Menjadi seorang marketing yang handal memang tidaklah mudah. khususnya untuk product dan service yang berhubungan dengan Digital/Online. Memiliki product knowledge yang baik tentang product dan service yang berhubungan dengan Digtal/Online saja tidak cukup, di tengah persaigan Digital Agency yang semakin ketat, seorang marketing Digital/Online yang handal harus terus mengembangkan strategi dan inovasi, salah satunya dalam membangun komunikasi dengan customer.
Seorang marketing Digital/Online yang handal harus mampu menempatkan customer sejajar dengan kita, atau dengan kata lain customer kita jadikan sebagai friend (teman). Customer tidak bisa dijadikan target yang harus dibidik dan bukan dijadikan raja yang harus dimanjakan. Jadi sebagai marketing Digital/Online, harus really care. Karena dengan menempatkan customer sebagai teman, pada akhirnya akan memaksimalkan apa yang menjadi tujuan kita.
Cara yang paling mudah menjadikan customer sebagai friend (teman) adalah dengan menemukan kesamaan, misalnya kesamaan hobby, makanan atau bahkan juga bisa daerah asal. Jika sudah menemukan titik kesamaan kita akan mudah membangun komunikasi yang baik.
Tunjukan bahwa kita benar-benar tulus ingin memberikan solusi atau bantuan mengembangakan usahanya, khususnya memaksimalkan penjualan di dunia online. Tidak hanya semata-mata untuk kita menacapai target saja, dengan begitu customer akan lebih terbuka dengan kita dan menerima dengan senang solusi yang kita tawarkan.
Memahami dengan benar usaha customer akan memudahkan kita memberikan solusi yang tepat sesuai dengan jenis usaha, target dan goal yang ingin dicapai oleh customer.
Meski demikian, memberikan value atau nilai lebih untuk product atau service yang kita jual tetap menjadi hal yang terpenting, sehinggga harga bukan lagi menjadi pertibangan utama customer.
Sekali customer sudah merasa nyaman dengan kita dan merasakan manfaat positif untuk usahanya, maka customer akan dengan sukarela menggunakan produk/service yang kita tawarkan, dan merekomndasi kepada orang lain.