Komunitas Sangat Penting Untuk Sebuah Bisnis

Next Digital » Blog » By gita On

online-community

Komunitas merupakan sekumpulan orang-orang yang memiliki hobi yang sama, dari hobi tersebut mereka biasanya mengadakan berbagai macam kegiatan dengan tujuan komunitas mereka lebih dikenal.

Anda juga bisa membentuk komunitas Anda sendiri melalui media sosial. Caranya dengan mengadakan kegiatan-kegiatan online ataupun offline untuk followers Anda di media sosial. Selain lebih mengenalkan bisnis Anda, komunitas ini nantinya akan menjadi pengguna setia produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Suatu komunitas tentunya sangat penting untuk kelangsungan bisnis Anda. Bagaimana agar komunitas bisnis Anda terbentuk?

1. Menjadi tuan rumah acara untuk followers Anda

Melalui sebuah acara offline, kedekatan Anda dan followers terjalin lebih baik. Tentunya hal ini akan berdampak positif untuk produk atau jasa yang Anda tawarkan juga. Jika bisnis Anda beroperasi di beberapa lokasi, cobalah untuk mengatur acara di daerah tersebut atau memberdayakan pelanggan untuk mengatur acara mereka atas nama Anda.

2. Memberikan pengalaman kehidupan nyata

Jika Anda tidak memiliki waktu atau sumber daya untuk menjadi tuan rumah acara sendiri, Anda bisa menghargai followers Anda dengan memberikan mereka akses ke pengalaman offline lainnya. Sesuatu yang sederhana seperti memberikan tiket untuk sebuah konferensi, pameran dagang, konser, pertandingan olahraga, atau peristiwa lain yang relevan dengan merek Anda akan membiarkan pengikut Anda tahu bahwa Anda berada di sosial untuk menambah nilai hidup mereka.

3. Mengadakan kontes & giveaway

Kontes adalah cara yang dapat diandalkan untuk menarik pengikut baru di media sosial dan memperkuat hubungan emosional yang mereka miliki dengan bisnis Anda. Mengirimkan hadiah melalui surat bersama dengan catatan tulisan tangan mengatakan selamat adalah cara mudah untuk mengubah koneksi secara online pengikut Anda miliki dengan merek Anda menjadi pengalaman yang nyata.

Itulah beberapa cara untuk membangun komunitas untuk bisnis Anda. Anda harus bisa mengkombinasikan online dan offline agar hasil yang didapat juga maksimal. Dari ketiga cara di atas, Anda sudah pernah coba yang mana? Share opini Anda di komentar 🙂

Referensi : http://bit.ly/2a0WtLm

gita

Gita Agustina bergabung di Next Digital Indonesia sebagai Social Media Specialist. Di sela kesibukannya, Gita suka mendengarkan musik dan seorang ‘Movie addicts’.

“Do what makes you happy”


Let's Connect.

PT. Nadi Digital Indonesia
Business Park Kebon Jeruk
Jl. Meruya Ilir No 88, Blok i no. 7
Jakarta Barat, 11620
t +62 21 3006 7981
e info@nextdigital.co.id

 

Be a part of our team.
e career@nextdigital.co.id