Ide Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Terbaru 2024, Pasti Untung!

Banyak ibu rumah tangga yang mencari cara untuk menambah penghasilan tanpa harus meninggalkan rumah. Dengan berkembangnya teknologi dan meningkatnya akses internet, ada banyak peluang bisnis yang dapat dijalankan dari rumah dengan modal kecil namun berpotensi menghasilkan keuntungan besar.

Berikut adalah ide usaha terbaru yang cocok untuk ibu rumah tangga yang ingin memulai bisnis dari rumah.

Ide Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga

Menjalankan usaha dari rumah tidak hanya membantu menambah penghasilan keluarga tetapi juga memberikan kepuasan tersendiri. Ibu rumah tangga bisa memanfaatkan keterampilan dan hobi mereka untuk memulai bisnis yang fleksibel dan mudah dijalankan dari rumah.

Berikut ini adalah berbagai ide usaha yang bisa menjadi inspirasi bagi ibu rumah tangga yang ingin terjun ke dunia bisnis.

1. Bisnis Katering Rumahan

bisnis catering rumahan
Source Image : Freepik

Bisnis katering rumahan sangat cocok bagi ibu rumah tangga yang memiliki keahlian memasak. Anda dapat menawarkan berbagai menu untuk acara kecil, seperti arisan, pertemuan keluarga, atau katering harian.

Katering diet sehat juga sedang populer, seperti katering untuk diet keto, vegan, atau gluten-free.

2. Menjadi Reseller atau Dropshipper

Reseller dan dropshipper adalah model bisnis yang memungkinkan Anda menjual produk tanpa harus menyimpan stok. Anda cukup bermitra dengan pemasok atau produsen, dan mereka akan mengirimkan produk langsung kepada pelanggan Anda.

Produk yang bisa dijual bervariasi, mulai dari pakaian, kosmetik, hingga aksesori.

3. Membuka Warung Sembako

Warung sembako merupakan usaha yang tidak ada matinya. Dengan menjual kebutuhan sehari-hari seperti beras, gula, minyak, dan lainnya, Anda bisa menarik pelanggan dari lingkungan sekitar.

Memulai bisnis ini juga tidak memerlukan modal besar, dan Anda bisa memulai dari skala kecil terlebih dahulu.

4. Jasa Menjahit

Jika Anda memiliki keterampilan menjahit, membuka jasa menjahit bisa menjadi usaha yang menguntungkan. Anda bisa menerima pesanan untuk menjahit pakaian, memperbaiki pakaian, atau bahkan membuat busana khusus seperti kebaya atau gaun pesta.

Selain itu, Anda juga bisa membuat produk tekstil rumah tangga seperti gorden atau sarung bantal.

5. Bisnis Tanaman Hias

Tren tanaman hias semakin populer belakangan ini. Anda bisa memanfaatkan halaman rumah untuk menanam berbagai jenis tanaman hias dan menjualnya secara online atau di bazar lokal.

Selain menjual tanaman, Anda juga bisa menawarkan jasa perawatan taman bagi tetangga di sekitar Anda.

6. Jasa Laundry Kiloan

laundry kiloan
Source Image : Istockphoto

Jasa laundry kiloan merupakan usaha yang menjanjikan, terutama di area perkotaan. Modal awal yang diperlukan tidak terlalu besar, Anda hanya memerlukan mesin cuci, setrika, dan deterjen.

Bisnis ini bisa dijalankan dari rumah, dan jika pelanggan semakin banyak, Anda bisa merekrut bantuan untuk menjalankannya.

7. Bisnis Pembuatan Aksesori Handmade

Jika Anda kreatif dan suka membuat kerajinan tangan, bisnis pembuatan aksesori handmade bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda bisa membuat perhiasan seperti kalung, gelang, atau anting-anting dari bahan berkualitas tinggi.

Produk handmade biasanya memiliki nilai jual yang lebih tinggi karena keunikannya.

8. Bisnis Online Shop

Membuka toko online bisa menjadi cara yang efektif untuk menjual berbagai produk. Anda bisa memanfaatkan platform e-commerce atau media sosial untuk memasarkan produk Anda.

Produk yang bisa dijual sangat beragam, mulai dari pakaian, peralatan rumah tangga, mainan anak-anak, hingga produk kecantikan.

9. Jasa Les Privat

Memberikan les privat merupakan cara yang baik untuk berbagi pengetahuan sambil mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa memberikan les untuk pelajaran tertentu seperti matematika, bahasa, musik, atau keterampilan lainnya.

Les bisa dilakukan di rumah atau secara online sesuai dengan kebutuhan siswa.

10. Bisnis Kue Kering

Memproduksi dan menjual kue kering bisa menjadi bisnis yang menguntungkan, terutama menjelang hari raya atau acara khusus. Anda bisa membuat kue kering dengan berbagai rasa dan kemasan menarik, baik untuk dijual secara eceran maupun dalam paket hampers.

11. Jasa Pengasuhan Anak

pengasuhan anak
Source Image : Istockphoto

Membuka jasa pengasuhan anak di rumah bisa menjadi pilihan bagi ibu rumah tangga yang suka merawat anak-anak. Banyak orangtua yang membutuhkan jasa pengasuh untuk menjaga anak-anak mereka saat mereka bekerja atau sedang ada keperluan lainnya.

12. Bisnis Pembuatan Sabun Organik

Tren produk organik semakin meningkat, termasuk sabun organik. Membuat dan menjual sabun organik dari bahan-bahan alami bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. Produk ini sangat diminati karena dianggap lebih aman dan ramah lingkungan.

13. Bisnis Tanaman Hidroponik

Menanam sayuran atau buah secara hidroponik menjadi pilihan yang menarik karena teknik ini ramah lingkungan dan menghasilkan produk berkualitas tinggi. Anda bisa menjual hasil panen ke pasar lokal atau bahkan membuka toko online khusus produk hidroponik.

14. Bisnis Kecantikan

Menjadi agen penjualan produk kecantikan atau menyediakan layanan perawatan kecantikan di rumah bisa menjadi pilihan yang baik. Anda bisa menawarkan layanan facial, perawatan kulit, atau makeup untuk berbagai acara.

15. Bisnis Pembuatan Handicraft

Membuat kerajinan tangan seperti tas rajut, topi, dekorasi rumah, atau aksesori lainnya bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. Produk handmade biasanya memiliki pasar tersendiri karena keunikannya.

16. Jualan Makanan Kesehatan

makanan sehat
Source Image : Istockphoto

Menjual makanan sehat seperti granola, smoothie bowl, atau camilan sehat lainnya bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. Produk ini semakin diminati oleh mereka yang peduli dengan kesehatan dan gaya hidup sehat.

17. Bisnis Konsultasi Keuangan

Memberikan konsultasi keuangan bagi individu atau keluarga bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. Anda bisa membantu mereka dalam perencanaan keuangan, pengelolaan utang, atau investasi.

18. Jualan Online Produk Kado Unik

Menjual kado-kado unik untuk berbagai acara seperti ulang tahun, pernikahan, atau perayaan lainnya bisa menjadi bisnis yang menarik. Anda bisa membuat kado-kado tersebut sendiri atau menjadi reseller dari produk yang sudah ada.

19. Jasa Pengasuhan Hewan Peliharaan

Menawarkan jasa pengasuhan hewan peliharaan bisa menjadi bisnis yang menguntungkan, terutama bagi mereka yang membutuhkan perawatan sementara untuk hewan peliharaan mereka saat mereka bepergian.

20. Bisnis Perawatan Tanaman

Menawarkan jasa perawatan tanaman indoor maupun outdoor bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. Banyak orang yang sibuk namun ingin memiliki tanaman yang sehat dan indah di rumah mereka.

21. Jasa Kebersihan Rumah

Menyediakan layanan kebersihan rumah secara profesional bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. Anda bisa menawarkan pembersihan rutin, pembersihan mendalam, atau layanan spesifik sesuai kebutuhan pelanggan.

22. Bisnis Pembuatan Masker Kain

Masker kain dengan berbagai desain dan motif menarik bisa menjadi produk yang diminati. Anda bisa membuat masker kain yang sesuai dengan tren dan kebutuhan pasar.

23. Bisnis Pembuatan Produk Bayi

Memproduksi dan menjual perlengkapan bayi seperti pakaian, selimut, atau mainan bayi bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. Produk bayi selalu memiliki pasar karena kebutuhannya yang terus ada.

24. Bisnis Jasa Konsultasi Parenting

Memberikan konsultasi dan tips kepada orangtua tentang cara mendidik anak bisa menjadi bisnis yang menarik. Banyak orangtua yang membutuhkan panduan dan dukungan dalam menjalani peran mereka.

Itulah ide usaha terbaru yang bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga dari rumah. Setiap ide bisnis memiliki potensi yang besar untuk memberikan keuntungan jika dijalankan dengan baik dan konsisten.

Jika Anda membutuhkan bantuan dalam memasarkan bisnis Anda secara online, Next Digital siap membantu Anda. Sebagai Digital Marketing Agency, Next Digital menawarkan berbagai layanan mulai dari SEO, manajemen media sosial, hingga pembuatan konten yang efektif untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan bisnis Anda.

 

 

SEO Specialist Next Digital. Berpengalaman 5 tahun dalam dunia SEO. Membantu UMKM dan B2B.