Cara Membuat Facebook Ads

 

Facebook mungkin telah terkenal cukup lama, khususnya di Indonesia. Karena kepopulerannya ini, Facebook bahkan sering digunakan untuk mempromosikan bisnis dari para penggunanya. Hal ini juga akhirnya membuat Facebook menyediakan layanan iklan Facebook ads untuk para pelaku usaha yang ingin memakai Facebook untuk mengiklankan produk dari para pelaku usaha tersebut.

Q: Apa sebenarnya Facebook Ads itu?

A: Facebook Ads sendiri merupakan sebuah fitur atau media yang secara khusus didesain oleh Facebook untuk kegiatan beriklan para pelaku usaha yang ingin mengiklankan fans page mereka. Fans page sendiri adalah halaman yang dapat memungkinkan para pengguna Facebook menjadi seorang pengikut halaman tersebut. Fans page ini dapat mewakili sebuah layanan jasa, bisnis produk, atau bahkan individu itu sendiri.

 

Q: Lalu bagaimana cara beriklan pada Facebook Ads?

A: 

  • Tentukan Tujuan Bisnis Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan tujuan utama dari bisnis Anda. Dengan menentukan tujuan bisnis, maka Anda akan dapat mempertimbangkan segala hal seperti penentuan target iklan atau kampanye apa yang paling tepat untuk produk bisnis Anda.

 

  • Pemilihan Jenis Iklan

Setelah Anda menentukan tujuan bisnis Anda, tahap kedua yang dapat Anda lakukan adalah memilih salah satu dari beberapa jenis iklan seperti Promote Page Posts, Get More Page Likes dan Advance Options. 

 

  • Target Audience

Memilih kategori untuk target audience sangatlah penting dalam menjalankan suatu bisnis, hal ini sendiri bertujuan agar membuat iklan Anda lebih tepat sasaran. Beberapa kategori untuk target audience yang disediakan oleh Facebook ads adalah berdasarkan umur, hobi, pendidikan , geografis dan beberapa kategori lainnya.

 

  • Penentuan Harga dan Jadwal Iklan

Setelah Anda melakukan ketiga hal tersebut, tahap terakhir adalah dengan menentukan harga dan jadwal iklan yang akan Anda unggah. Pada tahapan ini, Anda perlu memberi nama pada iklan yang akan ditayangkan dan mengatur waktu dari penayangannya. Lalu Anda dapat menentukan anggaran dari iklan Anda per harinya.

 

Q: Lalu Apa Keuntungan Menggunakan Facebook Ads?

A: Dengan menggunakan Facebook Ads, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan seperti: 

 

  • Lebih meningkatkan brand awareness

Jika berbicara tentang sosial media, sosial media sendiri memiliki cakupan wilayah yang sangat besar. Anda tentu saja bisa dengan mudah mendapatkan target audience Anda lebih benyak dengan geografis yang berbeda-beda. Dengan hal ini, tentu saja branding bisnis Anda akan jauh lebih meningkat dengan mudahnya.

 

  • Iklan yang jauh lebih bertarget 

Apa sih maksud jauh lebih bertarget? Maksud dari poin ini adalah Anda dapat dengan mudah menyesuaikan target audience Anda apabila Anda menggunakan Facebook ads karena Anda dapat dengan mudah mengetahui data customer seperti jenis kelamin, usia dan bahkan hobi mereka. 

 

  • Dapat menyesuaikan dengan budget Anda

Budget tentunya merupakan salah satu faktor utama dalam bisnis Anda bukan? Tentu saja ketika Anda ingin mengiklankan suatu produk, budget menjadi salah pertimbangan bagi Anda. Namun tidak perlu khawatir, Anda dapat dengan mudah mengatur berapa budget yang akan Anda gunakan untuk beriklan.

Itulah tadi beberapa manfaat yang dapat Anda dapatkan dari penggunaan layanan Facebook Ads. Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan fitur dari Facebook yang satu ini untuk membantu Anda dalam berbisnis, simak langkah-langkahnya di video berikut ini!

Video Part 1

Bismi Fatamshi
Bismi Fatamshi
Bismi Fatamshi bergabung di Next Digital Indonesia sebagai Project Officer. Bismi memiliki hobi berkuliner, menonton film dan traveling. "Be Happy Now. Feel Good Now. That's The Only Thing You Have To Do"