Mau Kontenmu Optimal? Cek List-nya Di Sini! (Part 1)

Pertama kali blogging digunakan sebagai platform unik untuk berbagi pikiran, perasaan, opini, atau pengalaman seseorang – jurnal online atau buku harian dengan sedikit pengikut. Namun sekarang ini, blogging telah berkembang menjadi platform yang digunakan oleh jutaan orang, dari individu ke bisnis. Salah satu manfaat dari blogging bagi bisnis adalah kemampuan untuk meningkatkan situs web perusahaan Anda. Namun, hal yang krusial dari blogging adalah konten blog itu sendiri. Anda perlu membuat konten blog yang dapat dicari dan dinikmati oleh para pembaca. Dan untuk menciptakan konten demikian, maka Anda perlu memperhatikan poin-poin penting di bawah ini. Hal ini dikarenakan poin-poin ini yang akan membantu Anda mengoptimalkan konten yang telah Anda buat sehingga dapat meningkatkan situs web perusahaan Anda.

  1. Buat judul utama. Tuliskan setidaknya satu ide awal untuk apa dan judul untuk konten yang akan dibuat. Mengetahui judul sebelum Anda mulai menulis akan membantu Anda tetap pada topik dan konsisten manyampaikan apa yang Anda tulis dalam judul.
  2. Identifikasi Audiens Anda. Tentukan dengan tepat siapa target audiens yang akan membaca konten Anda. Jika Anda tidak mengenal audiens Anda, gunakan template persona pembeli untuk mulai menguraikan pembaca ideal Anda.
  3. Ketahuilah Tujuan Anda. Semua konten digital harus dibuat dengan mempertimbangkan rencana pemasaran. Jadi, salah satu hal utama untuk menulis konten adalah megidentifikasi sasaran teratas untuk pemasaran blog Anda (misalkan, Membangun Brand Awarness, Menangkap Pelanggan Email, meningkatkan SEO, dll.)
  4. Tetapkan satu kata kunci utama. Gunakan tools untuk mengidentifikasi kata kunci terbaik yang akan digunakan untuk konten. Kata kunci harus akurat mewakili topik dan menjadi kata kunci teratas untuk industri Anda. Kata kunci yang digunakan harus relatif populer dan memiliki kesulitan kata kunci yang memungkinkan Anda mendapatkan peringkat tinggi.
  5. Gunakan kata kunci utama dalam judul. Kembali ke judul Anda dan pastikan kata kunci utama digunakan dalam judul.
  6. Tetapkan beberapa kata kunci sekunder. Buatlah daftar kata kunci yang kuat untuk menulis konten dan sertakan langkah untuk menemukan kata kunci yang terkait untuk digunakan dalam konten Anda. Pilih tiga atau empat kata kunci sekunder yang terkait dengan kata kunci target utama konten.
  7. Tulis 300 kata. Tuliskan kata-kata sebanyak yang Anda butuhkan untuk menutupi topik sepenuhnya, dan sebagai praktik terbaik, tulislah lebih dari 300 kata untuk menunjukkan pada mesin penelusuran bahwa konten Anda adalah sumber yang menyeluruh.
  8. Tambahkan nilai. Ketika Anda menulis konten, berikan rincian, fakta, statistik, berita, dan informasi yang berharga dan bermanfaat bagi pembicara.
  9. Tampilkan, Jangan beri tahu. Bagian penting dari poin ini untuk penulisan konten adalah menggunakan contoh yang membantu audiens agar dapat memahami dan menyerap pesan yang Anda coba bagikan.
  10. Gunakan kalimat yang aktif. Jika menggunakan suara pada konten, maka buatlah konten yang menarik dengan menggunakaan kalimat aktif. Hindari kalimat pasif, karena akan membuat konten tampak menjemukan atau membosankan.
  11. Tulis untuk tingkat membaca kelas delapan. Sementara kualitas tulisannya harus tinggi dan tetap sederhana. Jangan menggunakan struktur kalimat atau terminologi yang terlalu kompleks yang berakibat kehilangan pembaca!
  12. Jangan mencuri konten. Konten yang Anda buat harus selalu asli dan tidak pernah disalin dari situs web lain. Melakukan plagiarism dari situs lain akan mendapat sanksi hukuman pencarian.

Itulah 12 dari 36 poin penting yang dapat membantu Anda mengoptimalkan konten blog yang telah Anda buat untuk para pembaca, riwayat penelusuran, dan target sasaran. Untuk Anda yang ingin meningkatkan situs web perusahaan dengan menggunakan konten yang berkualitas, maka Anda dapat mempercayakannya pada Next Digital Indonesia. Next Digital Indonesia adalah digital marketing agency terkemuka di Indonesia, yang terus berusaha menyediakan solusi pemasaran digital terintegrasi kepada Anda. Dapatkan informasi lebih lengkapnya melalui nextdigital.co.id.

Indri .