Tips Fotografi Landscape Untuk Pemula

Next Digital » Blog » By Arif W.R On

Banyak alasan orang untuk membawa kamera pada saat pergi ke suatu tempat untuk mengabadikan keindahan alam di sekitarnya.Namu tak sedikit Fotographer yang kecewa karena hasil yang yang di dapat tidak sesuai dengan keinginanya atau gagal. Alat bukanlah satu – satunya ‘tools’ untuk membuat foto landscape yang indah. Oleh sebab itu ada beberapa tips fotografi landscape untuk pemula yang perlu anda coba, agar kualitas foto landscape anda semakin membaik.

Jangan Paksakan Menggunakan Mode Manual 
Beberapa pemula (seperti saya) banyak memaksakan untuk menggunakan mode manual ketika mengambil foto menggunakan kamera DSLR. Alasannya simpel, mereka malu jika menggunakan mode auto di kamera DSLR. Padahal tidak selamanya mode Auto itu jelek, tergantung penggunaannya.

Pada kamera DSLR, anda dapat menggunakan mode Landscape atau anda juga dapat menggunakan mode Av (Aperture Priorty), sehingga anda hanya mengatur exposure dan aperture saja. Dari foto yang dihasilkan dengan mode landscape dan Av tersebut, anda dapat mempelajari Aperture dan shutter speed yang digunakan, baru kemudian anda dapat mencoba mode manual dengan pengalaman yang anda miliki.

Belajar Dan “Mencontek”
Ada banyak teori dan istilah dalam fotografi, begitu juga untuk fotografi landscape. Anda harus dapat mempelajari banyak teori tersebut. Antara lain yang paling penting adalah komposisi, rule of third, foreground, background, hyperfocal, point of interest dan banyak lainnya. Cobalah pahami sedikit demi sedikit.

Kemudian cobalah untuk ‘mencontek’. Maksudnya disini, coba anda amati foto landscape milik orang yang anda anggap bagus dan menarik. Lalu pelajari, apa yang membuat foto itu menarik, kemudian coba praktekkan ketika anda akan mengambil foto. Setelah anda ‘mampu mencontek’ teori dari foto tersebut, barulah anda eksplorasi keindahan alam dalam foto dengan gaya anda sendiri.

Gunakan Tripod
Kebanyakan foto landscape menggunakan aperture kecil (f angka besar). Dampaknya adalah shutter speed yang didapat akan lebih lambat, dan tripod sangat bermanfaat untuk membuat kamera anda tidak bergerak, sehingga foto yang dihasilkan akan lebih tajam.

Belajar Menggunakan Filter
Ada banyak jenis filter fotografi, dan landscapers mayoritas menggunakan beberapa filter seperti CPL dan GND. Belajar menggunakan filter tersebut akan membantu anda untuk menghasilkan foto landscape yang lebih baik.

Banyak Berlatih, Sabar dan Jangan Menyerah
Terakhir adalah selalu bersabar. Karena dari pengalaman, mengambil foto landscape itu tidak semudah membaca teorinya. Keadaan alam yang selalu berubah, membuat teori kita harus cepat beradaptasi. Teruskan berlatih dan jangan pernah menyerah. Semakin sering anda mengambil foto, maka akan semakin anda sadar apa saja kekurangan anda dalam mengambil foto.

Maaf jika ada kesalahan dan kekurangan. Karena saya juga masih belum bisa bikin foto landscape yang baik.

 

Arif W.R

Arif W.R bergabung di Next Digital Indonesia sebagai Graphic Designer. Arif menghabiskan waktu luangnya dengan bermain musik dan menonton film. - Belajarlah menjadi kaya, janganlah belajar prihatin


Let's Connect.

PT. Nadi Digital Indonesia
Business Park Kebon Jeruk
Jl. Meruya Ilir No 88, Blok i no. 7
Jakarta Barat, 11620
t +62 21 3006 7981
e [email protected]

 

Be a part of our team.
e [email protected]