gates dan Paul Allen itu. Apa ya alasan Microsoft begitu ingin membeli LinkedIn?
Menurut Tom Warren, seorang kolumnis teknologi LinkedIn adalah tool kunci untuk profesional dengan 433 juta anggota dan lebih dari 2 juta diantaranya berbayar. Lain halnya dengan Microsoft yang punya lebih dari 1,2 miliar user Office, namun tidak memiliki jangkauan sosial dan harus bergantung pada Facebook, LinkedIn dan lainnya untuk menyediakan koneksi tersebut. Selain itu, LinkedIn juga menyediakan Microsoft akses cepat ke lebih dari 433 juta anggota dan jangkauan sosial solid, karena kebanyakan pengguna LinkedIn adalah profesional sehingga cocok dengan layanan dan software yang disediakan Microsoft.
CEO Microsoft, Satya Nadella sudah memiliki beberapa visi soal masa depan LinkedIn bersama Microsoft. Nantinya, profil LinkedIn mungkin ditampilkan di layanan Microsoft semacam Outlook, Skype, Office dan bahkan Windows. LinkedIn memang belum se-populer jejaring sosial Facebook, Instagram atau Twitter, namun LinkedIn memiliki keunggulan karena bisa mentargetkan kalangan profesional. Kabarnya dipenghujung tahun 2016 nantinya user menghabiskan lebih banyak waktu di aplikasi LinkedIn ketimbang jejaring sosial lainnya.
Microsoft berencana menggeber monetisasi LinkedIn begitu proses akuisisi ini selesai, dengan strategi menumbuhkan pelanggan individual maupun organisasi serta melalui iklan. Proses akuisisi tersebut masih membutuhkan persetujuan dari regulator di Amerika Serikat, Uni Eropa, Kanada serta Brasil.
Uang sejumlah Rp 349 triliun itu akan dibayarkan Microsoft secara tunai. Proses akuisisi diperkirakan akan selesai menjelang akhir tahun 2016 ini.

 

oleh: nextdigital.co.id

admin


Let's Connect.

PT. Nadi Digital Indonesia
Business Park Kebon Jeruk
Jl. Meruya Ilir No 88, Blok i no. 7
Jakarta Barat, 11620
t +62 21 3006 7981
e info@nextdigital.co.id

 

Be a part of our team.
e career@nextdigital.co.id