20 Ide Bisnis Modal Kecil Terbaru 2024 yang Belum Banyak Pesaing

Memulai bisnis dengan modal kecil memang selalu menjadi tantangan tersendiri untuk semua orang yang baru  memulai. Namun, dengan ide yang tepat dan strategi yang baik, Anda bisa meraih kesuksesan.

Ide Bisnis Modal Kecil Untung Besar

20 Ide Bisnis Modal Kecil Terbaru 2024
Source Image : Istockphoto

Mengembangkan usaha dengan modal kecil namun bisa memberikan keuntungan besar adalah impian banyak orang. Ide-ide bisnis ini tidak hanya memerlukan investasi yang minimal, tetapi juga menawarkan potensi penghasilan yang menggiurkan jika dikelola dengan baik.

Dengan kreativitas dan kerja keras, banyak bisnis dengan modal kecil dapat berkembang dan memberikan keuntungan yang signifikan. Berikut adalah beberapa ide bisnis yang dapat Anda pertimbangkan untuk memulai perjalanan bisnis Anda.

1. Sewa Mainan Anak

Anak-anak sering bosan dengan mainan mereka. Menyewakan mainan anak bisa menjadi ide bisnis yang menjanjikan. Anda dapat memulai dengan melakukan riset untuk mengetahui mainan apa yang saat ini diminati anak-anak.

Dengan modal kecil, Anda bisa membeli beberapa mainan populer dan menyewakannya kepada orang tua yang ingin memberikan variasi mainan kepada anak-anak mereka tanpa harus membeli mainan baru setiap saat.

2. Dropship

Dunia digital menawarkan peluang besar untuk menjadi dropshipper. Ide usaha ini memungkinkan Anda untuk menjual produk tanpa harus memiliki stok. Anda hanya perlu device dan internet.

Ketika ada pesanan, produsen yang akan mengurus pengiriman barang. Bisnis ini sangat cocok untuk pemula yang ingin mencoba bisnis online dengan risiko minimal.

3. Online Shop Produk Lokal

Memulai online shop dengan menjual produk lokal bisa menjadi ide bisnis yang menarik. Anda bisa menjual produk-produk kerajinan tangan, makanan khas daerah, atau produk unik lainnya.

Platform seperti Instagram dan marketplace lokal bisa menjadi tempat yang baik untuk memulai bisnis ini. Selain membantu perekonomian lokal, bisnis ini juga menawarkan nilai jual yang unik.

4. Konsultan Media Sosial

Banyak UMKM yang tidak memiliki waktu atau kemampuan untuk mengelola media sosial mereka sendiri. Menjadi konsultan media sosial bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Anda dapat menawarkan jasa pembuatan konten, strategi posting, dan analisis performa akun media sosial. Dengan biaya yang lebih terjangkau daripada menyewa karyawan tetap, bisnis ini bisa menarik banyak klien kecil hingga menengah.

5. Blogger

Menjadi blogger adalah bisnis yang membutuhkan modal kecil namun bisa menghasilkan keuntungan besar. Anda hanya memerlukan laptop, situs website, dan kemampuan menulis.

Fokuslah pada topik tertentu untuk menarik audiens yang spesifik. Dengan pengunjung yang banyak, Anda bisa mendapatkan uang dari iklan atau menawarkan ruang iklan di website Anda.

6. Jasa Titip (Jastip)

Jalan-jalan untuk membuka jasa titip barang dari luar negeri bisa menjadi usaha yang menguntungkan. Anda bisa memulai dengan menawarkan jasa ini kepada teman-teman atau keluarga, lalu memperluas jaringan pelanggan melalui media sosial.

Bisnis ini tidak membutuhkan modal besar dan dapat memberikan keuntungan yang baik.

7. Frozen Food

Menjual makanan beku (frozen food) bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. Anda bisa memulai dengan memproduksi makanan beku sederhana seperti nugget, bakso, atau makanan siap saji lainnya.

8. Jasa Kursus Online

Jika Anda memiliki keahlian khusus, menawarkan kursus online bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Anda hanya memerlukan laptop dan koneksi internet untuk memulai.

Topik kursus bisa bervariasi, mulai dari bahasa asing, desain grafis, hingga keterampilan teknis lainnya. Platform seperti Udemy atau Skillshare bisa menjadi tempat yang baik untuk menawarkan kursus Anda.

9. Konsultasi dan Perencanaan Event

Jika Anda memiliki banyak pengalaman dalam menyelenggarakan acara, bisnis konsultasi event adalah ide yang menjanjikan. Anda dapat membantu klien merencanakan acara pernikahan, pesta ulang tahun, atau acara kantor.

10. Layanan Day Care

Membuka layanan day care di rumah bisa menjadi bisnis yang bermanfaat dan menguntungkan. Banyak orang tua yang sibuk bekerja membutuhkan tempat yang aman dan terpercaya untuk menitipkan anak-anak mereka.

Pastikan Anda menyediakan lingkungan yang bersih dan aman serta kegiatan yang edukatif untuk anak-anak.

11. Buat CV

Jasa Buat CV adalah ide bisnis dengan modal kecil yang sangat potensial. Anda hanya memerlukan laptop dan pengalaman. Banyak pencari kerja yang membutuhkan bantuan untuk membuat CV yang menarik dan profesional.

Anda bisa menawarkan jasa ini secara online melalui platform seperti LinkedIn atau Upwork.

12. Penitipan Hewan

Layanan penitipan hewan kepada pemilik binatang peliharaan saat mereka sedang bepergian bisa menjadi ide bisnis  yang oke.

Pastikan Anda memiliki fasilitas yang memadai dan mampu merawat hewan dengan baik. Bisnis ini cocok bagi pecinta hewan yang ingin memulai usaha dengan modal kecil.

13. Jasa Pembersih

Menawarkan jasa pembersihan rumah bisa menjadi solusi bagi mereka yang tidak punya waktu untuk membersihkan rumah sendiri. Bisnis ini tidak membutuhkan modal besar dan dapat dilakukan secara fleksibel.

Anda bisa menawarkan layanan ini kepada tetangga atau melalui platform online yang menyediakan jasa pembersihan rumah.

14. Desain Grafis

Jika Anda memiliki keahlian di bidang desain, membuka jasa desain grafis bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Anda hanya memerlukan laptop dan perangkat lunak desain.

Jasa yang ditawarkan bisa bervariasi, mulai dari pembuatan logo, desain brosur, hingga desain konten media sosial. Promosikan jasa melalui media sosial dan platform freelance agar banyak dijangkau banyak orang.

15. Jasa Pelatihan Pengoperasian Software

Jika Anda mahir dalam perangkat lunak tertentu, Anda bisa menawarkan jasa pelatihan ke UMKM atau individu. Banyak bisnis kecil yang membutuhkan pelatihan perangkat lunak seperti Adobe Photoshop, AutoCAD, atau CRM seperti Salesforce.

Anda bisa menawarkan pelatihan ini dengan tarif per sesi atau per paket training.

16. Bisnis Makanan Sehat

Bisnis makanan sehat juga memiliki peluang di pasar yang saat ini banyak dipenuhi dengan makanan biasa. Menawarkan healthy food dapat menarik minat pelanggan yang peduli akan gaya hidup sehat.

Anda bisa memulai dengan menjual makanan sehat melalui platform online atau menjalin kerja sama dengan gym dan pusat kesehatan.

17. Katering dan Masakan Harian

Jasa katering adalah salah satu bisnis modal kecil yang cukup menjanjikan dalam jangka panjang. Bisnis ini menyediakan layanan katering untuk acara kecil dan besar, serta masakan harian. Anda bisa menawarkan masakan khusus seperti diet, vegetarian, atau makanan khas daerah tertentu.

18. Kue Kering

Memproduksi kue kering untuk dijual saat momen spesial seperti lebaran atau natal bisa menjadi bisnis yang menarik. Anda bisa memulai dengan resep sederhana dan meningkatkan skala produksi sesuai permintaan.

Kemasan yang menarik dan promosi melalui media sosial dapat membantu meningkatkan penjualan.

19. Jasa Make Up Artist (MUA)

Jika Anda mahir dalam make-up, membuka jasa MUA untuk berbagai acara bisa menjadi peluang bisnis yang menarik. Modal yang dibutuhkan relatif kecil, terutama jika Anda sudah memiliki perlengkapan make-up.

Promosikan jasa Anda melalui media sosial dan tawarkan layanan untuk acara pernikahan, photoshoot, atau event lainnya.

20. Tempat Daycare

Membuka daycare di rumah bagi orang tua yang sibuk bekerja bisa menjadi bisnis yang bermanfaat dan menguntungkan. Anda bisa menawarkan layanan ini dengan modal yang minimal, namun pastikan Anda memiliki lingkungan yang aman dan nyaman untuk anak-anak.

Dengan banyaknya pilihan ide bisnis modal kecil, ini adalah saat yang tepat untuk memulai perjalanan menuju kemandirian finansial.

Penting untuk melakukan riset yang matang dan memiliki semangat serta komitmen yang tinggi untuk meraih kesuksesan dalam usaha yang dipilih.

SEO Specialist Next Digital. Berpengalaman 5 tahun dalam dunia SEO. Membantu UMKM dan B2B.