Saat ini penggunaan sosial media semakin meningkat. Awalnya sosial media digunakan sebagai alat komunikasi yang dikemas dengan baik agar terkesan menyenangkan. Namun saat ini sosial media telah berkembang pesat menjadi alat marketing. Lantas, apa itu sosial media marketing?
Apa itu Sosial Media Marketing?
Sederhananya, sosial media marketing adalah teknik pemasaran yang dilakukan via sosial media seperti Facebook dan lainnya. Pemasaran tersebut bisa meliputi promosi produk maupun layanan jasa. Upaya pemasaran menggunakan sosial media ini membuat para pebisnis terhubung dengan para audiens dalam meningkatkan brand awareness.
Pebisnis memiliki harapan bahwa dengan menggunakan teknik marketing media sosial, brand mereka dapat mudah dikenal. Selain brand awareness, para pebisnis juga ingin meningkatkan penjualan dan kunjungan website demi kemajuan bisnisnya. Marketing via media sosial ini dilakukan dengan membuat konten berupa video pendek dan kegiatan lainnya untuk membangun hubungan dengan followers.
Saat ini media sosial yang sering digunakan untuk marketing antara lain adalah Facebook, Instagram, Youtube, TikTok, Twitter, dan LinkedIn. Apabila Anda ingin menggunakan teknik marketing yang satu ini maka bisa memilih beberapa media di antaranya. Syarat marketing menggunakan media sosial hanyalah kemampuan dalam membuat konten menarik untuk menjangkau audiens.
Hal Utama dari Sosial Media Marketing
Meskipun syarat menggunakan media sosial sebagai teknik marketing kekinian, tapi Anda juga harus mengetahui beberapa hal berikut.
1. Strategy
Ada baiknya sebelum memposting konten marketing Anda di media sosial, pikirkan terlebih dahulu strategi yang tepat. Anda harus tahu tujuan yang ingin dicapai terlebih dahulu. Kemudian carilah cara bagaimana caranya agar media sosial yang Anda gunakan mampu menjangkau tujuan tersebut. Jangan lupa untuk menaksir sejauh apa pencapaian yang mampu diraih melalui sosial media.
Pastikan Anda juga memilih sosial media yang tepat agar segera mendapatkan hasil dari teknik marketing tersebut. Saat ini Instagram, TikTok dan Youtube sangat direkomendasikan bagi Anda untuk marketing. Pasalnya ketiga media sosial tersebut sedang diminati oleh banyak orang, tidak hanya di Indonesia bahkan dunia.
Tentukan jenis konten yang ingin dibagikan agar followers tidak bingung dengan konten Anda. Tipe dan format konten sangat penting untuk diperhatikan. Konten yang seragam akan membuat audiens lebih betah dibandingkan konten campur aduk. Syaratnya Anda harus membuat konten itu menarik untuk ditonton.
2. Planning and Publishing
Pebisnis seperti Anda pasti tidak asing dengan kata planning. Ya, perencanaan. Hampir setiap langkah yang Anda ambil harus ada perencanaan, bahkan dalam pembuatan konten sekalipun. Jadi ketika Anda memutuskan untuk membuat konten di media sosial dengan tujuan memperkenalkan brand, maka harus ada usaha dalam meningkatkan kualitas konten.
Benar bahwa mengupload konten sangat mudah, tapi menata dan mengemas konten agar tampak menarik itu bukanlah hal yang gampang. Rencanakan konten yang akan Anda bagikan dalam rangka memperkenalkan brand, produk maupun jasa. Konten yang dibagikan harus dipastikan sesuai dengan audiens serta target pasar Anda. Selain itu waktu dan frekuensinya juga harus tepat.
3. Listening and Engagement
Apabila konten Anda sudah berhasil dibagikan, maka akan ada beberapa pengguna media sosial yang berinteraksi. Biasanya interaksi tersebut datang dari berbagai seksi seperti komen, mention, tag maupun pesan langsung.
Brand Anda juga bahkan bisa dibicarakan langsung tanpa melakukan beberapa hal tersebut. Jadi, mereka bisa langsung membahas brand Anda dengan membuat konten lainnya. Hal itu tentu akan membuat brand Anda dikenal secara lebih luas lagi, bukan?
Jangan lupa untuk menggunakan tool untuk mengagregasikan seluruh mention, tag dan respon lainnya dari para audiens. Ada banyak tool yang dapat Anda gunakan karena monitoring secara manual tentu akan melelahkan dan tidak maksimal.
4. Analytics and Reporting
Marketing menggunakan media sosial juga perlu diperhatikan perkembangannya. Anda bisa memantau performa teknik marketing bisnismu untuk menilai kesuksesannya. Hal itu bisa dilihat melalui analisa data maupun track yang relevan dengan aktivitas media sosial.
Biasanya media sosial akan memberikan insight bagi penggunanya sebagai laporan riwayat performanya. Insight yang diberikan media sosial memang tidak terlalu rinci. Oleh karena itu Anda bisa menggunakan beberapa tools agar mendapatkan insight serinci mungkin untuk perkembangan akun.
5. Advertising
Anda ingin strategi marketing menggunakan media sosial berkembang pesat? Hal itu bisa dicapai dengan menggunakan fitur iklan pada sosial media. Menu ads ini dapat menjangkau lebih banyak audiens yang ada di luar sana untuk menjadi follower Anda. Jika menggunakan media sosial TikTok maupun Instagram, fitur ini disebut fitur promosi yang pastinya tidak gratis.
Anda harus membayar dengan tarif tertentu untuk masa promosi dalam jangka waktu tertentu. Namun tarif yang diminta masih dalam batas wajar. Pengguna fitur ini bahkan diuntungkan karena bisnisnya bisa muncul pada media sosial milik pengguna lain dalam bentuk iklan promosi. Target audiens juga dapat diatur secara spesifik seperti berdasarkan minat, demografi dan lainnya.
Manfaat Social Media Marketing
Media sosial tidak hanya berfungsi sebagai penyambung silaturrahmi, tapi juga bermanfaat bagi perkembangan bisnis.
1. Hemat Biaya
Pemasaran menggunakan media sosial dinilai paling efektif karena tidak membutuhkan biaya besar. Anda bisa menggunakan beragam pilihan aplikasi yang telah disediakan tanpa perlu membayar. Proses pembuatan akunnya juga mudah tanpa dipungut biaya sepeser pun. Apabila ada pilihan berbayar, itu hanya akan berjalan setelah mendapatkan persetujuan dari Anda. Tarifnya juga tidak tinggi seperti biaya promosi lainnya sehingga masih bisa dijangkau.
Bagi Anda yang ingin menggunakan sistem promosi berbayar dari sosial media, maka pastikan untuk memilih paket biaya terjangkau. Anda harus memantau performanya lebih dulu untuk memastikan efektif atau tidak. Apabila efektif maka Anda bisa berlangganan untuk perkembangan lebih baik. Kombinasikan pula dengan strategi lainnya agar lebih maksimal.
2. Brand Awareness
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa media sosial marketing dapat meningkatkan popularitas brand. Setiap bisnis tentu memiliki brand yang dijadikan sebagai identitas. Penggunaan strategi yang tepat tentu akan membuat popularitas sebuah brand semakin meningkat. Perkenalan brand ini dapat menjadi lebih baik apabila kualitas konten yang disajikan juga tidak kalah menarik.
Pasalnya setiap konten yang dibagikan akan dilihat oleh target pasar Anda sehingga mendorong mereka untuk menjadi pelanggan potensial. Semakin banyak yang melihat konten bisnis Anda maka semakin bagus dampaknya bagi perkembangan bisnis dalam meningkatkan brand awareness.
3. Transaksi Meningkat
Ketika brand awareness meningkat maka sudah pasti transaksi juga meningkat. Para calon pelanggan akan terus mencari brand Anda untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.
Next Digital Indonesia Sebagai Jasa Sosial Media Marketing
Next Digital Indonesia adalah digital marketing agency ternama yang memiliki pengalaman dan alat untuk membantu bisnis Anda menjangkau pasar potensial yang lebih luas melalui digital advertising. Tidak hanya itu, sebagai jasa Sosial Media Marketing, Next Digital juga memiliki tim berpengalaman yang siap memantau campaign konten Anda di setiap platform sosial media setiap hari. Dapatkan strategi pemasaran yang dipersonalisasi untuk bisnis Anda, termasuk pengelolaan konten, iklan sosial media, dan analisis yang tepat waktu. Jadilah pemimpin di industri Anda dan tingkatkan keterlibatan pelanggan dengan jasa sosial media marketing kami yang terpercaya.